Home » Blog » Baik untuk Tulang dan Gigi, Ini 5 Bahan Makanan Sumber Vitamin D

Baik untuk Tulang dan Gigi, Ini 5 Bahan Makanan Sumber Vitamin D

bahan makan sumber vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin D sangat baik untuk kekuatan tulang serta gigi. Selain itu, vitamin yang larut dalam lemak ini juga dipercaya dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, sehingga sangat baik untuk kekebalan tubuh.

Dengan fungsi pentingnya, dianjurkan untuk mendapat vitamin D setiap harinya. Selain bisa didapat dari berjemur, vitamin D juga bisa diperoleh dari sejumlah bahan makanan baik nabati maupun hewani. Berikut 5 daftar bahan makanan sumber vitamin D yang wajib Sahabat Sehat ketahui.

Kuning Telur

Bahan makanan sumber vitamin D yang pertama adalah kuning telur. Dalam satu buah kuning telur terdapat sekitar 400 IU vitamin D. Selain vitamin, kuning telur juga kaya akan lemak dan mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Selain mudah didapatkan, kuning telur juga mudah diolah dan dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Namun, karena mengandung cukup banyak kolesterol, kuning telur tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari, terutama bagi penderita jantung.

Salmon

Salmon juga mengandung cukup banyak vitamin D. Dalam 100 gram ikan salmon, terdapat sekitar 447 IU vitamin D. Selain itu, salmon juga dikenal sebagai sumber omega-3 dalam jumlah besar. 

Salmon juga termasuk ke dalam golongan ikan eksklusif karena harganya yang cukup tinggi. Namun, Sahabat Sehat tak perlu khawatir, ada sejumlah ikan yang mempunyai kandungan vitamin D setara dengan salmon. Salah satunya ikan tenggiri dan ikan sarden.

Hati Sapi

Hati sapi juga termasuk bahan makanan sumber vitamin D yang baik untuk tubuh. Dalam 3.5 ons hati sapi, terdapat sekitar 50 IU vitamin D. Hati sapi juga mengandung banyak vitamin A, zat besi dan protein yang tak kalah penting dari vitamin D.

Namun, karena kolesterol yang tinggi, hati sapi tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Pengolahannya pun harus diperhatikan. Alih-alih mendapatkan manfaat vitamin D, malah menambah kolesterol dalam tubuh.

Jamur

Tak hanya berasal dari hewani, vitamin D juga bisa diperoleh dari protein nabati, salah satunya jamur. Sayuran ini memiliki pro-vitamin bernama erogasterol yang dapat menyerap vitamin D2 ketika terkena paparan sinar matahari. Vitamin dari sinar matahari itulah yang terkandung dalam jamur.

Sayangnya, karena jamur tak memiliki vitamin D dari sumber lain, tak semua jamur memiliki kandungan vitamin D. Hanya jamur yang dikembangbiakkan di luar ruangan lah yang dapat mensintetiskan vitamin D. 

Gandum

Protein nabati yang menjadi bahan makanan sumber vitamin D selanjutnya adalah gandum. Dalam 29 gram tanaman biji-bijian ini, terdapat sekitar 90 IU vitamin D. Gandum juga mengandung karbohidrat dan protein dengan jumlah kalori rendah.

Untuk mendapat nutrisi vitamin D dari gandum, Sahabat Sehat bisa menemukannya dalam berbagai produk olahan. Seperti sereal atau pun roti gandum. Olahan ini bisa dikombinasikan dengan susu yang juga memiliki kandungan vitamin D cukup banyak.

 

Itu dia 5 bahan makanan sumber vitamin D yang sangat diperlukan bagi tubuh. Selain mudah didapat, bahan makanan di atas juga mudah diolah. Sehingga tak akan merepotkan Sahabat Sehat untuk mendapatkan porsi vitamin D setiap harinya.

Untuk mengurangi kerepotan, Sahabat Sehat juga bisa memesan langsung produk bahan makanan sumber vitamin D di SESA.ID. Selain harganya yang terjangkau, kualitasnya pun terjamin.

 

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels