Home » Blog » 15 Khasiat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Janin

15 Khasiat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Janin

Ternyata tidak banyak yang tahu tentang khasiat kacang almond untuk ibu hamil padahal manfaatnya cukup luar biasa. Jadi kami merasa perlu untuk memberikan informasi mengenai asupan satu ini.

Sejarah singkat bagi yang belum tahu bahwa almond ini berasal dari iran dan negara di dekatnya. Masuk ke Indonesia pada masa VOC dan menjadi salah satu komoditas cukup berharga sampai sekarang.

Dari sains modern sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kacang ini memiliki banyak manfaat terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Jadi akan kita bahas semua agar Sahabat Sehat mendapatkan insight berharga.

Konsumsi bahan satu ini juga cukup bagus dijadikan sebagai salah satu substitusi susu. Karena protein dan kandungan lainnya dari bahan tersebut optimal bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu.

DAPATKAN SUSU KACANG ALMOND SEGAR DI SESA.ID

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Ada lebih sebenarnya dari lima belas saja manfaat kacang almond ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun kami akan berikan lima belas list paling bagus sebagai referensi bagi Sahabat Sehat para konsumen.

1. Antioksidan tinggi

Almond kaya akan vitamin e yang menjadi salah satu bahan antioksidan tinggi. Jadi ketika dikonsumsi secara rutin bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap radikal bebas lingkungan.

BACA JUGA: 5 Tips Membeli Susu Almond Pelancar ASI Bekualitas

Apalagi pada saat hamil kekuatan tubuh untuk mitigasi masuknya zat berbahaya dari luar cukup lemah. Sehingga kita bisa menggunakannya sebagai salah satu cara paling optimal.

Susu Kacang Almond Original

Susu Kacang Almond Original

2. Menstabilkan tekanan darah

Masalah tekanan darah bisa menjadi sangat fatal ketika dialami oleh orang hamil. Oleh karena itu kita perlu asupan yang bisa digunakan untuk menstabilkannya pada masa kehamilan tersebut.

Selain mampu menstabilkan ternyata konsumsi kacang almond untuk ibu hamil secara rutin juga mampu menjadi salah satu peningkat kelancaran. Jadi ini perlu kita jadikan pertimbangan penting untuk kesehatan ibu dan janin.

3. Menjaga ketersediaan energi

Ketersediaan energi merupakan salah satu aspek paling krusial pada masa kehamilan seorang wanita. Hal ini terjadi karena dia harus mensuplai dua tubuh sekaligus dalam satu waktu.

Konsumsi bahan makanan tinggi protein dan energi seperti kacang almond bisa menjadi solusinya. Jadi pada masa kehamilan Sahabat Sehat tidak akan mudah lemas dan tubuh lebih tahan.

Susu Kacang Almond Coklat

Susu Kacang Almond Coklat

4. Menyehatkan tulang

Kasus osteoporosis atau pengeroposan tulang paling sering terjadi pada wanita hamil. Hal tersebut terjadi karena mereka memiliki kebutuhan suplai kalsium cukup tinggi.

Konsumsi kacang almond dalam frekuensi yang bagus bisa menjadi salah satu cara untuk mencukupinya. Berbagai kandungan nutrisi lainnya juga cukup bagus untuk dukungan kesehatan tubuh.

5. Menjaga metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh benar-benar harus dijaga pada masa kehamilan karena bisa memberikan dampak buruk. Metabolisme tubuh yang buruk akan berdampak pada lambatnya regenerasi sel.

Sehingga ini juga dapat berakibat buruk bagi pertumbuhan janin karena lambatnya pergantian sel tersebut. Oleh karena itu asupan makanan yang bisa menjaga metabolisme sangat penting.

BACA JUGA: 4 Manfaat Almond Oil untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

6. Melancarkan pencernaan

Asupan makanan yang salah pada masa kehamilan terkadang menjadi salah satu pemicu mengapa sembelit sering terjadi. Kacang almond memiliki kandungan fiber cukup tinggi sebagai solusi.

