Home » Blog » Ternyata Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil Itu Banyak

Ternyata Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil Itu Banyak

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Kenali dengan baik, apa manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil, bahan ini dikenal baik bagi kesehatan juga aman dikonsumsi bagi janin. Kacang kedelai sudah menjadi bahan umum, dan sering diolah oleh masyarakat asia untuk diolah menjadi makanan maupun minuman.

Salah satu makanan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah, tahu dan tempe. Namun tidak banyak masyarakat tau, bahwa jenis polong-polongan ini memiliki banyak manfaat khususnya bagi ibu hamil, yang dapat menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Jika Sahabat Sehat merasa bingung ingin mengonsumsi menu yang tepat saat sedang hamil, maka kacang kedelai bisa menjadi bahan makanan yang cocok. Masih banyak jenis kacang-kacangan lain, yang bisa menjadi inspirasi dalam mengolah makanan yang tepat saat sedang mengandung.

DAPATKAN KACANG ORGANIK DI SESA

Berbagai Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil

Saat sedang mengandung, biasanya kita lebih sensitif dalam memilih makanan. Ada beberapa makanan yang tidak nyaman untuk dikonsumsi, bahkan membuat ibu hamil merasa mual. Kondisi ini memang wajar terjadi, dan kacang kedelai bisa menjadi solusi untuk mengatasi itu semua.

1. Gula Darah Lebih Terkontrol

Dengan mengonsumsi jenis polong-polongan ini, maka manfaat bisa didapatkan adalah gula darah menjadi lebih terkendali. Penelitian sudah menyatakan, bahwa mengonsumsi kacang kedelai sebagai asupan harian, membuat kadar gula darah dan kolesterol menjadi lebih stabil.

BACA JUGA: Kenali Perbedaan Olahan Kedelai Non-GMO dan GMO

Ada beberapa ibu hamil, yang lebih sering mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi yang biasanya disebabkan, karena bawaan hormon atau memang hanya mengikuti kemauan lidah. Jika tidak dibatasi, maka akan berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Kacang Kedelai Kuning Organik

Kacang Kedelai Kuning Organik

2. Sumber Lemak Nabati

Manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil berikutnya adalah menjadi sumber lemak nabati, jika kadar lemak ini tercukupi di dalam tubuh, maka zat ini bisa menjadi lawan bagi kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga gejala disebabkan oleh kolesterol tinggi tidak akan terjadi.

3. Sumber Karbohidrat dan Protein

Dengan mengonsumsi jenis polong-polongan ini, maka Sahabat Sehat bisa menjadikannya sebagai sumber karbohidrat dan protein.

Karbohidrat memang dikenal baik bagi kesehatan, karena bisa menjadi sumber energi, terlebih lagi Sahabat Sehat membawa janin yang juga membutuhkan asupan energi.

Kacang kedelai juga terkenal kaya akan protein, yang dapat mendukung pertumbuhan janin dan melengkapi nutrisi dan gizi ibu hamil.

4. Membantu Kelahiran

Manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil lainnya adalah, dapat membantu proses kelahiran jika Sahabat Sehat selalu menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi saat berada di fase hamil muda, dimana rasa mual lebih tinggi diikuti gejala-gejala lainnya.

BACA JUGA: Perlu Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak, Ini Alasannya!

Menu Olahan Kacang Kedelai yang Bisa Menjadi Inspirasi

Biasanya ibu hamil malas dan bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, maka dari itu kami akan memberi beberapa inspirasi menu olahan kacang kedelai. Yang barangkali bisa Sahabat Sehat coba masak di rumah, atau beberapa makanan ini juga bisa dibeli secara langsung.

1. Pudding

Pudding bisa menjadi snack yang pas untuk dimakan di siang hari, cara mengolahnya juga cukup mudah. Pertama siapkan bubuk agar-agar plain, 1 liter susu kedelai, garam, gula pasir dan buah kaleng dingin, lalu masukkan semua bahan ke dalam panci, kecuali buah-buahan segar.

Masak dengan api kecil hingga mendidih, tunggu beberapa saat dan pudding bisa dituangkan. Untuk menambah kesegaran, Sahabat Sehat bisa menambahkan buah-buahan segar diatas pudding, jika suhu sudah stabil dan tidak terlalu panas, dan bisa dimakan saat sudah dingin.

2. Nugget

Beragam manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil, juga bisa Sahabat Sehat dapatkan melalui nugget yang berasal dari olahan kacang kedelai ini. Siapkan 500 gr ampas kedelai, tepung terigu, telur, garam, penyedap rasa, lada dan tepung roti panir.

Lalu masukkan semua bahan ke dalam satu wadah, kecuali tepung roti panir. Lalu kukus selama 30 menit dan diinginkan lalu potong-potong. Kemudian buatlah tepung terigu yang akan menjadi pencelup, masukan nugget ke dalam pencelup dan lapisi dengan tepung roti panir lalu goreng.

3. Tempe dan Tahu

Menu olahan berikutnya adalah tempe dan tahu, tentu Sahabat Sehat sudah tidak asing lagi bukan dengan kedua makanan ini.

Untuk bahan makanan satu ini, Sahabat Sehat bisa mendapatkannya dengan mudah. Sahabat Sehat bisa membuat oseng tempe, lodeh tempe tahu, gulai, tahu tempe bumbu bali dan lainnya.

Berbagai Sumber Vitamin Terkandung pada Kacang Kedelai

Masih banyak lagi olahan dari jenis polong-polongan ini, yang bisa dikreasikan dari rumah. Saat sedang mengandung, ibu hamil memang lebih picky dalam memilih menu untuk dikonsumsi, namun jangan hanya memikirkan kemauan lidah saja, perhatikan juga nutrisi dan gizinya.

Akan lebih baik jika Sahabat Sehat bisa membuat rencana menu makanan, yang akan dikonsumsi selama seminggu ke depan. Sehingga tidak perlu pusing lagi, ingin makan apa hari ini. Peran suami juga dibutuhkan, karena beberapa ibu hamil lebih memilih tidak makan karena merasa mual.

Sahabat Sehat bisa menjadikan kacang kedelai sebagai kreasi, karena cukup banyak menu yang dapat diolah dari bahan tersebut. terlebih lagi bahan ini juga dikenal, kaya akan sumber vitamin B1, A dan E yang sangat dibutuhkan saat mengandung.

Untuk menghindari rasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, maka Sahabat Sehat bisa memilih menu makanan lain seperti olahan daging, ikan, udang, kacang hijau, kacang merah dan bisa mendapatkannya melalui Apps di Playstore dan Appstore Sesa.id yang sudah terpercaya menyediakan bahan makanan segar.

Jaga kesehatan dan konsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan, karena makanan yang masuk ke dalam tubuh, sangat berpengaruh pada perkembangan janin serta kesehatan ibu hamil. Dengan mengenal manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil, jadikan bahan ini sebagai menu.

  1. https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-susu-kedelai-untuk-ibu-hamil
  2. https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-593149060/enam-manfaat-kacang-kedelai-untuk-ibu-hamil-ternyata-tidak-disangka-sangka-banyak-yang-belum-tahu?page=2
  3. https://www.morulaivf.co.id/manfaat-kacang-kedelai-untuk-ibu-hamil/#:~:text=Pada%20kacang%20kedelai%20ternyata%20ada,kebutuhannya%20selama%20masa%20persiapan%20hamil

 

Sumber Gambar: 

sesa.id

pexels.com