Home » Blog » Berikut Ini 17 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecerdasan Otak

Berikut Ini 17 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecerdasan Otak

Ikan salmon adalah salah satu ikan yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat karena manfaat ikan salmon yang banyak. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin B dan D, niasin, dan fosfor yang baik untuk tubuh.

Selain itu ikan salmon merupakan ikan yang memiliki banyak manfaat.  Beberapa manfaat dari ikan salmon adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Mening-katkan kesehatan kulit
  • Mengurangi risiko depresi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi berat badan
  • Menjaga tubuh tetap hangat, dan lainnya.

ikan salmon segar, fresh meat

DAPATKAN IKAN SALMON PREMIUM FRESH SEKARANG!

Selain Manfaat diatas berikut manfaat lain ikan salmon beserta keterangannya. Berikut 17 manfaat salmon bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak.

Berbagai Manfaat Ikan Salmon

1. Kaya Protein

Ikan salmon terdiri dari 25 % protein dan 12% lemak. Fungsi protein tersebut antara lain digunakan sebagai pembangun struktur utama dalam sel, enzim dalam membran, hormon dan alat pembawa. Dilihat dari sisi nutrisi, protein merupakan sumber energi dan asam amino, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh kita loh Sahabat Sehat.

2. Sumber Vitamin D

Salah satu sumber vitamin D dari organisme perairan adalah ikan salmon. 3,5 oz atau sekitar 100 gram daging ikan salmon mengandung 90% kebutuhan vitamin D. Kekurangan akan vitamin D berdampak pada ostephorosis, kelemahan jaringan, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. \

Diet vitamin D dapat mencegah penyakit kanker usus. Selain itu, vitamin D juga dapat mengurangi resiko kanker pancreas dan kanker usus.

Salmon norwegian premium fillet

Manfaat Ikan Salmon

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 dikenal dapat mencegah timbulnya penyakit Cardiovascular (CvD) seperti pnyakit jantung.

Asam lemak omega 3 akan mereduksi jumlah triglyceride dengan cara memperendah pembentukkan trigliserida di hati dan menurunkan triglyceride-rich very low-density lipoproteins (VLDLs) di dalam darah. Sehingga dengan cara ini jantung dspat terpelihara kesehatannya.

4. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jatung, omega 3 sangat penting bagi otak. Kombinasi omega-3 dan vitamin lainnya yang terkandung di dalam ikan salmon dapat menjadi antidepresan, mencegah kerusakan pada sistem saraf, dan juga dapat menenangkan otak.

salmon mentai Protein hewani

Salmon Norwegian Premium Fillet

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ikan Salmon juga mengandung selenium. Konsumsi selenium dapat menghambat tumbuhnya kanker. Laporan American Institute of Cancer Research (AICR) menyatakan bahwa selenium dapat mencegah kanker kulit, dan kanker paru-paru.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salmon mengandung kalsitonin yang dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan juga densitas. Kandungan kalsitonin pada salmon ini juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan penyakit sendi.  Selain kalsitonin, ikan salmon juga mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang kita loh Sahabat Sehat sehingga dapat membuatnya lebih sehat.

cara masak ikan salmon premium fillet

Ikan Salmon Segar

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ikan salmon mempunyai jumlah karetonoid seperti astaxanthin dan canthaxanthin yang signifikan. Fungsi karotenoid digunakan untuk antioksidan. Diet karotenoid bermanfaat bagi pencegahan penyakit diantaranya adalah penyakit kanker dan kerusakan mata. Astaxanthin juga bermanfaat untuk mencegah katarak.

8. Bermanfaat bagi Mental

Ikan salmon ternyata juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental loh Sahabat Sehat. Kandungan omega-3 dalam salmon bermanfaat bagi proses kognitif dan juga dikaitkan dengan penurunan risiko depresi, demensia, gangguan hiperaktif defisit perhatian, dan lain-lain.

Selain omega 3, kandungan yodium pada ikan salmon juga dapat membantu mencegah penurunan mental.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi merupakan efek lain dari penyakit jantung, tingginya omega 3 pada ikan salmon dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Anti-hipertensi pada ikan salmon bekerja dengan cara menghambat aktivitas  ACE, dengan hasil  meningkatnya dalam HDL atau kolesterol baik.

