Home » Blog » Jadi Hobi Masak Selama Pandemi. Coba Buat Aglio Olio Rendah Kalori Ini

Jadi Hobi Masak Selama Pandemi. Coba Buat Aglio Olio Rendah Kalori Ini

aglio olio

aglio olio – Pademic covid-19 belum juga mereda sehingga semua orang harus melakukan aktivitas dari rumah seperti bekerja dan lainnya. Saat seperti ini menjaga makanan juga wajib untuk selalu membuat imun tubuh tetap baik. Jadi, keputusan untuk masak sendiri adalah keputusan yang tepat. Tidak hanya itu, kegiatan di rumah jadi banyak salah satunya seringnya memasak sendiri. 

Nah, kira-kira resep apa yang dapat dicoba, enak tapi sehat? Sahabat sehat dapat mencoba resep Pasta Aglio Olio rendah kalori. Aglio Olio merupakan pasta yang berasal dari Napoli. Aglio dalam bahasa Italia berarti bawang putih sedangkan olio memiliki makna minyak.  

Faktanya meskipun jenis spaghetti ini populer di Italia, ternyata di Amerika Serikat tidak banyak yang tahu. Bentuk pasta aglio olio lebih tipis dan kecil. 

Meskipun praktis, Sahabat Sehat juga harus menyiapkan beberapa hal sebelum membuat pasa aglio olio. Penyajian pasta dapat disesuaikan dengan selera sahabat sehat. 

Kenapa harus pasta? 

Sebelum mengetahui tips memasak pasta aglio olio. Kenapa harus memilih resep pasta untuk dicoba? Pasta mengandung banyak nutrisi bagi kesehatan terutama yang rendah kalio. Karbohidrat yang tinggi merupakan sumber energi paling baik untuk tubuh. Dalam pasta sendiri sudah mengandung karbohidrat sama seperti nasi. Di samping itu, ternyata pasta bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. tentu saja daya tahan tubuh harus kuat agar penyakit tidak masuk ke dalam tubuh. 

Bagi sahabat sehat yang susah sekali untuk menjaga berat badan atau ingin menurunkan berat badan. Pasta Aglio Olio bisa menjadi solusi karena tidak akan menimbulkan naiknya kadar gula darah dalam tubuh serta waktu kenyang akan lebih lama. 

Pasta ternyata dikenal juga sebagai sumber serat karena terdapat kandungan gandum. Dari gandum ini memberikan manfaat sebagai pelancar fungsi pencernaan. Sahabat Sehat bisa mencari pasta dengan bahan dasar gandum atau whole grain pasta

Sahabat Sehat tahu pasta dapat juga mendukung pembentukan sel dalam tubuh. Ini disebakan oleh kandungan asam folat di dalam pasta. Jadi, asam folat berperan untuk membantu produksi DNA dan membawanya ke genetik dalam tubuh. 

Pasta adalah makanan yang tidak hanya enak di rasa tapi juga sehat untuk tubuh. Meski demikian, bukan berarti sahabat sehat juga wajib mengonsumsi pasta dalam jumlah yang banyak. 

Tips memasak pasta Aglio Olio 

Bagaimana cara memasak aglio olio yang benar? Jadi, membuat pasta bukan hanya sekedar menumis saja. Sahabat sehat pasti menginginkan hasil yang enak dan sempurna. 

Pilihan pasta juga beragam dengan banyak manfaat seperti rendah kalori, kandungan fiber tinggi, atau khusus vegan. Pasta memang lebih praktis dan mudah dalam memasaknya. Bagaimana tips memasak pasta aglio olio yang benar dan enak? 

Perhatikan, langkah-langkah membuat pasta aglio olio di bawah ini: 

  1. Panaskan air hingga mendidih di dalam panci
  2. Rebus pasta dan masukkan garam secukupnya 
  3. Siapkan irisan bawang putih dan cabai sambil menunggu pasta masak 
  4. Siapkan wajan dan gunakan minyak zaitun. Panaskan.
  5. Masukkan bawang putih dan cabai. Pastikan tidak terlalu menunggu bawang putih menjadi kecoklatan karena akan mempengaruhi rasa spaghettinya. 
  6. Kemudian masukkan mie ke dalam wajan tumisan tadi 
  7. Tambahkan air rebusan mie sedikit dan masukkan bumbunya. 
  8. Jika sudah matang, angkat pasta. 
  9. Pasta aglio olio siap disajikan. 

Demikianlah tips membuat pasta aglio olio rendah kalori yang enak. Sahabat Sehat bisa juga membuat kombinasi dengan bahan-bahan lain misalnya menambahkan keju atau protein seperti daging, sosis, udang, dan lainnya. 

Referensi:  Klikdokter

Photo by Arpit Rastogi from Pexels