Home » Blog » Membuat Stick Kentang Unik dengan Alat Penghancur Kentang

Membuat Stick Kentang Unik dengan Alat Penghancur Kentang

alat penghancur kentang

Kentang merupakan jenis sayuran yang cukup populer dijadikan sebagai bahan stick kentang. Tak hanya berbentuk menyerupai jari telunjuk, saat ini banyak muncul bentuk baru dari stick kentang yang dapat dengan mudah diolah menggunakan alat penghancur kentang sehingga lebih efisien.

Jika sahabat sehat sudah penasaran seperti apa aneka bentuk dari stick kentang yang sekarang sedang populer, mari cari tahu selengkapnya di sini!

Macam Bentuk Alat Penghancur Kentang

Sebelum mengolah kentang, ada baiknya Sahabat Sehat mengetahui terlebih dahulu beberapa alat yang dapat digunakan untuk menghancurkan kentang di antaranya seperti berikut ini:

  • Penghancur Kentang Bentuk Pres

Bentuk pres penghancur kentang ini dapat digunakan untuk melumatkan kentang dengan mudah. Terbuat dari bahan stainless steel, alat penghancur ini memiliki kualitas yang kuat, tidak mudah patah serta dapat digunakan dengan lebih praktis.

  • Penghancur Kentang Bentuk Spiral

Dalam mengolah kentang menjadi perkedel, kue lumpur maupun olahan kentang lainnya tentu akan menyita waktu untuk mengupasnya. Menggunakan penghancur kentang berbentuk spiral ini proses untuk melumatkan kentang menjadi lebih cepat.

Didesain secara khusus, sehingga tidak perlu khawatir akan terluka saat menggunakannya. Selain itu, bentuk spiral dari alat penghancur ini juga lebih awet karena menggunakan material plastik yang tahan dalam waktu lama.

Penggunaanya cukup mudah, tinggal letakkan saja pada kentang yang hendak dihaluskan kemudian tekan secara kuat sampai kentang hancur.

  • Penghancur Kentang Masher

Digunakan sebagai penghancur kentang dengan cara ditumbuk, lengkap dengan handle yang terdapat lubang sehingga penghancur kentang bisa digantung setelah selesai penggunaan. Menghancurkan kentang lebih mudah dan menghasilkan mashed potato secara sempurna.

  • Penghancur Kentang Sederhana

Sama fungsinya untuk menghancurkan kentang, bedanya alat ini lebih sederhana dan terbuat dari bahan alumunium anti karat. Penggunaanya juga kurang lebih sama yakni dengan cara menempatkan kentang dalam wadah kemudian ditekan menggunakan penghancur sederhana ini.

4 Bentuk Stick Kentang Paling Unik

Tidak hanya diolah menjadi perkedel atau mashed potato, kentang juga bisa dijadikan stick. Jika Sahabat Sehat bosan dengan bentuk stick kentang yang itu-itu saja, camilan ini pun semakin berkembang dan kini semakin populer dengan hadirnya berbagai bentuk stick kentang baru seperti di bawah ini:

  • Potato Tornado

Camilan kentang sempat hadir dan viral dengan bentuk menyerupai tornado. Dibuat dengan potongan memanjang yang utuh, melingkar dan tidak putus. Kemudian, potongan kentang tornado ini ditusuk lalu digoreng dan disantap dengan taburan bumbu penambah rasa atau saus.

  • Potato Wedges

Kentang utuh yang seringkali dipotong tebal bersama kulitnya kemudian dibentuk setengah lingkaran lalu dibelah lagi menjadi bagian-bagian kecil pendek. Potongan kentang ini biasa dijadikan pelengkap hidangan misalnya steak ayam, daging panggang atau makanan lainnya.

  • Curly Fries

Menggunakan alat penghancur kentang khusus, bentuk dari camilan kentang yang satu ini terbilang unik dan lucu. Memiliki bentuk ikal serta memanjang, curly fries cukup eksis sebagai makanan ringan di restoran yang menawarkan hidangan cepat saji maupun cafe ala western.

  • Waffle Fries

Mirip seperti waffle, namun ini merupakan kentang. Dibuat dengan pola kotak-kotak berlubang menggunakan alat penghancur kentang khusus yang bergelombang sehingga tercinta bentuk serupa waffle.

 

Sekarang Sahabat Sehat bisa mempraktekkan sendiri membuat 4 jenis bentuk stick kentang menggunakan alat penghancur kentang di rumah. Sahabat sehat bisa memilih kentang organik sebagai bahan membuat stick kentang yang sehat dan bisa didapatkan melalui sesa.id.

 

Referensi: Sasa

Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay