fbpx
Skip to content
Home » Blog » Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui sangat besar. Salah satunya dipercaya memperlancar produksi ASI. Sehingga bayi cepat kenyang dan mengurangi rewel.

Air Susu Ibu sendiri memiliki manfaat luar biasa untuk bayi. Menjadi sumber makanan utama setidaknya sampai 6 bulan pertama kehidupan. Didalamnya terkandung berbagai zat nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan.

Tiap 100 gram almond mengandung kalori sebanyak 39,3 kemudian protein 1,05 gram, lemak 2,52 gram dan karbohidrat 3,43 gram. Vitamin E sebagai salah satu antioksidan, kalsium 37%, kalium 4%, magnesium 4%, ribovlafin 2% serta fosfor 2% dari angka kecukupan gizi harian.

Untuk itu penting memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dengan makanan dan minuman berkualitas. Mengapa dipilih susu Almond, sebab kacang satu ini memiliki banyak nutrisi bermanfaat, rendah kalori dan rasanya juga enak.

BELANJA SUSU ALMOND SEGAR DI SUPERMARKET SEHAT SESA.ID

7 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Bagi Sahabat Sehat yang menginginkan produksi ASI lancar tiap hari bisa langsung coba mengonsumsi susu Almond. Setidaknya ada 7 manfaat yang bisa didapat selain kandungan vitamin dan kalsium didalamnya, seperti berikut ini.

  1. Meningkatkan produksi ASI

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui paling utama adalah meningkatkan produksi ASI. Ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Asam lemak omega-3 ini mampu merangsang hormon untuk memperbanyak kuantitas.

Selain produksi secara kuantitas, kualitasnya juga mengikuti. Dengan rutin mengonsumsi susu nabati ini Air Susu Ibu jadi lebih kaya nutrisi untuk perkembangan bayi. Sehingga si kecil menjadi lebih sehat jauh dari penyakit.

BACA JUGA: 15 Khasiat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Janin

  1. Memperbaiki rasa

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui dipercaya mampu meningkatkan kualitas dari segi rasa. Lebih gurih, layaknya mengonsumsi kacangnya langsung. Selain itu susu yang dihasilkan lebih kental, ini menjadi salah satu motivasi bayi untuk semangat menyusu.

Susu nabati umumnya memiliki rasa kurang friendly untuk sebagian orang. Namun tidak demikian dengan jika bahan pembuatnya adalah kacang almond. Selain rasa original, saat ini banyak tersedia berbagai varian rasa seperti cokelat, blueberry dan sebagainya.

Susu Kacang Almond Vanila

Susu Almond

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kacang almond memiliki kandungan antioksidan tinggi. Senyawa ini mampu menangkal radikal bebas dari lingkungan yang mengancam kesehatan, dimana kondisi tubuh masih sangat rentan terhadap berbagai faktor penyebab penyakit.

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui tidak hanya dirasakan orang tua tetapi juga oleh bayi. Keduanya akan lebih kebal, tidak mudah sakit bahkan mempercepat proses pemulihan ibu pasca melahirkan.

  1. Tidak mengandung laktosa

Solusi bagi Sahabat Sehat yang lactose intolerance atau alergi terhadap laktosa. laktosa ini biasa ada pada produk susu sapi. Salah satu tanda alergi adalah muncul ruam merah pada kulit.

Ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun anak kecil bahkan bayi juga bisa. Pada anak-anak kondisi ini bisa mengancam pertumbuhannya. Maka bisa dialihkan dengan mengonsumsi produk bebas laktosa.

  1. Memperkuat tulang

Bukan hanya memiliki kandungan antioksidan dan vitamin saja tetapi juga mengandung kalsium dan fosfor. Kalsium serta fosfor merupakan senyawa penting yang turut menyusun dan memperkuat jaringan tulang.

Kalsium diperlukan bagi wanita khususnya karena mampu mencegah risiko osteoporosis. Manfaat susu almond untuk ibu menyusui bagi bayi yang mengonsumsi air susu ibu juga sama, dimana kepadatan tulang jadi lebih optimal serta menunjang pertumbuhannya.

BACA JUGA: Susu Organik atau Susu Sapi Biasa, Mana yang Lebih Sehat?

  1. Mengatasi peradangan serta stress

Peradangan dapat diakibatkan karena adanya zat asing masuk ke dalam tubuh. Contohnya bakteri dari lingkungan sekitar yang kotor, masuk dalam tubuh, menginfeksi dan menyebabkan sakit.

Ini bisa ditangkal oleh salah satu kandungan susu almond yaitu vitamin E sebagai antioksidan. Tentu juga didukung dari komposisi nutrisi lainnya yang masuk kategori optimal.

Stress banyak indikasinya seperti mudah lelah, wajah tampak lebih kusam, kulit lebih keriput, rambut kering. Ini disebabkan nutrisi dalam tubuh kurang terpenuhi, sel-sel rusak tidak terganti dengan optimal. Kondisi ini juga bisa diatasi oleh senyawa antioksidan.

Lebih lanjut, manfaat susu almond untuk ibu menyusui adalah mencegah risiko kanker. Pertumbuhan sel abnormal dapat ditekan karena senyawa serta zat nutrisi yang optimal didapatkan oleh tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam kadar cukup menurut angka kecukupan gizi harian efektif membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A penting, mengingat wanita semakin bertambah usia kualitas penglihatannya terjadi penurunan.

Efeknya dirasakan juga oleh bayi yang menyusu. Kualitas penglihatan optimal sangat dibutuhkan oleh bayi dan anak-anak untuk menunjang proses belajarnya. Mengonsumsi susu almond secara rutin meski diperoleh dari ibu efektif mencegah penyakit mata degeneratif.

Dari banyaknya manfaat diatas sudah cukup jadi alasan Sahabat Sehat untuk mulai beralih mengonsumsi susu nabati ini. Tidak perlu takut dengan pertambahan berat badan sebab dijamin rendah kalori.

Jadi cocok sekali untuk Sahabat Sehat yang ingin menjalankan program diet sehabis melahirkan, namun tidak ingin mengurangi kualitas ASI yang dihasilkan.

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-susu-almond-untuk-ibu-menyusui