Home » Blog » Ikan Salmon dan 16 Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli Gizi

Ikan Salmon dan 16 Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli Gizi

Ikan salmon dan manfaatnya

Selain mempunyai rasa yang lezat, ternyata ikan salmon mempunyai manfaat yang tidak boleh dilewatkan oleh sahabat sehat. Manfaat ini berasal dari kandungan gizi ikan salmon yang beragam dan pasti sangat baik untuk mengoptimalkan kesehatan kita.

Bahwa termasuk salah satu jenis ikan yang bergizi dan baik dikonsumsi, baik oleh anak-anak, dewasa, sampai lansia. Ikan yang dikenal dengan ciri warna daging berwarna keorange-merahan dan mempunyai terkstur yang lembut ini merupakan sumber asam lemak baik dan protein yang mempunyai kualitas tinggi.

Adalah ikan yang mempunyai rasa yang lezat dan saat ini pun mudah ditemukan disebagian besar supermarket. Kandungan omega-3 pada ikan salmon sangat baik untuk jantung.

Sahabat sehat tentu juga tahu bahwa ia mempunyai kualitas protein yang tinggi dan mempunyai kandungan mikronutrien yang kaya sehingga tidak ada salahnya menjadi salah satu bahan pangan yang masuk ke daftar menu sahabat sehat.

Asupan omega-3 yang cukup bahkan lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit tertentu seperti penyakit kardiovaskular, penyakit Alzheimer, dan bermanfaat untuk kesehatan lainnya.

Kandungan Gizi Ikan Salmon

Kandungan Gizi Ikan Salmon

Banyak orang khawatir tentang kadar merkuri dan kontaminan lain dalam pasokan ikan. Namun sebenarnya adalah ikan yang padat gizi dapat ditemukan dengan tingkat pencemaran minimal, terlepas dari apakah sahabat sehat memilih untuk membelinya dari budidaya atau liar.

Kandungan gizi berdasarkan USDA dalam 85gr (daging ikan salmon)

  • Kalori        : 121 kkal
  • Lemak      : 5,4 gr
  • Sodium    : 37,4 mg
  • Karbohidrat : 0 gr
  • Serat         : 0 gr
  • Gula          : 0 gr
  • Protein     : 17 gr

Karbohidrat

Tahukan sahabat sehat bahwa ikan salmon secara alami tidak mengandung karbohidrat, termasuk serat dan gula. Oleh sebab itu konsumsi protein hewani yang satu ini sangat baik untuk diet sehat yang sedang dilakukan.

Lemak

85 gram sumber protein hewani ini mengandung 5,4 gram lemak. Dari jumlah tersebut,  1,5 gram berasal dari asam lemak omega-3 yang bermanfaat termasuk EPA dan DHA (yang sangat bermanfaat untuk fungsi kognitif).

Asam lemak salmon bervariasi tergantung pada dibesarkan di peternakan atau ditangkap secara liar. Bahwa yang dibudidayakan lebih tinggi kandungan lemaknya secara keseluruhan, termasuk juga lemak jenuh dibanding yang liar lebih sedikit.

Protein

Terdapat 17 gram protein dalam 85 gram fillet ikan salmon mentah yang ditangkap secara liar. Karena ikan salmon dibesarkan di peternakan memiliki banyak lemak, kandungan proteinnya sedikit lebih sedikit menurut beratnya.

Terlepas dari itu, bahwa ikan ini adalah sumber protein yang lengkap dan berkualitas tinggi dan menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh sahabat sehat.

Vitamin dan Mineral

Mengandung vitamin A dan beberapa vitamin B. Vitamin D juga terkandung (salmon liar adalah sumber yang sangat baik).Dan juga kaya akan beberapa mineral termasuk magnesium, Kalium, fosfor, zinc, dan selenium. Selain itu yang dalam kemasaan kaleng mengandung banyak kalsium (karena tulangnya bisa dimakan)

Kalori dalam Ikan Salmon

Satu porsi ikan salmon (85 gram) menyediakan 121 kalori yang sebagian besar berasal dari protein dan lemak.

CEK IKAN SALMON DI SESA.ID

Manfaat Ikan Salmon

1.    Ikan Salmon Mendukung Kesehatan Jantung

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan makan ikan dua kali seminggu untuk kesehatan jantung. Orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur tampaknya terlindung dari sejumlah kondisi kardiovaskular.

Asam lemak omega-3 membantu mencegah pembekuan darah, yang menjadi penyebab stroke dan membantu mengurangi peradangan, (kondisi yang memperparah pada seseorang yang menderita penyakit jantung). Juga merupakan sumber Kalium yang baik yang fungsinya menjaga tekanan daah supaya tetap pada kondisi normal.

