fbpx
Skip to content
Home » Blog » DHA adalah Zat Gizi Penting untuk Otak Anak serta 12 Manfaat Lainnya

DHA adalah Zat Gizi Penting untuk Otak Anak serta 12 Manfaat Lainnya

DHA adalah Zat Gizi Penting untuk Otak Anak

Asam docosahexaenoic, atau DHA, adalah jenis lemak omega-3. Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan pematangan otak. Asam lemak omega-3 rantai panjang, asam docosahexaenoic (DHA), adalah lipid utama di otak yang diakui penting untuk fungsi otak normal.

Pada hewan, DHA otak yang rendah menyebabkan gangguan belajar dan perilaku. Pada bayi, DHA penting untuk perkembangan visual dan kognitif yang optimal. Asupan DHA yang biasa di kalangan balita dan anak-anak rendah dan beberapa penelitian menunjukkan peningkatan kognisi dan perilaku sebagai hasil dari suplementasi dengan asam lemak tak jenuh ganda termasuk DHA.

Kenapa DHA penting untuk bayi

Seperti asam lemak omega-3 eicosapentaenoic (EPA), DHA banyak terdapat pada ikan berminyak, seperti salmon dan teri. Tubuh Sahabat sehat hanya dapat membuat sedikit DHA dari asam lemak lain, jadi Sahabat sehat perlu mengonsumsinya langsung dari makanan atau suplemen.

Bersama-sama, DHA dan EPA dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung. Dengan sendirinya, DHA mendukung fungsi otak dan kesehatan mata.

DAPATKAN SUPLEMEN KESEHATAN DHA DAN EPA DI SESA.ID

Manfaat DHA dan EPA

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Lemak omega-3 umumnya direkomendasikan untuk kesehatan jantung. Sebagian besar penelitian menguji gabungan DHA dan EPA daripada secara individual. Beberapa penelitian yang menguji DHA saja menunjukkan bahwa itu mungkin lebih efektif daripada EPA untuk meningkatkan beberapa penanda kesehatan jantung.

Dalam satu penelitian pada 154 orang dewasa yang obesitas, dosis harian 2.700 mg DHA selama 10 minggu meningkatkan indeks omega-3 – penanda kadar omega-3 dalam darah yang terkait dengan penurunan risiko kematian terkait jantung mendadak – sebesar 5,6%.

BACA JUGA: Mengenal Whey Protein Manfaat serta Dosis Konsumsi Yang Aman

  1. Memperbaiki ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) – ditandai dengan perilaku impulsif dan kesulitan berkonsentrasi – umumnya dimulai pada masa kanak-kanak tetapi sering berlanjut hingga dewasa. Sebagai lemak omega-3 utama di otak, DHA membantu meningkatkan aliran darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak dan orang dewasa dengan ADHD umumnya memiliki kadar DHA darah yang lebih rendah.

Dalam ulasan baru-baru ini, tujuh dari sembilan penelitian yang menguji efek suplemen DHA pada anak-anak dengan ADHD menunjukkan beberapa peningkatan – seperti yang berkaitan dengan perhatian atau perilaku.

Anak-anak dan orang dewasa dengan ADHD umumnya memiliki kadar DHA dalam darah yang lebih rendah, yang memainkan kunci berperan dalam fungsi otak. Sebagian besar penelitian menguji efek DHA suplemen pada anak-anak dengan ADHD telah menunjukkan manfaat untuk perilaku atau perhatian.

Ultra Omega-3

NOW Ultra Omega 3 – EPA / DHA

  1. Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur Dini

Melahirkan bayi sebelum 34 minggu kehamilan dianggap sebagai kelahiran prematur dini dan meningkatkan risiko masalah kesehatan bayi. Analisis dari dua penelitian besar menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 600-800 mg DHA setiap hari selama kehamilan mengurangi risiko kelahiran prematur dini lebih dari 40% di AS dan 64% di Australia, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan placebo.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan Sahabat sehat mendapatkan jumlah DHA yang cukup saat hamil – baik melalui diet, suplemen, atau keduanya.

Untuk mencapai tingkat ini, wanita hamil disarankan untuk makan 8 ons (226 gram) ikan rendah merkuri dan kaya omega-3 setiap minggu. Sementara banyak wanita mengonsumsi vitamin prenatal, perlu diingat bahwa beberapa produk kekurangan DHA, jadi pastikan untuk membaca labelnya dengan cermat.

Carlson Mothers DHA

CARLSON Mothers DHA

  1. Melawan Peradangan

Lemak omega-3 seperti DHA memiliki efek anti-inflamasi. Meningkatkan asupan DHA Anda dapat membantu menyeimbangkan kelebihan lemak omega-6 inflamasi yang khas dari diet Barat yang kaya akan kedelai dan minyak jagung.

Sifat anti-inflamasi DHA dapat mengurangi risiko penyakit kronis yang umum terjadi seiring bertambahnya usia, seperti penyakit jantung dan gusi, dan meningkatkan kondisi autoimun seperti rheumatoid arthritis, yang menyebabkan nyeri sendi.

BACA JUGA: Obesitas Pada Anak: Penyebab, Cara Mencegah dan Penyakit yang bisa Menyertai

  1. Mendukung Pemulihan Otot Setelah Latihan

Olahraga berat dapat memicu peradangan dan nyeri otot. DHA – sendiri atau dalam kombinasi dengan EPA – dapat membantu mengurangi nyeri otot dan keterbatasan rentang gerak setelah berolahraga, sebagian karena efek anti-inflamasinya (24, 25).

