Home » Blog » Berikut 20 Olahan Daging Sapi dengan Bahan Bahan Organik, Sehat dan Lezat

Berikut 20 Olahan Daging Sapi dengan Bahan Bahan Organik, Sehat dan Lezat

Pola hidup sehat sudah menjadi sebuah gaya hidup di masyarakat kita sekarang ini. Terlebih lagi di masa pandemic covid-19. Orang – orang mulai melirik dan beralih ke pola hidup yang lebih sehat seperti berolahraga dan memperhatikan pola makan.  Olahan daging sapi adalah salah satu sumber pangan hewani yang mengandung zat gizi protein dan zat gizi mikro lainnya.

Dengan kandungan zat gizinya yang beragam ini, daging menjadi salah satu sumber bahan pangan yang baik untuk dikonsumsi oleh Sahabat sehat. Daging dapat diolah menjadi beragam makanan, bisa dijadikan lauk, bahkan dapat dijadikan sebagai campuran kudapan Sahabat sehat.

Kombinasi bahan pangan daging dengan bahan pangan organik, ditambah dengan cara pengolahan yang tepat, menjadikan daging sapi menjadi semakin bernilai gizi tinggi.

Olahan Daging Sapi

Berikut beberapa rekomendasi olahan daging sapi yang dapat Sahabat sehat coba dirumah.

grass feed beef

1. Sop Daging Sapi

Menu satu ini tentunya sudah sangat familiar di setiap keluarga ya Sahabat sehat. Olahan daging satu ini mudah dibuat  dan dalam satu menu mengandung sumber bahan pangan yang lengkap, dari mulai bahan pangan sumber protein dan bahan pangan sumber vitamin dan mineral yaitu sayur.

Cara membuatnya pun mudah, bumbu yang diperlukan yaitu bawang putih, bawang Bombay, lada, pala, kaldu bubuk, dan garam. Sayuran yang akan digunakan pun bisa disesuaikan selera Sahabat sehat. Dan sebaiknya menggunakan daging sapi organik atau grass fed beef agar lebih sehat.

Bisa menggunakan wortel, buncis, brokoli, kembang kol, dan daun bawang. Setelah matang dikonsumso selagi hangat akan menambah kenikmatan menu olahan daging sapi yang satu ini.

sop daging sapi

2. Olahan Daging Sapi Asem-asem Daging

Bisa dilihat dari Namanya, olahan daging yang satu ini mempunyai cita rasa asam sekaligus manis dan pedas. Kuahnya yang cair berwarna hitam menunjukkan bahan yang digunakan yaitu kecap dan gula jawa.

Sedangkan cita rasa asam dan pedas didapatkan dari belimbing wuluh, cabai rawit dan asam jawa. Olahan daging satu ini selain mengandung tinggi protein dari bahan utamanya yaitu daging, belimbing wuluh sebagai bahan tambahan ternyata mengandung beragam antioksidan seperti lutein, zeaxhantin, dan flavonoid.

Selain out manfaat belimbing wuluh lainnya adalah mengontrol gula darah serta memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Rendang Daging

Siapa yang tidak kenal dengan masakan terenak di dunia ini? Rendang masuk ke dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia yang dirilis oleh CNN travel. Rendang merupakan olahan daging khas Sumatera yang bumbunya terserap sempurna ke dalam dagingnya. Aromanya pun sangat khas rempah Indonesia.

Dari mulai jahe, lengkuas, serai, kayu manis, pala, asam kandis, cengkeh, kapulaga, bunga lawing, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, semua masuk kedalam masakan khas Padang ini. Selain tinggi protein, rendang ternyata kaya vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1.

Rempah-rempah yang terkandung dalam rendang juga bersifat anti bakteri, antikarsinogenik, analgesic dan kaya antioksidan. Namun, Sahabat sehat juga perlu ingat bahwa mengkonsumsi rendang dengan porsi yang cukup dan diimbangi dengan makan sayur dan buah beraneka warna. Dan gunakan daging rendang organik grass fed agar kesehatan tubuh terjaga.

4. Gadon Daging

Gadon daging sapi adalah olahan daging khas Jawa Tengah. Olahan daging sapi ini bisa disebut makanan sehat karena proses memasaknya tidak menggunakan minyak, melainkan dikukus. Walau dikukus, rasa gurih dan aromanya sangat enak lho, Sahabat sehat. Apalagi tambahan wangi daun jeruk dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Hmm membuat perut lapar!