2.    Mengurangi Risiko Osteoporosis

Ikan salmon liar kalengan adalah sumber vitamin D dan kalsium yang sangat baik. Dua zat gizi ini merupakan zat gizi yang penting untuk pembentukan tulang. Sementara itu, ikan salmon yang dibudidayakan juga menyediakan beberapa vitamin D, jumlahnya bervariasi berdasarkan jenis pakan yang digunakan.

Hasil penelitian memperkirakan bahwa meningkatkan kandungan vitamin D ikan salmon yang dibesarkan dalam budidaya akan memiliki efek positif pada kesehatan tulang manusia. Kandungan protein yang tinggi pada juga berkontribusi pada kesehatan tulang yaitu bermanfaat untuk kekuatan otot.

3.    Meningkatkan Mood

Mengandung hamper semua asam amino, termasuk berfungsi sebagai neurotransmitter pengatur suasana hati. Konsumsi ikan ini telah dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah.

Asam lemak omega-3 dalamnya juga mempunyai manfaat bagi otak dan telah disarankan dalam berbagai penelitian untuk meningkatkan suasana hati. Oleh karena itu dianjurkan agar anak sahabat sehat diberikan konsumsinya sejak dini.

4.    Mendukung Kehamilan yang Sehat

Asam lemak omega-3 khususnya DHA, sangat terkait dengan perkembangan otak dan system syaraf pada janin. Asupan asam lemak omega-3 yang tidak mencukupi selama kehamilan dan menyusui terbukti menghambat pertumbuhan otak bayi.

Lebih rendah merkuri dari pada ikan yang mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar, seperti tuna, menjadikan ikan ini sebagai pilihan yang baik bagi sahabat sehat yang sedang hamil maka sebaiknya mengkonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup.

5.    Manajemen Berat Badan

Mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu Sahabat sehat menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Seperti halnya makanan berprotein tinggi lainnya, ini membantu mengatur hormone dan mengontrol nafsu makan dan membantu Sahabat sehat merasa kenyang.

Oleh karena itu bagi sahabat sehat yang dalam upaya menurunkan berat badan atau diet sehat sebaiknya pertimbangkan juga untuk konsumsi ikan salmon.

Selain itu tingkat metabolisme Sahabat sehat meningkat lebih banyak setalah makan makanan kaya protein, seperti ikan salmon, dibandingkan dengan makanan lain.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dan ikan berlemak lainnya dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lemak perut pada seseorang yang kelebihan berat badan.

Pada suatu studi pada anak-anak dengan penyakit hati berlemak non-alkohol  menemukan bahwa suplemen dengan DHA (omega-3 yang ditemukan di ikan salmon) menyebabkan pengurangan lemak hati dan lemak perut yang jauh lebih besar dibandingkan kelompok placebo.

6.    Meningkatkan Kadar Kolestrol Baik

Astaxanthin adalah senyawa yang terkait dengan beberapa manfaat kesehatan. Merupakan zat gizi anggota antioksidan karotenoid, yang memberikan warna merah khas pada ikan salmon. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menignkatkan kadar kolseterol HDL (kolesterol baik).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa astaxanthin dapat mengurangi peradangan, mengurangi stress oksidatif dan melindungi dari penumpulan plak lemak di arteri yang berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.

Astaxanthin adalah antioksidan yang ditemukan dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, dan system saraf dan kulit

7.    Ikan Salmon dapat Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer

Dengan mengkonsuminya diyakini dapat mencegah penyakit Alzheimer. Sementara penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut. Tampaknya asupan gizi keseluruhan dari makanan utuh memberikan efek kumulatif yang melampaui efek suplementasi omega-3 saja.

Ikan salmon liar berwarna orange karena kandungan antioksidan astaxanthin. Astaxanthin adalah karotenoid dengan sifat neuroprotektif yang tampaknya bekerja Bersama dengan omega-3 untuk memperlambat penuaan otak.

8.    Ikan Salmon dapat Membantu Melawan Peradangan

Dapat dijadikan suatu senjata untuk melawan peradangan. Banyak ahli percaya bahwa peradangan merupakan akar penyebab sebagian besar penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak ikan membantu mengurangi penanda peradangan pada orang yang berisiko terkena penyakit ini dan penyakit lainnya.

Faktanya, satu penelitian pada 4.105 orang menemukan bahwa konsumsi ikan yang sering dikaitkan dengan tingkat sel darah putih yang lebih rendah, yang sering digunakan sebagai parameter peradangan kronis. Menurut ulasan lain, suplementasi minyak ikan ditemukan secara signifikan mengurangi tingkat beberapa parameter peradangan tertentu, termasuk CRP, IL-6, dan TNF-a

9.    Sumber Kalium yang Baik

Mengandung kalium yang cukup tinggi. Hal ini terutama berlaku untuk salmon liar yang menyediakan 13% dari nilai harian yang direkomendasikan per 100 gram dibandingkan 8% untuk ikan salmon yang dibudidayakan.

