Home » Blog » 12 Jenis Makanan Superfood di Indonesia

12 Jenis Makanan Superfood di Indonesia

Superfood indonesia

Apakah sahabat sehat mengenal superfood? Makanan superfood saat ini mulai menjadi incaran masyarakat yang memiliki gaya hidup sehat. Makanan superfood di Indonesia beragam dan jarang yang tidak mengetahui bahwa banyak makanan superfood yang ada di Indonesia.

Penegertian Makanan Superfood

Makanan superfood adalah jenis makanan khusus yang mampu menunjukkan efek positif dalam pencegahan penyakit. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memiliki kandungan gizi makro dan mikro esensial dalam jumlah yang cukup. Sifat menguntungkan yang dimiliki makanan superfood adalah karena kandungan bahan bioaktif, dengan sifat dan efek biologis tertentu di dalam tubuh manusia.

Berbagai riset baru terus bermunculan yang menunjukkan bahwa beberapa makanan konvensional memiliki sifat-sifat bermanfaat potensial. Tidak terkecuali dengan pangan lokal khas Indonesia. Selain itu, kecenderungan munculnya banyak penyakit degeneratif seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas, osteoporosis dan kanker.

Telah menggeser gaya hidup ke arah penerapan pola makan yang lebih sehat. Konsep makanan superfood masih sedikit dipahami oleh masyarakat. Kategori makanan superfood terdiri dari berbagai jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dll.

Konsep superfood banyak dikenal pada makanan yang berasal dari luar Indonesia dan berharga mahal, padahal tidak sedikit loh makanan asli Indonesia yang memiliki karakteristik dan tergolong sebagai superfood yang tertunya memiliki harga terjangkau.

Penelitian yang dilakukan pada masyarakat Swiss menunjukkan bahwa konsumen yang tertarik pada makanan superfood percaya pada manfaat kesehatannya. Konsumen ini juga memiliki pengetahuan gizi yang tinggi.

makanan superfood

Lynq Superfood

Selain itu, mereka berkreasi saat memasak dan mengonsumsi makanan yang menghasilkan emosi positif dan suasana hati yang santai. Mereka menerima teknologi pangan baru dan tidak peduli terhadap makanan non-tradisional atau olahan. Konsumen makanan superfood juga dicirikan oleh ketertarikan mereka pada bahan-bahan organik dan alami.

CEK PRODUK SUPERFOOD DI SESA.ID

Makanan Superfood Indonesia

Apa saja ya jenis superfood yang ada di Indonesia? Mari kita simak ulasan di bawah ini

1. Ubi Cilembu

Pangan lokal yang berasal dari Jawa Barat ini memiliki citarasa manis alami dan wangi yang sangat menggoda. Ubi Cilembu hangat yang baru saja dipanggang sangat cocok dimakan saat musim hujan. Kandungan serat nya yang cukup tinggi membuat kita merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi ubi cilembu.

superfood indonesia ubi cilembu

Ubi Cilembu SESA

2. Ketan Hitam

Ketan hitam biasa disajikan dengan bubur kacang hijau sebagai sarapan atau cemilan.  ketan hitam kaya akan zat gizi seperti zat besi, protein, vitamin E, serat, dan mineral. Kandungan antosianin yang dimilikinya mampu memperkuat daya tahan tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sakit jantung, sembelit, anemia, dan mampu melawan kanker. Ketan hitam dapat diolah dengan cara dikukus tanpa ada tambahan santan atau menggunakan pengganti sari kedelai agar lebih sehat.

superfood indonesia ketan hitam

Beras Ketan Hitam

3. Ubi Ungu

Kandungan karbohidrat kompleks, vitamin B3, B6, C, asam folat, serat, magnesium, dan kalium yang terkandung didalamnya menjadikan ubi ungu sebagai superfood kedua Indonesia.

Manfaat lain yang dimiliki oleh ubi ungu adalah mampu mengurangi hipertensi, mencegah kanker, dan mengurangi peradangan. Cara pengolahannya bisa dilakukan dengan cara dikukus atau direbus untuk meminimalisir kehilangan zat gizi selama pengolahan.

ubi ungu

Ubi Ungu Organik

4. Sukun

Sukun kaya akan protein, kalsium, kalium, serat, zat besi, magnesium, seng, betakaroten, asam folat, vitamin B, C, dan E. Selain itu, sukundapat menurunkan gula darah dan tekanan darah, dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Sukun muda dapat diolah menjadi sayur, sementara sukun tua dapat diolah dengan cara dikukus atau digoreng.

