Home » Blog » Ini 6 Jenis Makanan yang Membuat ASI Banyak dan Bergizi

Ini 6 Jenis Makanan yang Membuat ASI Banyak dan Bergizi

makanan yang membuat asi banyak

Bayi butuh asupan ASI yang cukup agar tumbuh kembangnya baik dan daya tahan tubuhnya terbentuk sempurna. Hingga usia 6 bulan, bayi mengonsumsi ASI sebagai asupan makanan utamanya. Produksi ASI pada ibu menyusui ada yang banyak ada juga yang kurang banyak. Jika Sahabat sehat ingin produksi ASI lancar dan berkualitas coba konsumsi makanan yang membuat ASI banyak. Apa saja jenis makanan tersebut? 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang membuat ASI banyak karena kaya antioksidan dan vitamin. Vitamin B kompleks adalah salah satu nutrisi penting dalam sayuran hijau yang membantu memperbanyak produksi ASI. Sayuran hijau yang baik untuk ibu menyusui seperti bayam, daun katuk, brokoli dan lain-lain. Sayuran hijau juga kaya protein yang membantu pembentukan energi ibu menyusui.

Buah Kaya Vitamin A dan C

Kunci dari produksi ASI yang berlimpah adalah daya tahan tubuh ibu menyusui harus prima. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin A dan C dapat mendorong produksi ASI semakin banyak dan berkualitas. Vitamin A dan C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Wortel, kiwi, anggur, jeruk dan apel adalah buah-buahan yang cocok dikonsumsi selama masa menyusui. 

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber zat besi yang sangat efektif dalam meningkatkan produksi ASI. Kacang-kacangan juga kaya protein yang cocok menjadi camilan sehat ibu menyusui. Sebab, ibu menyusui cenderung lebih mudah merasa lapar. Ibu menyusui sebaiknya tidak menahan rasa lapar atau diet agar produksi ASI tidak terganggu dan tetap banyak. Kacang mete, almond, kenari dan jenis kacang-kacangan lain merupakan makanan yang membuat ASI banyak.

Ikan

Ikan termasuk makanan yang membuat ASI banyak. Ikan adalah sumber vitamin B12 yang bermanfaat meningkatkan produksi ASI lebih banyak dan bergizi. Ikan juga kaya akan asam lemak esensial omega 3 dan 6 yang baik dalam meningkatkan kualitas ASI dan menjaga kesehatan ibu menyusui. Ikan tuna, salmon dan sarden jenis ikan yang cocok dikonsumsi sebagai booster ASI. 

Biji-bijian

Biji-bijian berbeda dengan kacang-kacangan ya, Sahabat sehat. Wijen atau biji chia ternyata mengandung nutrisi yang penting untuk ibu menyusui agar produksi ASI melimpah. Wijen dan biji chia mengandung fitoestrogen yang bermanfaat mendorong produksi ASI lebih banyak. Wijen cocok melengkapi seporsi salad sayur. Biji Chia bisa menjadi topping smoothie atau salad buah yang segar. 

Telur

Telur sebagai dapat membantu membuat ASI banyak karena kaya akan protein, kalsium, vitamin A dan vitamin B. Selain itu telur juga mengandung mineral lainnya yang efektif membantu produksi ASI semakin baik. Untuk ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi telur matang maksimal 2 butir per hari. Mengonsumsi telur mentah berisiko terkena bakteri. 

Sahabat sehat, dalam memilih makanan yang membuat ASI banyak sesuaikan dengan kebutuhan kalori dan nutrisi. Mengonsumsi makanan secara berlebihan juga kurang baik. Hindari sumber makanan yang bisa menyebabkan alergi untuk ibu dan bayi. Sahabat sehat bisa konsultasikan pada dokter jika punya riwayat alergi terhadap makanan tertentu. 

Sekarang, Sahabat sehat bisa mendapatkan makanan sehat dan segala kebutuhan ibu menyusui dengan lebih praktis di sini. SESA menyediakan bahan makanan yang membuat ASI banyak, susu ibu menyusui hingga camilan sehat untuk ibu hamil dan menyusui. 

 

Referensi: Orami

Photo by Dalila Dalprat from Pexels