Home » Blog » 4 Perbedaan Daging Sapi Grass-fed dan Grain-fed

4 Perbedaan Daging Sapi Grass-fed dan Grain-fed

perbedaan daging sapi grass fed dan grain fed

Sahabat Sehat yang sering berbelanja di supermarket ataupun senang mengonsumsi beragam olahan daging sapi di restoran ternama pasti mulai tidak asing dengan istilah grass-fed beef dan grain fed beef. Walau sama-sama daging sapi ternyata ada perbedaanya yang cukup signifikan pada daging sapi grass-fed dan grain-fed beef. 

Apa saja perbedaannya, dan bagaimana perbedaan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kita? Mari baca ulasannuya di bawah ini.

Cara Pemberian Pakan

Pada awal kehidupan anak sapi dibiarkan memamah biak pada padang rumput sampai mencapai target berat badan tertentu. Setelah mencapai berat badan tertentu, sapi grass-fed tetap mengonsumsi makanan rumput sedangkan grain-fed diberikan pakan biji-bijian seperti kombinasi antara gandum, jagung, oat, kedelai, atau barley di dalam lapangan yang dibatasi pagar. Sapi grain-fed juga diberikan antibiotik dan hormon pertumbuhan untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Kalori yang Terkandung dalam Daging

Apa yang dimakan sapi dapat secara signifikan mempengaruhi komposisi nutrisi daging sapinya. Ini khususnya terbukti dalam hal komposisi asam lemak. Daging sapi yang diberi makan rumput (grass-fed)  biasanya mengandung lebih sedikit lemak total daripada daging sapi yang diberi makan biji-bijian (grain-fed), yang berarti daging sapi yang diberi makan rumput mengandung lebih sedikit kalori.

Kandungan Asam Lemak

Komposisi asam lemak yang terkandung dalam daging sapi ternyata dapat berpengaruh dari cara pemberian pakannya:

  • Asam tak jenuh tunggal (Monounsaturated Acids) : Daging sapi yang diberi makan rumput mengandung jauh lebih sedikit lemak tak jenuh tunggal daripada daging sapi yang diberi makan biji-bijian
  • Lemak tak jenuh ganda Omega-6 : Daging sapi yang diberi makan rumput dan biji-bijian mengandung asam lemak Omega-6 dalam jumlah yang sangat mirip.
  • Omega-3 : Daging sapi yang diberi pangan rumput mengandung hingga lima kali lebih banyak omega-3
  • Asam linoleat terkonjugasi (CLA) : Daging sapi yang diberi makan rumput mengandung sekitar dua kali lebih banyak CLA dari daging sapi yang diberi makan biji-bijian. Asam lemak ini memberikan beragam untuk manfaat kesehatan yaitu membantu menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas tubuh, serta mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Kandungan Vitamin

Daging sapi yang diberi makan biji-bijian dan rumput merupakan sumber nutrisi yang sangat terkonsentrasi.

Daging sapi kaya akan vitamin B12, B3, dan B6, serta kaya akan zat besi, selenium, dan seng. Faktanya, daging mengandung hampir setiap nutrisi yang kamu butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, daging sapi umumnya juga mengandung protein berkualitas tinggi dan berbagai nutrisi yang kurang dikenal, seperti kreatin dan karnosin, yang sangat penting untuk otot dan otak kamu.

 

Daging sapi yang diberi makan rumput umumnya mengandung jumlah nutrisi tertentu yang lebih tinggi. Dibandingkan dengan daging sapi yang diberi makan biji-bijian, yang diberi makan rumput jauh lebih tinggi dalam vitamin berikut:

  • Vitamin A. Daging sapi yang diberi makan rumput mengandung prekursor karotenoid untuk vitamin A, seperti beta karoten.
  • Vitamin E. Antioksidan ini berada di dalam membran sel dan melindunginya dari oksidasi.
  • Antioksidan lain. Daging sapi yang diberi makan rumput juga cenderung lebih kaya akan antioksidan lainnya.

Lihat juga perbedaannya di bawah ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

Walaupun daging sapi grass-fed memiliki harga yang cukup mahal di pasaran, namun tidak ada salahnya mencoba daging sapi yang kaya akan nutrisi dan manfaat bagi tubuh ini.

Ada banyak menu  yang bisa Sahabat Sehat coba dengan mengolah daging sapi grass-fed menjadi hidangan lezat contohnya daging rendang grass-fed untuk menemani opor ayam organik-mu saat lebaran nanti. Dimana ya mendapatkannya? Tentu saja, semua bahan alami, organik, dan sehat bisa kamu dapatkan untuk dukung #SehatSekarang -mu hanya di sesa.id!

Photo by Eiliv Aceron from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.