Oiya Sahabat sehat, gadon daging ini mengandung tinggi protein karena ada tambahan telur di dalam adonan daging gilingnya. Sangat cocok untuk lauk bagi anak-anak karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih. Tentunya disesuaikan ya, dengan tidak menggunakan cabe.

5. Bistik Daging

Jika masakan barat ada steak daging, maka masakan Indonesia ada bistik daging. Bistik daging merupakan modifikasi steak bergaya nusantara. Tidak seperti setak yang dipanggang, bistik diolah dengan cara direbus dengan banyak bumbu dan rempah.

Bawang putih, bawang merah, merica, jahe, pala, bunga lawang, kayu manis, kapulaga, cengkeh, kecap, gula merah, dan garam, merupakan bumbu yang digunakan untuk memasak bistik. Bistik daging sapi merupakan salah satu olahan daging sapi lain tanpa minyak dan santan, yang tentunya lebih sehat.

6. Rabeg Daging

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Banten. Sekilas mirip bistik, hanya bedanya trabeg lebih manis dan berminyak. Di daerah asalnya, rabeg menggunakan daging kambing, namun dapat dimodifikasi dengan memakai daging sapi.

Ciri khas rabeg adalah penggunaan adas, pala, dan ketumbar. Rempah dan bumbu tersebut ditulis dan diberi air serta kaldu bubuk dan garam. Kemudian, terakhir daging sapi dimasukkan dan dimasak hingga air menyusut.

7. Rolade Daging

Jika Sahabat sehat mempunyai stok daging, diolah jadi rolade saja. Selain lezat, olahan daging ini juga awet dan praktis jika Sahabat sehat kehabisan ide memasak atau sedang diburu waktu. Rolade daging bisa disimpan di freezer dan sewaktu-waktu bisa digoreng dan disantap sebagai lauk. Daging sapi perlu digiling terlebih dahulu dan dicampur dengan terigu dan bumbu.

Kemudian adonan tersebut digulung diatas telur dadar dan dibalut dengan tepung roti. Simpan didalam freezer. Sahabat sehat dapat membuatnya dalam jumlah banyak sebagai stok lauk. Rolade daging juga sangat cocok untuk variasi lauk protein hewani bagi balita karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih. Pasti semua anak suka.

8. Daging Sapi Lada Hitam

Variasi masakan dari daging sapi ternyata banyak ya Sahabat sehat. Salah satunya daging sapi lada hitam. Jenis olahan ini banyak kita temui di restoran, baik kaki lima sampai bintang lima. Bumbu lada hitam yang pedas akan memberikan kehangatan dan memberikan cita rasa yang khas.

Selain itu lada hitam ternyata mempunyai segudang manfaat diantaranya kaya akan antioksidan, zat yang terkandung didalam lada hitam dapat mengontrol gula darah, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

9. Krengsengan Daging Sapi

Oalahan daging yang lezat ini bisa Sahabat sehat coba di rumah lho. Daging sapi yang empuk dipadukan dengan bumbu krengsengan yang lezat dijamin  membuat Sahabat sehat tak bisa pindah ke lain hati.

Sekilas krengesengan mirip dengan bistik daging, namun yang membedakan adalah tambahan petis udang dan cabe rawit sehingga membuat cita rasanya yang gurih dan pedas. Mengkonsumsi krengsengan tentunya mempunyai manfaat karena didalam krengsengan daging terkandung protein dan zat besi yang baik untuk tubuh.

CEK DAGING SAPI GRASS FED DISINI

10. Bakso sapi

Siapa sih yang tidak suka bakso? Olahan daging yang satu ini bisa dijadikan campuran berbagai masakan. Ditumis, direbus, sampai dijadikan campuran dalam sup pun, rasa dan kenikmatan bakso tetap menjadi favorit baik dikalangan anak-anak, hingga dewasa. Rasanya yang gurih dipadukan dengan teksturnya yang empuk dan kenyal, menjadikan makanan satu ini ada disetiap restoran di sudut kota.

11. Pindang Daging Kudus

Olahan daging yang satu ini mirip dengan rawon karena menggunakan kluwak. Pindang daging ini merupakan makanan khas kota Kudus. Cita rasanya manis, gurih dan tambahan daun melinjo memberikan rasa nikmat yang khas.

Bumbu – bumbu yang dipakai antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, terasi bakar, kluwek, santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, jahe, air asam, gula, dan garam. Sebelumnya bumbu ditumis supaya aromanya lebih lezat dan rasa masakan menjadi lebih gurih.