5. Terong Ungu

Rasanya hampir seluruh masyarakat Indonesia suka mengonsumsi terong ungu. Rasanya yang enak membuat sayuran ini mudah dibuat menjadi berbagai macam olahan, seperti terong goreng tepung, terong sambal lado, terong tumis, maupun olahan lainnya. Terong ungu memiliki dua varian, ada yang berbentuk lonjong dan ada yang berbentuk bulat.

6. Manggis

Selain buahnya, kulit manggis juga tidak kalah berkhasiat. Berbagai penelitian saat ini mampu membuktikan penggunaan kulit manggis untuk pengobatan kanker. Buah manggis sendiri dipercaya dapat mengobati penyakit kardiovaskuler, peradangan, dan tumor.

7. Selada Air

Selada air sangat nikmat jika dimasak bening atau dengan santan. Sayuran ini kaya akan kalsium, zat besi, fosfor, natrium, seng, kalium, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu menurunkan tekanan darah, melindungi kesehatan jantung, tulang, dan mata.

8. Salak

Merupakan buah yang termasuk buah tropis yang ada di Indonesia. Buah Salak kaya akan vitamin C, serat, kalsium, tanin, saponin, dan flavonoid. Kandungan buah salak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

9. Daun Kelor

Daun kelor mengandung protein, zat besi, riboflavin, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin A. Sayuran ini kaya antioksidan, sehingga mampu meredakan peradangan, memperkuat daya ingat, menurunkan kolesterol.

Kandungan proteinnya yang cukup tinggi membuat sayur kelor baik dikonsumsi oleh anak dan wanita menyusui. Cara pengolahannya bisa dimasak menjadi sayur bening, seperti bayam dan katuk. Olah segera daun kelor setelah dipetik untuk menjaga kesegarannya.

10. Taoge

Taoge adalah sayuran yang berasal dari kelompok pangan protein nabati. Sayuran ini identic dengan kesuburan pasangan. Kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, asam pantotenat, dan protein yang ada didalamnya membuat taoge layak dikonsumsi dalam menu sehari-hari.

11. Tempe Salah Satu Superfood di Indonesia

Indonesia patut bangga karena memiliki tempe sebagai salah satu warisan budaya dunia. Kandungan protein dan isoflavon yang tinggi pada tempe dapat menjadi pilihan menu sehat yang wajib ada dalam piring makan sahabat sehat.

Superfood di Indonesia Tempe

Tempe

Tempe juga tinggi akan asam lemak tidak jenuh yang dapat membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah. Sahabat sehat tidak perlu bingung untuk mengolah tempe menjadi menu olahan apa, karena banyak sekali menu yang bisa dibuat dari tempe.

Harga tempe yang terjangkau membuat tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi tempe setiap hari. Tempe dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan menu, seperti tempe orek, gulai tempe, sambal tempe, atau tempe goreng.

12. Bayam Merah

Bayam merah dapat menjadi penarik minat anak-anak untuk mengkonsumsi sayuran karena warnanya yang menarik. Sayuran ini bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin darah serta tinggi antioksidan. Bayam merah dapat diolah menjadi sayur bening dan disajikan selagi hangat.

Wah, ternyata kita bisa mendapatkan superfood dengan harga terjangkau dan gampang diperoleh ya sahabat sehat. Berbagai pilihan makanan di atas dapat kita jumpai dengan mudah di sekitar kita. Hanya perlu diingat, superfood tidak akan memiliki manfaat kesehatan jika tidak diolah dengan cara yang sehat pula.

Pengolahan dengan cara direbus, dikukus, ditumis, atau dipanggang mampu mempertahankan zat gizi maupun zat non gizi yang ada di dalam makanan tersebut. Selain itu, konsumsilah makanan tersebut sesuai anjuran makan pedoman gizi seimbang agar tubuh tidak kekurangan maupun kelebihan gizi.

 

Lynq superfood

Lynq Superfood Invicible Chocolate

https://www.health.harvard.edu/blog/10-superfoods-to-boost-a-healthy-diet-2018082914463

https://www.verywellfit.com/eat-a-wide-variety-of-superfoods-3121399

https://www.foodandnutritionjournal.org/volume6number3/superfoodsrecent-data-on-their-rolein-the-prevention-of-diseases/

https://www.mdpi.com/2071-1050/13/16/9240

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10454446.2020.1869133

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128164532000036

Sumber Gambar :

Sesa.id