Home » Blog » 2 Menu Berbahan Dasar Telur Sederhana untuk Inspirasi Diet Telur

2 Menu Berbahan Dasar Telur Sederhana untuk Inspirasi Diet Telur

menu berbahan dasar telur

Selamat ini, bagaimana Sahabat Sehat mengolah telur sebagai menu makan untuk diet? Menu berbahan dasar telur yang paling umum adalah telur rebus, tapi makan telur rebus terus-terusan tentu bisa membuat Sahabat Sehat cepat bosan. 

Untungnya, telur adalah bahan makanan yang sangat fleksibel dan bisa Sahabat Sehat olah dalam banyak cara, lho! Masih belum yakin? Coba intip dulu 2 ide menu sarapan telur berikut ini yang tak hanya enak, tapi juga super gampang! Apa saja menunya?

Egg in a Blanket

Resep yang satu ini bisa jadi variasi seru kalau Sahabat Sehat bosan dengan sarapan telur ceplok dan roti tawar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 butir telur
  • 2 lembar roti tawar (sebaiknya roti tawar gandum atau brown bread yang tinggi serat)
  • 2 sdt mentega
  • Cabai kering atau biji cabe, opsional dan sesuai selera
  • Oregano, sesuai selera
  • Garam, sesuai selera

Sedangkan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan cetakan biskuit untuk membuat lubang pada bagian tengah roti tawar. Bentuknya bebas sesuai yang Sahabat Sehat suka, misalnya bentuk lingkaran biasa, bintang, atau hati.
  2. Panaskan 1 sdt mentega di atas wajan atau pan dan pada api kecil, kemudian tempatkan selembar roti di atasnya. Tunggu selama beberapa saat lalu balik rotinya.
  3. Ceplok telur secara hati-hati tepat di atas lubang cetakan pada roti tawar. Tutup wajan dan biarkan selama kira-kira 3-4 menit, atau sampai telur mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.
  4. Pindahkan roti ke piring, lalu ulangi langkah-langkah yang sama untuk lembaran roti tawar lainnya.
  5. Sebelum menikmati, Sahabat Sehat bisa taburi roti dan telur dengan garam, cabai, dan oregano sesuai selera.

Scrambled Egg

Bicara soal menu berbahan dasar telur, rasanya tak ada menyaingi scrambled egg dari segi kemudahan dan kelezatannya. Apalagi kalau Sahabat Sehat menggunakan telur ayam kampung yang organik dan bergizi tinggi, seperti yang bisa Sahabat Sehat dapatkan di Sesa.id. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 4 butir telur
  • 1/4 cangkir susu
  • Garam dan merica, secukupnya
  • 2 1/2 sdt mentega

Cara membuatnya:

  1. Pecah telur dan masukkan ke dalam mangkok. Kocok secara perlahan, kemudian tuangkan susu, garam, dan merica secukupnya sesuai selera. Kocok kembali telur sampai semua bahan-bahan tercampur.
  2. Panaskan mentega di atas wajan anti lengket pada api sedang. Tunggu beberapa saat sampai wajan panas, lalu tuangkan adonan telur.
  3. Diamkan dulu selama beberapa saat sampai adonan telur mulai matang dan padat, kemudian gunakan spatula untuk mengumpulkan telur di atas wajan secara perlahan.
  4. Terus tarik, angkat, dan lipat telur selama beberapa saat hingga telur menebal dan sudah tidak ada lagi sisa-sisa telur mentah di atas wajan.
  5. Matikan api dan pindahkan scrambled egg dari wajan ke atas piring. Sahabat Sehat bisa menambahkan buah segar atau jus untuk melengkapi menu sarapan telur lezat dan super simpel ini.

Bagaimana, kedua menu berbahan dasar telur di atas sangat mudah dilakukan, kan? Sahabat Sehat bisa membuatnya kapan saja di rumah, bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu, kedua menu sarapan telur di atas juga bisa dinikmati semua anggota keluarga, termasuk si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan sehingga butuh asupan gizi yang lengkap dan tepat.

Yuk segera coba buat kedua resep di atas sekarang juga. Selamat memasak!

Referensi : NDTV

Photo by Daria Shevtsova  from Pexels