Home » Blog » Tak Hanya Wortel, Berikut Daftar 8 Bahan Makanan Sumber Vitamin A 

Tak Hanya Wortel, Berikut Daftar 8 Bahan Makanan Sumber Vitamin A

bahan makanan sumber vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Salah satunya untuk kesehatan mata. Namun, tak hanya itu, Vitamin A sebenarnya memiliki fungsi sangat penting untuk kesehatan secara menyeluruh. Diantaranya, membentuk sistem kekebalan tubuh, kulit, pertumbuhan hingga reproduksi.

Karena fungsinya yang sangat penting, dianjurkan bagi tubuh untuk mencerna vitamin A setiap harinya. Selama ini mungkin kebanyakan orang tahu bahwa wortel menjadi bahan makanan sumber vitamin A. Padahal, selain dari wortel, banyak sekali makanan yang mengandung vitamin A. Berikut 10 bahan makanan sumber vitamin A, yang harus Sahabat Sehat catat.

Ubi Jalar

Bahan makanan sumber vitamin A yang pertama adalah ubi jalar. Satu buah ubi jalar bisa mengandung sekitar 1.403 mikrogram vitamin A. Makanan kaya akan karbohidrat ini juga ternyata memiliki vitamin A dalam bentuk beta karoten, yang dipercaya dapat mencegah kanker.

Bayam

Bayam juga memiliki kandungan vitamn A cukup banyak, yaitu sekitar 500 mcg dalam setengah ikat porsinya. Selain kaya akan vitamin A, bayam juga mengandung zat besi yang cukup kompleks, sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Bayam juga kaya akan magnesium yang berperan dalam 300 proses dalam tubuh manusia.

Brokoli

Sayuran hijau lainnya yang bisa menjadi bahan makanan sumber vitamin A adalah brokoli. Jumlah vitamin A yang dikandung brokoli dalam setiap setengah porsinya adalah sekitar 60 mcg. Menariknya, brokoli juga diperkaya dengan 2 vitamin lainnya yang tak kalah penting bagi tubuh, yaitu vitamin C dan K.

Vitamin C dipercaya mampu menangkal tubuh dari berbagai penyakit, sedangkan vitamin K sangat penting untuk tulang dan proses pembekuan darah.

Pepaya

Buah yang satu ini juga sangat kaya akan vitamin A. Dalam 100 gram papaya, terdapat sekitar 1.053 mcg vitamin A. Sama seperti ubi jalar, papaya juga mengandung beta karoten yang tentunya sangat baik untuk mencegah kanker.

Melon

Melon juga menjadi bahan makanan sumber vitamin A. Dalam setengah buah melon, terdapat 135 mcg vitamin A. Selain rasanya yang manis, melon juga digemari karena mengandung anti-oksidan dan vitamin C. Selain langsung dikonsumsi, Sahabat Sehat juga bisa membuat smoothie dari buah berwarna hijau ini.

Ikan

Tak hanya berasal dari protein nabati, vitamin A juga bisa didapatkan dari sumber hewani. Ikan menjadi salah satu yang dikenal memiliki banyak kandungan vitamin A. Banyak sekali ikan yang dapat menjadi bahan makanan sumber vitamin A, seperti tuna, salmon hingga ikan kod.

Dalam satu sendok minyak yang dihasilkan ikan kod, bahkan mengandung 4.080 mcg vitamin A. Dengan kandungan sebanyak ini, sangat dianjurkan memasukkan ikan sebagai daftar menu Sahabat Sehat, ya.

Hati Sapi

Selain ikan, hati sapi juga dikenal kaya akan vitamin A. Hati sapi memiliki vitamin A dalam bentuk retinol sebanyak sekitar 1.207 mcg. Namun, sayangnya karena termasuk ke dalam makanan jeroan, Sahabat Sehat tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi hati sapi setiap hari.

Keju

Makanan olahan yang satu ini juga termasuk ke dalam bahan makanan sumber vitamin A. Dalam 100 gram keju, terdapat vitamin A dalam bentuk betakaroten sebanyak 128 mcg, serta retinol sebanyak 227 mcg. Selain itu, keju juga mengandung banyak kalsium dan zat besi yang juga menjadi nutrisi penting bagi tubuh setiap harinya.

 

Itulah sejumlah bahan makanan sumber vitamin A yang bisa Sahabat Sehat olah setiap harinya. Selain kaya akan vitamin A yang penting bagi tubuh, rasa dari setiap bahan makanan di atas juga sangat beragam dan bisa diolah menjadi makanan lezat yang kaya akan gizi.

Untuk mendapatkan bahan makanan sumber vitamin A tersebut, Sahabat Sehat bisa mnedapatkannya di SESA.ID. Selain kualitasnya terjamin, stoknya sangat lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian Sahabat Sehat.

 

Referensi: Halodoc

Gambar dari Monstera Pexel