Home » Blog » Belum Banyak Orang Tahu, Ini 7 Manfaat ASI bagi Bayi!

Belum Banyak Orang Tahu, Ini 7 Manfaat ASI bagi Bayi!

manfaat asi bagi bayi

ASI atau air susu ibu merupakan sumber makanan utama bagi bayi sejak lahir hingga berusia 6 bulan. Memasuki usia 6 bulan bayi mulai bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI. Kebutuhan ASI untuk anak sebaiknya terpenuhi hingga usia 2 tahun. Hampir semua orang tahu ASI itu penting, tapi banyak yang belum tahu apa saja manfaat ASI bagi bayi. Mari kita simak apa saja manfaat ASI bagi bayi

Bayi Tidak Mudah Terserang Penyakit

ASI adalah sumber zat antibodi yang sangat penting untuk bayi. Bayi jauh lebih rentan terkena penyakit daripada orang dewasa. Pemberian ASI eksklusif sangat efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Salah satu manfaat ASI bagi bayi yaitu mencegah bayi terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya terbentuk dengan baik. 

Membuat Bayi Semakin Cerdas

ASI kaya akan vitamin, lemak esensial dan mineral yang membantu perkembangan otak bayi lebih optimal. Sehingga, bayi akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Vitamin A, C, D, E, K membantu perkembangan organ dalam tubuh bayi.

Menjaga Berat Badan Ideal Bayi

ASI mengandung karbohidrat, protein, vitamin A dan zat antibodi. Bayi yang mengonsumsi ASI tercukupi kebutuhan kalori dan nutrisinya secara seimbang, sehingga tumbuh kembangnya pun optimal. Manfaat ASI bagi bayi mengurangi risiko obesitas atau kurang gizi, maka berat badan bayi ideal. 

Meningkatkan Efektivitas Vaksin Bayi

ASI mengandung berbagai zat antibodi yang aktif menjaga organ tubuh dari serangan bakteri dan virus. Vaksinasi akan lebih efektif ketika zat antibodi dalam tubuh bayi bisa bekerja secara optimal. Maka, bayi yang mendapat ASI eksklusif dan vaksin lengkap jauh lebih sehat dan tahan terhadap serangan virus dan penyakit. 

Memperkuat Tulang Bayi

Manfaat ASI bagi bayi yang tak kalah penting adalah memperkuat tulang bayi. Dalam ASI terkandung vitamin D, K, zat besi dan kalsium yang berperan dalam pembentukan tulang dan otot bayi. ASI membantu penyerapan vitamin dan mineral sehingga tumbuh kembang bayi lebih optimal. Tak heran jika bayi yang mengonsumsi ASI tubuhnya terlihat lebih kuat.

Mencegah Penyakit Infeksi Pernapasan

Bayi mudah terserang gangguan atau infeksi pernapasan, seperti pilek atau radang tenggorokan. Risiko penyakit pernapasan jauh lebih rendah pada bayi yang mendapat asupan nutrisi dari ASI. Zat antibodi dalam ASI membantu menangkal serangan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan.  

Mengurangi Risiko Gangguan Pencernaan

ASI kaya akan enzim yang menyehatkan pencernaan bayi, di antaranya adalah lysozim dan laktoferin. Kedua enzim tersebut bekerja untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah infeksi bakteri salmonella dan mendukung perkembangan bakteri baik laktobasilus. 

Sahabat sehat agar manfaat ASI bagi bayi lebih maksimal maka ibu menyusui harus mengonsumsi makanan bergizi dan menjalani pola hidup sehat. Utamakan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, vitamin dan mineral untuk meningkatkan kualitas ASI. Selain itu, ASI yang baik bisa dihasilkan dari tubuh ibu menyusui yang sehat. Maka, penting untuk menjaga kesehatan Sahabat sehat agar bayi tetap bisa mendapat ASI berkualitas. 

Supaya manfaat ASI bagi bayi optimal, ibu menyusui dapat mengonsumsi makanan penunjang ASI. Contohnya yaitu susu khusus ibu menyusui atau camilan sehat untuk booster ASI. Semua kebutuhan ibu menyusui dan ibu hamil bisa Sahabat sehat dapatkan di sini. SESA juga menyediakan bahan makanan organik dan sehat yang kaya nutrisi untuk ibu menyusui.  

 

Referensi: Alodokter

Photo by Mart Production