Home » Blog » 7 Manfaat Kentang Kukus untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

7 Manfaat Kentang Kukus untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

manfaat kentang rebus untuk ibu hamil

manfaat kentang rebus untuk ibu hamil – Momen hamil tidak hanya menyenangkan, lebih dari itu Ibu hamil juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan janin. Salah satunya dengan mengkonsumsi kentang dengan cara dikukus. Karena manfaat kentang kukus untuk Ibu hamil sangat baik saat dikonsumsi.

Kentang adalah makanan sumber nutrisi karena di dalamnya mengandung karbohidrat yang baik untuk meningkatkan kesehatan rahim. Kentang kukus merupakan olahan yang sangat disarankan untuk Ibu hamil.

Maka dari itu, hindarilah makanan kentang goreng siap saji dengan minyak yang dapat menyebabkan bahaya pada janin karena di dalamnya mengandung pengawet dan penyedap.

Manfaat Kentang Kukus untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi kentang kukus adalah camilan yang sehat bagi Ibu hamil. Selain sehat, di dalamnya terdapat banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa hal yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi yang ada pada kentang kukus mendorong kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan lain. Oleh karena itu, ini memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Membantu Perkembangan Janin

Vitamin A dan C, magnesium, zat besi, kalsium serta potasium yang terkandung dalam kentang kukus penting untuk membantu perkembangan janin.

Kandungan lain yang terdapat dalam kentang membantu menyerap zat besi dari makanan lain yang di dapat sehingga janin dalam kandungan menjadi lebih sehat.

Mencegah Cacat pada Bayi

Manfaat lain yang didapat oleh Ibu hamil mengonsumsi kentang kukus adalah membantu pertumbuhan saraf janin dalam kandungan. Karena kentang mengandung asam folat yang tinggi dan dipercaya mampu mengurangi risiko cacat lahir yang terjadi pada bayi. .

Melawan Kolesterol Jahat

Kandungan vitamin C dan serat banyak terkandung dalam kentang, sehingga dapat membantu tubuh melawan kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara tepat. Saat rutin mengkonsumsi kentang, Ibu hamil akan tetap sehat bersama kandungannya.

Menurunkan Asam Lambung

Saat Ibu hamil merasakan naiknya asam lambung, kentang kukus adalah solusi yang tepat untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit maag.

Pasalnya, jika asam lambung dibiarkan saja, ini akan berisiko buruk bagi kesehatan Ibu dan janinnya.

Sumber Asam Folat yang Baik

Asam folat yang terkandung dalam kentang sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sistem saraf. Mengonsumsi makanan kaya asam folat pada awal kehamilan dapat mengurangi kemungkinan Ibu hamil mengalami risiko keguguran.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Apa itu penyakit kardiovaskular? Kardiovaskular merupakan penyakit jantung dan hipertensi. Pasalnya, kulit kentang mengandung kalium yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi kentang kukus dengan kulitnya mampu mengurangi risiko penyakit tersebut.

Untuk itu, kentang sangat baik dikonsumsi Ibu hamil agar terhindar dari risiko penyakit kronis tersebut. Selain itu, satu kentang yang dimakan bersama kulitnya dapat memberikan 962 miligram potassium yang bermanfaat bagi tubuh Ibu hamil.

Meski manfaat kentang kukus untuk Ibu hamil sangat luar biasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsinya ya, Sahabat Sehat. Salah satunya adalah kandungan karbohidrat yang tinggi di dalamnya.

Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi kentang bisa meningkatkan risiko obesitas yang akhirnya menyebabkan diabetes gestasional. Sebaiknya, saat Sahabat Sehat mengonsumsi kentang, harus diperhatikan jumlahnya atau porsinya agar tidak berlebihan.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi kentang bagi Ibu hamil. Dapatkan manfaat kesehatan lainnya saat mengonsumsi kentang kukus untuk Ibu hamil dan janin secara maksimal.

Dapatkan kentang organik yang jauh lebih sehat, cukup order di sesa.id dan dapatkan manfaatnya secara optimal.

Referensi: Kumparan, Klikdokter