Home » Blog » Vitamin C Untuk Penderita Asam Lambung

Vitamin C Untuk Penderita Asam Lambung

Vitamin C Untuk Penderita Asam Lambung

Di masa pandemi Covid-19, penting bagi kita untuk menjaga imun dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga badan tetap bugar adalah dengan rutin mengonsumsi Vitamin C. Namun bagi Anda penderita asam lambung harus memperhatikan vitamin C untuk penderita asam lambung, agar tidak mempeburuk keadaan.

Sebagai vitamin esensial, Vitamin C telah terbukti menjadi antioksidan yang dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tapi tahukah kamu? Meski Vitamin C mudah didapat di pasaran, namun tidak semuanya tergolong aman untuk pencernaan, terutama bagian lambung. Bagi penderita asam lambung akut, Vitamin C terkadang membuat pencernaan tidak nyaman.

Mengonsumsi Vitamin C sesuai dosis yang dianjurkan lazimnya aman bagi lambung dan bermanfaat baik bagi tubuh. Tapi, jika Vitamin C dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan, maka hal tersebut dapat memicu gejala naiknya asam lambung.

Menurut Live Strong, Vitamin C tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Oleh karena itu, setiap orang perlu mencukupi vitamin C dari berbagai sumber makanan maupun suplemen. Sumber Vitamin C bisa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran segar.

Umumnya penderita asam lambung mendapati penyakitnya mulai kambuh, pasca mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin C seperti lemon, jeruk, limau dan tomat. Buah-buahan atau sayuran yang disebutkan di atas memiliki sifat asam yang tinggi di dalamnya. Hal tersebut akan meningkatkan asam lambung bagi tubuh yang rentan terhadap Vitamin C.

DAPATKAN SUPLEMEN VITAMIN C 1000 DI SESA.ID

Meski demikian, perlu digarisbawahi bahwa tidak semua sayur dan buah mengandung Vitamin C yang tinggi. Terdapat beberapa sayur dan buah yang mengandung Vitamin C tapi memiliki kandungan asam lebih rendah. Di antaranya pisang, melon, alpukat, pepaya, semangka, paprika, mangga, kembang kol, dan brokoli.

Sementara itu, di pasaran tersedia berbagai macam suplemen Vitamin C dengan dosis yang beragam. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), untuk pria dianjurkan memenuhi kebutuhan dosis Vitamin C per hari dengan jumlah 90 miligram. Sedangkan wanita dosisnya lebih sedikit, yakni 75 miligram.

Vitamin C dengan dosis di atas 2000 miligram seringkali menyebabkan sakit perut dan memicu asam lambung. Suplemen Vitamin C dalam bentuk buffered, esterifikasi, dan multivitamin mineral disebut lebih aman bagi lambung. Meski begitu, belum ada penelitian yang membenarkan pernyataan tersebut.

vitamin c 1000 complex

Vitamin C 1000

Panduan Mengonsumsi Vitamin C yang Aman untuk Lambung

Vitamin C untuk penderita asam lambung harus dipilih secara selektif dan tepat. Hindari penggunaan vitamin C bersamaan dengan makanan yang bersifat asam karena hal tersebut malah memperparah kondisi keasaman yang ada di lambung.

Agar lebih aman, setiap penderita asam lambung sebaiknya dianjurkan berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi sumber makanan kaya Vitamin C maupun suplemen, termasuk suplemen vitamin C.

Berikut ini beberapa tips memilih vitamin C yang aman untuk lambung atau pencernaan

1.Tentukan takaran Vitamin C yang dikonsumsi

Sebagian orang memilih vitamin C berdasarkan dosis yang dimilikinya. Mereka menganggap semakin tinggi dosis maka makin baik buat tubuh. Padahal dosis tinggi bukanlah tolak ukur. Sebaiknya pilih vitamin C yang mudah diserap setidaknya dengan takaran 250 miligram per hari.

2. Pilih Vitamin C dengan tingkat keasaman rendah

Umumnya vitamin C mengandung pH sekitar 3 hingga 4. Hal ini tergolong sangat asam untuk dicerna lambung sehingga bisa menyebabkan rasa perih di bagian lambung.

Sebaiknya pilih vitamin C dengan tingkat keasaman setidaknya dengan kadar 6 atau mendekati 7. Semakin tinggi kadar, maka suplemen vitamin C semakin aman untuk dikonsumsi.

3. Pilih Vitamin C yang mengandung oksalat rendah

Oksalat merupakan salah satu zat yang terkandung dalam vitamin C. Zat ini bisa mengendap di area organ ginjal jika tidak terserap oleh tubuh. Apabila oksalat menumpuk terlalu banyak di ginjal maka hal tersebut bisa mengakibatkan batu ginjal.

Oleh karena itu perhatikan kembali kandungan vitamin C yang kamu konsumsi. Pastikan kadar oksalat di dalamnya rendah sehingga aman buat organ dalam seperti ginjal

4. Jangan lupa mengisi perut sebelum konsumsi Vitamin C

Banyak ahli kesehatan yang memberikan tips aman mengonsumsi Vitamin C. Salah satu diantaranya adalah dengan menganjurkan untuk selalu mengisi perut terlebih dahulu sebelum mengonsumsi Vitamin C. Hal ini dilakukan agar lambung sudah memiliki dasar berupa makanan, yang nantinya akan melindunginya dari sifat asam yang berasal dari Vitamin C.

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/kebutuhan-vitamin-c-per-hari/

https://www.livestrong.com/article/380506-the-best-vitamin-c-dosage-for-adults/

Minum Vitamin C Bikin Asam Lambung Naik, Mitos atau Fakta?