Kluwek sendiri mempunyai manfaat menjaga daya tahan tubuh, mencegah anemia karena kaya zat besi dan membantu menjaga kesehatan usus.

12. Semur Bola Daging

Sajian daging satu ini dijamin akan menjadi menu favorit anak di rumah. Tekstur daging yang empuk ditambah dengan bumbunya yang manis dan gurih, menjadikan semur bola daging menjadi makanan favorit anak-anak. anak-anak rawan terkena anemia. Dengan memakan berbagai macam olahan daging akan membantu mencegah anemia pada anak.

13. Spaghetti Bolognese

Siapa yang tidak kenal dengan olahan daging sapi ini. Daging sapi giling yang ditumis dengan campuran bumbu seperti bawang Bombay, bawang putih, Italian herbs, gula dan garam menjadikan masakan ini menjadi bercitarasa lezat.

Tidak lupa dengan tomat cincang menjadikan saus Bolognese ini lebih bergizi karena tomat banyak mengandung antioksidan. Setelah matang, siram saus daging ini diatas spaghetti. Hmmm, anak-anak pasti sangat suka dengan menu ini.

14. Olahan Daging Sapi Beef Teriyaki

Sahabat sehat bosan dengan olahan daging yang biasa, bisa coba beef teriyaki. Cara membuat dan bahan – bahannya mudah didapatkan. Bumbu – bumbunya yaitu bawang Bombay, bawang putih, saus teriyaki, kecap asin, kecap manis, saus tiram, lada, gula, garam dan kaldu bubuk. Tidak lupa mentega untuk menumis bumbu. Daging yang dipilih adalah bagian daging yang empuk kemudian kita iris tipis supaya cepat matang dan bumbu meresap.

15. Sapo Tahu Daging Jamur

Sapo tahu daging jamur merupakan olahan daging yang isinya lengkap. Ada brokoli, wortel, jamur shitake, tofu, dan tentunya daging sapi. Lengkap bukan Sahabat sehat. Kita bisa mempertoleh zat gizi protein dari daging, tofu, dan jamur, serta vitamin mineral dari sayuran.

16. Empal Daging Sapi

Olahan daging yang satu ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal. Daging yang direbus dengan bumbu – bumbu sampai empuk dan meresap, kemudian digoreng, menjadikan empal daging sapi ini menu favorit di keluarga.

17. Tumis Buncis Daging Giling

Tumis buncis daging giling menjadi menu favorit di restoran-restoran besar. Perpaduan rasa gurihnya daging dan manis serta renyahnya buncis muda, menjadikan menu ini lezat disantap dengan nasi hangat. Dari segi gizipun lengkap dari mulai protein, vitamin, dan mineral, terkandung dalam menu ini

18. Daging Malbi

Olahan daging sapi khas Palembang ini biasanya disajikan dengan nasi minyak. Cita rasa mirip dengan semur, namun lebih kental dan menggunakan berbagai macam rempah. Rempah yang beranekaragam ini tentunya bermanfaat untuk tubuh karena kaya antioksidan, antibakteri, dan anti peradangan.

19. Abon Sapi

Olahan daging sapi yang satu ini cocok dijadikan menu alternative untuk bekal anak. selain dimakan menggunakan nasi hangat, ternyata abon bisa juga dijadikan toping roti dan isian lemper. Wah, praktis dan bisa divariasokan dengan berbagai bahan makanan ya.

20. Sate Daging

Olahan daging saoi yang satu ini pasti menjadi favorit di semua kalangan. Ternyata tidak hanya daging ayam dan kambing saja yang dijadikan sate, daging sapi juga menjadi menu yang lezat jika diolah menjadi sate. Perpaduan daging sapi yang empuk dan bumbu yang gurih dan manis menjadikan sate daging sapi sebuah sajian tidak boleh ditinggalkan

Daging sapi dapat diolah menjadi berbagai masakan bahkan setiap daerah di Indonesia punya masakan khas yang berbahan utama daging. Daging sapi mengandung protein dan zat besi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan mengganti sel yang rusak.

Makanan Sehat Protein Hewani

 

https://resepkoki.id/

https://ruparupa.com

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3629114/manfaat-kluwek-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui

https://www.voinews.id/index.php/component/k2/item/11942-rendang-is-again-on-cnn-s-list-of-the-50-best-foods-in-the-world-in-2021