Adanya kandungan fiber tersebut tentu saja dapat membantu melancarkan pencernaan. Jadi rutinitas untuk buang air besar akan tetap terjaga untuk mendukung metabolisme tubuh.

7. Menurunkan kolesterol jahat

Kandungan lemak tidak jenuh pada bahan satu ini dapat menjadi solusi menurunkan kolesterol jahat. Jadi kolesterol baik yang terdapat didalamnya akan diikat oleh tubuh dan digunakan secara optimal.

Sistem seperti ini jika dapat dijaga secara konsisten akan memberikan banyak dampak positif. Apalagi jika konsumsi kacang almond untuk ibu hamil terjaga sehingga nutrisi tercukupi.

8. Asupan protein yang bagus

Kacang-kacangan terutama almond merupakan asupan protein yang bagus untuk ibu hamil. Kandungan fiber tinggi di dalamnya membuat ini tetap aman dikonsumsi secara frekuentif.

Jika kecukupan akan protein terpenuhi artinya perkembangan otak janin juga bisa berjalan optimal. Nantinya ini bisa digunakan sebagai pencegah stunting ketika anak nanti sudah lahir.

Susu Kacang Almond Vanila

Susu Kacang Almond Vanila

9. Meningkatkan imunitas

Penguatan sistem imun tubuh merupakan salah satu hal paling penting dilakukan terutama pada saat kehamilan. Konsumsi secara berkala dari asupan tersebut tentu saja berdampak bagus.

Ada banyak kandungan nutrisi dan mineral yang berkolaborasi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga ini dapat menjadi salah satu asupan paling bagus untuk ibu hamil.

10. Mengurangi potensi kecacatan bayi

Faktor utama yang membuat kecacatan pada bayi adalah kurangnya asupan nutrisi. Apabila Sahabat Sehat mampu mencukupinya ditambah dengan konsumsi almond tentu potensi tersebut akan menurun secara drastis.

11. Mengoptimalkan pertumbuhan otak janin

Pertumbuhan otak pada anak harus kita perhatikan bahkan ketika masih pada masa kehamilan. Adanya asupan bernutrisi tinggi seperti almond dapat menjadi salah satu cara untuk memperolehnya.

12. Substitusi protein primer

Tidak sedikit ibu hamil yang memiliki alergi terhadap dairy product kesulitan mendapatkan asupan protein. konsumsi kacang almond untuk ibu hamil bisa menjadi salah satu substitusi agar kebutuhan tersebut tetap terpenuhi.

13. Tinggi asam folat

Kandungan asam folat yang tinggi pada bahan satu ini dapat menjadi salah satu cara agar ibu hamil tetap kecukupan nutrisi. Hal tersebut juga dapat mendukung kelancaran asi pada ibu menyusui.

14. Optimasi regenerasi sel

Optimasi regenerasi sel adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan. Semakin cepat sel berganti karena kecukupan nutrisi artinya akan semakin sehat juga janin dalam kandungan.

15. Menstabilkan berat badan ibu hamil

Keseimbangan nutrisi yang terkandung dalam bahan tersebut dapat menyeimbangkan berat badan pada masa kehamilan. Jadi ini juga bagus ketika bayi sudah lahir nanti.

Jika bingung mencari kacang almond berkualitas bisa kunjungi langsung sesa.id. Bagi pengguna android akan lebih optimal memasang aplikasi ini dari Playstore dan Appstore agar mencari produk berkualitas dan sehati semakin mudah.

Dengan mengetahui berbagai macam manfaat tersebut tentu sekarang Sahabat Sehat bisa menjadikannya sebagai salah satu asupan. Kacang almond untuk ibu hamil memang bagus dan bisa dikonsumsi secara rutin.

  1. https://www.khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-kacang-almond/
  2. https://www.halodoc.com/artikel/6-manfaat-almond-bagi-ibu-hamil
  3. https://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/makanan-sehat/manfaat-almond-bagi-ibu-hamil

 

Sumber Gambar: 

sesa.id

pexels.id