Dalam sebuah penelitian, 27 wanita yang mengonsumsi 3.000 mg DHA setiap hari selama seminggu memiliki 23% lebih sedikit nyeri otot setelah melakukan bicep curl dibandingkan kelompok plasebo (24).

Demikian pula, ketika 24 pria dilengkapi dengan 260 mg DHA dan 600 mg EPA setiap hari selama delapan minggu, mereka tidak mengalami penurunan rentang gerak setelah latihan penguatan siku, sedangkan pria dalam kelompok plasebo mengalami penurunan 18%.

  1. Membantu Beberapa Kondisi Mata

Tidak pasti apakah DHA dan lemak omega-3 lainnya membantu degenerasi makula terkait usia seperti yang diperkirakan sebelumnya, tetapi mereka dapat memperbaiki mata kering dan penyakit mata diabetes (retinopati).

Terlebih lagi, dua penelitian terbaru menunjukkan bahwa DHA dapat mengurangi ketidaknyamanan lensa kontak dan risiko glaukoma. Selain itu, 500 mg DHA dan 1.000 mg EPA setiap hari selama tiga bulan menurunkan tekanan mata pada orang sehat sebesar 8%. Tekanan mata yang meningkat merupakan faktor risiko glaukoma, penyakit yang secara bertahap mengikis penglihatan

  1. Dapat Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

Peradangan kronis merupakan faktor risiko kanker. Asupan lemak omega-3 yang lebih tinggi seperti DHA telah dikaitkan dengan risiko beberapa kanker yang lebih rendah, termasuk kanker kolorektal, pankreas, payudara, dan prostat.

DHA dapat membantu mengurangi risiko kanker melalui efek anti-inflamasinya. Studi sel juga menunjukkan bahwa itu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

BACA JUGA: 15 Manfaat Minyak Ikan Untuk Bayi, Apa Saja?

  1. Dapat Membantu Mencegah atau Memperlambat Penyakit Alzheimer

DHA adalah lemak omega-3 utama di otak Anda dan penting untuk sistem saraf fungsional, termasuk otak Sahabat sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan penyakit Alzheimer memiliki kadar DHA yang lebih rendah di otak mereka daripada orang dewasa yang lebih tua dengan fungsi otak yang baik.

Bukti menunjukkan bahwa DHA dan suplemen omega-3 lainnya mungkin paling bermanfaat sebelum fungsi otak menurun secara signifikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Menurunkan Tekanan Darah dan Mendukung Sirkulasi

DHA mendukung aliran darah yang baik, atau sirkulasi, dan dapat meningkatkan fungsi endotel — kemampuan pembuluh darah untuk melebar.

DHA mengurangi tekanan darah diastolik (angka bawah pembacaan) rata-rata 3,1 mmHg, sementara EPA mengurangi tekanan darah sistolik (angka atas pembacaan) rata-rata 3,8 mmHg.

Meskipun tekanan darah sistolik yang meningkat merupakan faktor risiko yang lebih besar untuk penyakit jantung daripada tekanan diastolik untuk orang di atas 50 tahun, peningkatan tekanan darah diastolik juga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

  1. Membantu Perkembangan Otak dan Mata Normal pada Bayi

DHA sangat penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi. Organ-organ ini tumbuh dengan cepat selama trimester terakhir kehamilan wanita dan beberapa tahun pertama kehidupan.

Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk mendapatkan DHA yang cukup selama kehamilan dan saat menyusui.

Kid's Chewable DHA 100 Mg NOW

Kid’s Chewable DHA 100 Mg NOW

  1. Mendukung Kesehatan Reproduksi Pria

Hampir 50% kasus infertilitas disebabkan oleh faktor kesehatan reproduksi pria, dan asupan lemak makanan telah terbukti mempengaruhi kesehatan sperma. Faktanya, status DHA yang rendah adalah penyebab paling umum dari sperma berkualitas rendah dan sering ditemukan pada pria dengan masalah subfertilitas atau ketidaksuburan.

Mendapatkan DHA yang cukup mendukung vitalitas (persentase sperma yang hidup dan sehat dalam air mani) dan motilitas sperma, yang berdampak pada kesuburan.

  1. Dapat Membantu Melindungi Kesehatan Mental

Hingga 20% orang Amerika hidup dengan depresi ringan sementara 2-7% mengalami depresi berat. Mendapatkan DHA dan EPA dalam jumlah yang cukup dikaitkan dengan penurunan risiko depresi.

DHA adalah lemak omega-3 yang harus Sahabat sehat konsumsi dari makanan, suplemen, atau keduanya, karena tubuh Anda tidak memproduksinya dalam jumlah banyak.

Ini dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker tertentu, penyakit Alzheimer, depresi dan kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis. DHA juga penting untuk kesehatan sperma dan kehamilan yang sehat, termasuk penurunan risiko kelahiran prematur dan perkembangan otak dan mata bayi yang tepat. Pada anak-anak, ini dapat memperbaiki gejala ADHD.

Untuk kesehatan umum yang baik, bidik 200-500 mg DHA plus EPA setiap hari dari makanan, suplemen, atau keduanya.  Sementara penelitian ini tidak membuktikan sebab dan akibat, penelitian lain menunjukkan cara-cara di mana DHA dan EPA dapat mengurangi risiko depresi.

DHA dan EPA membantu serotonin, pembawa pesan saraf yang dapat membantu menyeimbangkan suasana hati Anda. Efek anti-inflamasi dari lemak omega-3 ini pada sel saraf juga dapat mengurangi risiko depresi.

https://www.healthline.com/nutrition/dha-benefits#

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23877090/

Gambar

pexls.com

sesa.id