Faktanya, yang liar mengandung lebih banyak kalium daripada jumlah yang setara dengan pisang ukuran sedang, yang hanya menyediakan 9% dari nilai harian yang direkomendasikan. Kalium membantu mengatur tekanan darah Sahabat sehat, dan juga mengurangi risiko Sahabat sehat terkena stroke.

10.Mencegah Penyakit Tiroid

Penelitian telah menunjukkan selenium diperlukan untuk fungsi tiroid yang sehat. Sebuah meta-analisis telah menunjukkan bahwa orang dengan penyakit tiroid yang kekurangan selenium mengalami manfaat nyata ketika meningkatkan asupan selenium mereka, termasuk penurunan berat badan dan pengurangan terkait risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Ikan Salmon adalah sumber selenium yang baik

11. Sumber Vitamin Untuk Tubuh

Sebagai salah satu sumber protein hewani yang sangat banyak memberikan manfaat mulai dari bagai tubuh kepala hingga tulangnya. Dengan mengkonsumsinya akan membantu tubuh untuk mencukupi kebutuhan vitamin A yang sangat dibutuhkan tubuh seperti bagian mata.

Dan juga mengandung beberapa vitamin B yang sebab itu sebaiknya sahabat sehat menuhi kebutuhan vitamin B dengan ini. Ternyata tidak itu saja Vitamin D juga terkandung dalam jenis ikan ini.

12. Sumber Makanan Bergizi

Ikan salmon adalah sumber makanan bergizi yang memberikan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Oleh sebab itu sebaiknya mengkonsumsi setidaknya dua porsi per minggu dapat membantu Sahabat sehat memenuhi kebutuhan gizi dan mengurangi risiko beberapa penyakit.

Selain itu, ikan ini juga enak, memuaskan, dan serbaguna. Memasukkan ikan berlemak ini sebagai bagian rutin dari diet Sahabat sehat dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan Sahabat sehat

13. Mengurangi Tingakat Tekanan Darah

Satu ulasan menemukan bahwa suplementasi dengan kalium secara signifikan dapat mengurangi tingkat tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi, teruatam bagi mereka yang mengkonsumsi natrium harian dalam jumlah yang besar.

Kalium juga bekerja dengan natrium untuk membantu mengatur keseimbangan carian dan menurunkan tekanan darah dengan mencegah retensi (pengikatan) air yang berlebih.

14. Mampu Melindungi dari Penurunan Kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 memiliki potensi untuk melindungi terhadap penurunan kognitif. Penurunan kognitif dapat terjadi pada siapa saja dan oleh sebab itu sebaiknya dapat dihindari salah satunya mempertimbangkan konsumsi ikan ini.

15. Membantu Mencegah Kerusakan Kulit

Kandungan astaxanthin diyakini bekerja dengan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam untuk melindungi otak dan system syaraf dari peradangan. Terlebih lagi, astaxanthin bahkan dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan membantu Sahabat sehat terlihat lebih muda.

Dalam sebuah penelitian, 44 orang dengan kulit rusak akibat paparan sinar matahari yang diberikan kombinasi 2 mg astaxanthin dan 3 gram kolagen selama 12 minggu mengalami peningkatan signifikan dalam elastisitas dan hidrasi kulit. Ikan salmon mengandung antara 0,4 – 3,8 mg astaxanthin per 100 gram.

16. Membantu Diet Sehat

Membantu diet sehat karna ikan salmon cukup rendah kalori. Mengkonsumsinya dapat membantu Sahabat sehat mengatur berat badan dengan mengurangi nafsu makan, meningkatkan metabolisme, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi lemak perut.

Sebagai alternatif yang luar biasa untuk sumber protein seperti ayam atau sapi. Ikan salmon menyediakan protein yang cukup tetapi kandungan lemak jenuhnya jauh lebih sedikit, menjadikan ikan salmon sebagai sumber protein yang ideal untuk mempertahankan penurunan berat badan atau indeks massa tubuh (IMT) kisaran normal.

Beli Ikan Salmon di SESA 

https://www.verywellfit.com/salmon-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4106641#toc-health-benefits

https://www.medicalnewstoday.com/articles/307811#possible-benefits-of-consuming-salmon

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4003098/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/287842

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4258944/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26026214/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33411013/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22221492/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33411013/

https://sesa.id/

https://www.verywellfit.com/salmon-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4106641

https://www.freepik.com/