Ikan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kepala Ikan Salmon

10. Mengurangi Berat Badan

Apakah Sahabat Sehat sedang dalam proses diet? Nah, kebetulan banget ikan salmon cocok buat Sahabat Sehat jadikan menu pilihan pada masa penurunan berat badan. Selain mengandung protein yang tinggi, ikan salmon juga dapat mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan. Jadi Sahabat Sehat bisa tetap merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

11. Mengurangi Lemak di Hati

Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) merupakan salah satu penyakit kelainan hati berupa steatosis (perlemakan) makrovesikular yang muncul. Penyakit ini akan meningkat efeknya pada penderita obesitas dan menjadi salah satu penyebab paling umum penyakit hati kronis. Untungnya, kondisi ini bisa dilawan dengan memanfaatkan asam lemak omega 3 yang telah terbukti mengurangi lemak dan peradangan hati pada penderita NAFLD.

12. Meningkatkan keshatan kulit

Ada 2 jenis omega 3 yang terdapat dalam kandungan ikan salmon yaitu, DHA dan EPA. DHA adalah komponen struktural kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan membran sel yang mempengaruhi sebagian besar tesktur kulit. Selaput sel yang sehat akan menghasilkan kulit lembut, lembab, lentur, dan bebas dari kerutan.

EPA juga memberi manfaat pada kulit, seperti:

  1. Mengatur produksi minyak di kulit.
  2. Mengatur hidrasi (cairan) di kulit.
  3. Dapat mencegah hiperkeratinisasi folikel rambut (benjolan merah kecil sering terlihat pada lengan atas).
  4. Mampu mencegah penuaan dini pada kulit.
  5. Mencegah munculnya jerawat.

Omega 3 juga bermanfaat dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. EPA membantu menghalangi pelepasan zat yang mengurangi kolagen di kulit setelah terkena paparan sinar matahari.

Salmon sumber vitamin D

Salmon Bone & Belly

13. Mengurangi Inflamasi Atau Peradangan

Tahukah Sahabat Sehat kalau inflamasi atau peradangan adalah hal yang sangat berbahaya? Peradangan dapat menyebabkan banyak hal yang tidak diinginkan, seperti respons autoimun, nyeri sendi, penambahan berat badan, stroke, dan juga tukak lambung. Ikan salmon dapat membantu mengurangi peradangan. Kandungan omega-3 dalam salmon dapat membantu tubuh mengatur hormon lokal dan menghindarkan dari migrain, obesitas, artritis, dan penyakit lainnya.

14. Sumber Potasium Yang Baik

Ikan salmon mengandung potasium yang tinggi. Fakta mengatakan bahwa kandungan potasium yang ada pada salmon lebih banyak dibandingkan pisang. Hal ini juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. 

15. Meningkatkan Fungsi Tiroid

Di dalam ikan salmon juga terkandung selenium yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan selenium inilah yang dapat membantu menurunkan antibodi tiroid pada orang yang memiliki penyakit tiroid autoimun. Sebuah studi mengatakan bahwa selenium yang ada pada salmon terbukti lebih banyak daripada yang terkandung dalam kapsul minyak ikan.

manfaat ikan salmon untuk tubuh

16. Mengatasi Kesulitan Tidur

Setelah lelah beraktivitas, Sahabat Sehat memerlukan tidur yang nyenyak agar dapat memulihkan energi untuk hari esok. Namun, jika kualitas tidur Sahabat Sehat buruk karena kesulitan tidur, tentunya akan menghambat aktivitas.

Sahabat Sehat dapat memanfaatkan ikan salmon untuk mengatasi insomnia. Ikan salmon mengandung triptofan yang merupakan sedatif alami. Kandungan inilah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah insomnia.

17. Mengurangi Nyeri Haid

Asam lemak essensial seperti asam lemak omega 3 yang juga terkandung dalam ikan salmon, dibutuhkan tubuh sekitar 3% dari energi total. Wanita dengan asupan asam lemak omega 3 yang rendah akan cenderung mengalami nyeri haid (dismenorhea). Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega 3 dalam makanan sehari-hari akan mengurangi nyeri haid.

Nah, gimana nih Sahabat Sehat? Banyak sekali ya manfaat ikan salmon bagi tubuh kita. Kalau Sahabat Sehat ingin coba membuat resep hidangan salmon, langsung aja cus ke link ini ya (Web sebelumnya). Untuk pembelian ikan salmon Sahabat Sehat dapat membelinya di sesa.id

Beli Ikan Salmon di SESA

Utthavi, W. H., Parwita, I. G. L. M., Sentana, I. W. B., & Sarja, N. L. A. K. Y. (2019). Pemanfaatan Media Pemasaran Online dan Manajemen Keuangan Bagi Usaha Kerupuk Rambak Salmon. Dharmakarya, 8(3), 206-209.

Dewantari, N. M. (2013). Peranan Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Jurnal Skala Husada, 10(2), 219-224.

Susanto, E., & Fahmi, A. S. (2012). Senyawa fungsional dari ikan: Aplikasinya dalam pangan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 1(4).

https://www.honestdocs.id/manfaat-omega-3-untuk-kesehatan