Home » Blog » Teliti Sebelum Membeli, Ini Beda Food Chopper dan Food Processor 

Teliti Sebelum Membeli, Ini Beda Food Chopper dan Food Processor 

beda food chopper dan food processor

Peralatan dapur bertenaga listrik semakin banyak diminati karena fungsinya sangat membantu mempercepat proses memasak. Ibu rumah tangga tentu menyambut gembira hal tersebut, memasak jadi lebih menyenangkan. 

Meskipun terdengar sama, ternyata food chopper dan food processor berbeda, lho. Sahabat sehat yang gemar memasak perlu tahu beda food chopper dan food processor agar proses memasak jauh lebih maksimal, alat dapur bertenaga listrik pun semakin awet bila tepat penggunaan. 

Mengenal Food Chopper 

Seperti arti namanya, food chopper merupakan mesin pemotong bahan makanan menjadi bagian kecil dalam waktu cepat. Food chopper hadir dalam dua varian yakni manual dan aliran listrik. Meski begitu, dua varian tersebut tentu dapat membantu Sahabat sehat lebih cepat menyajikan makanan. 

Mengenal Food Processor

Sedangkan food processor merupakan mesin multifungsi, dapat mengiris, mencincang, memotong hingga menggiling bahan makanan yang bersifat kering maupun basah. Food processor sangat cocok bagi Sahabat sehat yang suka bereksperimen di dapur. 

4 Hal Pembeda Food Chopper dan food Processor 

Selain mengenal pengertian kedua alat masak ini, tentu ada beberapa hal yang membedakan food chopper dan food processor yang wajib diketahui. 

1. Berdasarkan Fungsi

Food chopper memiliki fungsi memotong buah dan sayur menggunakan beberapa jenis mata pisau yang bisa disesuaikan dengan besar kecilnya potongan yang diinginkan. Sedangkan Food processor memiliki fungsi lebih dari chopper, yakni dapat digunakan sebagai pemotong, penggiling, penghalus bumbu kering hingga mengolah adonan menjadi kue. 

2. Beda Kapasitas

Food processor memiliki ukuran dimensi wadah atau container lebih besar, dengan kapasitas mencapai 1 liter. Sehingga membuat mesin dapur satu ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bahan makanan yang lebih banyak. 

Sedangkan food chopper memiliki ukuran lebih kecil karena kapasitasnya hanya 350 hingga 500 ml. Food chopper cocok bagi keperluan memasak kurang dari 4 porsi. 

3. Desain

Food chopper tentu lebih simple dan praktis dalam segi desain, sebab melirik kembali fungsinya yang tidak sebanyak food processor. Umumnya terdiri dari 3 bagian, yakni mata pisau, container (wadah) dan chopper elektrik. 

Food processor terdiri dari beberapa komponen yang kompleks, diantaranya dudukan mesin, mata pisau, cakram, grating disc, kontainer dan corong kecil di atas penutup. Banyaknya komponen tentu saja disebabkan perannya yang multifungsi. 

4. Mata Pisau

Food chopper memiliki mata pisau lebih besar, sehingga dapat digunakan memotong berbagai ukuran dan jenis bahan makanan keras dan kering. Chopper memiliki beberapa varian mata pisau yang dapat disesuaikan. 

Hampir sama dengan food chopper, hanya saja mata pisau pada food processor lebih bervariasi dan mudah dibongkar pasang. Tentunya mata pisau yang digunakan untuk mengaduh adonan menjadi kalis tidak akan dimilki food chopper. 

5. Segi Harga

Soal harga tentu tergantung dari keunggulan yang diberikan suatu produk, semakin kompleks fungsi, maka harga yang dibayarkan sedikit lebih besar dengan manfaat yang worth it. Untuk Sahabat sehat yang gemar bereksperimen dan memasak dalam porsi besar, food processor jawabannya. Sebaliknya, food chopper cocok jika hanya memanfaatkan fungsi sebagai pemotong cepat. 

Saat akan membeli, beda food chopper dan food processor dapat dipilah dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Sangat menyenangkan bila proses memasak jauh lebih cepat dan efisien dengan hasil masakan yang lezat dan bervariasi. Kini, semakin banyak produk yang menawarkan kemudahan memasak lewat food processor. Seperti Nutribullet, meluncurkan produk food prosessor sekaligus blender hemat listrik dan bergaransi, kunjungi kemari untuk info selengkapnya.

 

Referensi : Mommies   Daily

Gambar dari Nutribullet