Home » Blog » 6 Tips Menggunakan Minyak untuk Nasi Goreng agar Rendah Kolesterol

6 Tips Menggunakan Minyak untuk Nasi Goreng agar Rendah Kolesterol

minyak untuk nasi goreng

Minyak untuk nasi goreng – Sahabat Sehat tahu tidak, salah satu makanan terenak di dunia ada di Indonesia? Ya, nasi goreng! Sebagian besar orang Indonesia pernah coba masak nasi goreng atau minimal makan nasi goreng.

Sayangnya nasi goreng sering kali dianggap sebagai makanan yang kurang bernutrisi dan sumber kolesterol. Buat pecinta nasi goreng jangan sedih, kita bisa membuat nasi goreng sebagai makanan sehat! Baca tips-tipsnya berikut ini.

Menggunakan Minyak Zaitun

Pilihan minyak yang tepat adalah rahasia utama untuk membuat nasi goreng sehat. Minyak yang bisa digunakan salah satunya minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak baik yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung 9.9 gram asam lemak tak jenuh tunggal. Takaran minyak yang digunakan juga tidak boleh berlebihan. 

Menggunakan Minyak Wijen 

Selain minyak zaitun, minyak wijen bisa jadi pilihan minyak untuk nasi goreng yang lezat dan sehat. Minyak wijen bermanfaat untuk membantu menjaga kadar kolesterol. Minyak wijen mengandung sesaminol dan sesamol yang mampu menangkal radikal bebas.

Menggunakan minyak wijen dalam olahan nasi goreng membantu menurunkan kadar sodium dalam darah. Minyak wijen juga mengandung omega 6 yang baik untuk kesehatan jantung. 

Jangan Pakai Minyak Berulang 

Hindari penggunaan minyak yang sudah digunakan berulang kali karena sudah pasti kandungan lemak jenuhnya tinggi.  Penggunaan margarin dan mentega juga lebih baik dihindari karena mengandung lemak jenuh lebih tinggi daripada minyak sayur.

Kadar lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kolesterol. Jika ingin menggunakan margarin atau mentega pilih produk tanpa garam. 

Pakai Wajan Anti-lengket

Gunakan wajan anti lengket supaya nasi goreng tetap bisa dimasak dengan baik dalam takaran minyak lebih sedikit. Memasak dengan hati-hati dan, hindari minyak terlalu pas hingga wajan berasap. Kebiasaan ini bisa merusak cita rasa nasi goreng dan juga berisiko menghilangkan kandungan nutrisi dari minyak zaitun atau minyak wijen jika terlalu panas. 

Nutrisi Pelengkap Nasi Goreng

Pilihan minyak untuk nasi goreng sudah tepat, tapi lengkapi juga nasi goreng Sahabat Sehat dengan nutrisi dari sayuran dan protein. Satu butir telur cukup untuk mengisi kebutuhan protein harian. Jangan lupa sayuran ya, Sahabat Sehat! Sayuran yang bisa jadi pelengkap nasi goreng di antaranya, daun lettuce dan tomat.

Wortel, mentimun, sawi, selada bisa jadi pilihan sayuran lain. Sayuran bisa ditumis sebentar agar terasa gurih.  Aneka sayuran dan rempah alami yang ditambahkan dalam olahan nasi goreng bisa menjadi penambah rasa alami daripada menggunakan bumbu yang tinggi kandungan sodium dan pengawet.

Mengganti dengan Beras Merah

Mencoba variasi nasi goreng lebih sehat, Sahabat Sehat bisa mencoba mengganti beras putih dengan beras merah. Beras merah lebih kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh.

Terutama untuk Sahabat Sehat yang sedang menjaga kadar gula darah namun tetap ingin menikmati nasi goreng enak dan sehat, beras merah lebih disarankan daripada beras putih. 

Nasi goreng di Indonesia sangat banyak dan beragam berbeda tiap daerah. Nasi goreng Sunda khas dengan rempah kencur, nasi goreng mawut yang biasa ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah, dan lain-lain.

Sahabat Sehat juga bisa berkreasi membuat sepiring nasi goreng nikmat dengan tetap menjaga dan memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Dapatkan minyak wijen, minyak zaitun, dan bahan sehat untuk membuat nasi goreng di sini. Yuk, bikin nasi goreng sehat dan lezat!

Referensi: Productnation, Merekbagus
Photo by bishop tamrakar from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.