Home » Blog » 30 Daftar Makanan Rendah Kalori yang Bisa Turunkan Berat Badan

30 Daftar Makanan Rendah Kalori yang Bisa Turunkan Berat Badan

makanan rendah kalori

Kebutuhan akan kalori dalam tubuh sangatlah penting bagi tubuh, apa saja makanan rendah kalori yang baik untuk diet?. Tanpa kalori yang cukup, fungsi dan proses di dalam tubuh mustahil berjalan dengan baik. Kalori merupakan energi yang diperoleh dari makanan maupun minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Asupan-asupan tersebut lalu diubah menjadi energi melalui proses metabolisme. Nantinya sisa-sisa kalori yang tidak terpakai akan menjadi energi yang tersimpan di dalam tubuh dalam wujud lemak.

Karena hal itu, kalori-kalori tinggi dalam bentuk lemak tersebut berpotensi bisa meningkatkan berat badan. Jika tidak diiringi dengan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin makan bisa berdampak pada kesehatan.

Bagi yang sedang menjalani program diet, tentu pilihan makanan wajib diperhatikan. Umumnya orang yang sedang menjalani diet akan memilih makanan-makanan rendah kalori. Di antara beragam jenis makanan, ada banyak makanan yang mengandung kalori rendah, yang mana baik untuk menurunkan berat badan.

DAPATKAN MAKANAN SEHAT DAN RENDAH KALORI DI SESA.ID

Berikut adalah deretan makanan rendah kalori yang bisa turutkan berat badan

  1. Apel

Di antara jenis buah-buahan, apel merupakan buah berkalori kalori rendah. Mengonsumsi apel juga cukup untuk mengenyangkan perut, hal ini tentu baik buat seseorang yang sedang dalam program diet. Satu buah apel seberat 125 gram mengandung sekitar 57 kalori beserta 3 gram serat, yang juga baik untuk untuk pencernaan.

Apel Fuji RRC

Apel Fuji

  1. Brokoli

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, brokoli juga dipercaya mampu menurunkan berat badan. Brokoli dikenal sebagai sayuran yang mengandung anti bakteri dan kaya antioksidan, sehingga dapat memperkuat sistem imunitas tubuh. Di dalam 100 gram brokoli hanya mengandung 34 kalori, yang mana tergolong rendah untuk makanan.

  1. Tomat

Tomat merupakan salah satu makanan paling populer. Bisa disajikan dalam keadaan mentah maupun dimasak. Buah ini juga kaya akan nutrisi dan mengandung likopen, yakni zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan melawan peradangan. Tomat memilik jumlah kalori yang rendah. Satu buah tomat hanya mengandung sekitar 27 kalori di dalamnya.

  1. Wortel

Wortel umumnya dianggap sebagai sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Di dalam wortel mengandung beta karoten yang tinggi yang bisa diubah menjadi vitamin A. Vitamin tersebut sangat penting untuk penglihatan. Namun di luar khasiat tersebut, wortel adalah makanan berkalori rendah. Satu wortel seberat 128 gram, hanya mengandung sekitar 53 kalori.

  1. Timun

Tidak hanya sebagai makanan pencuci mulut, timun juga merupakan makanan yang baik untuk orang-orang sedang dalam program diet. Timun mengandung banyak air di dalamnya, sehingga jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak akan terasa mengenyangkan. Satu timun yakni seberat 52 gram Cuma mengadung 8 kalori.

Timun Lokal Organik

Timun Lokal Organik

  1. Kaldu

Kaldu terbagi atas berbagai jenis, meliputi sapi, ayam, dan sayuran. Ketiganya memiliki kalori dan kandungan gizi yang berbeda-beda. Tergantung pada jenis kaldu mana yang dikonsumsi. Umumnya satu mangkuk kuah kaldu atau 240 ml, hanya mengandung sekitaran 7-12 kalori

  1. Kubis

Kubis lazimnya disajikan sebagai pelengkap sup. Tapi tahukah kamu jika kubis merupakan salah satu sayuran dengan kalori rendah? Di dalam kubis seberat 89 gram mengandung sekitar 22 kalori. Dengan jumlah kalori tersebut, kubis sangatlah cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan diet.

  1. Kol

Sama seperti halnya kubis, kol banyak ditemukan dalam menu makanan favorit seperti sup dan sayur. Seperti kebanyakan sayuran, kandungan utama kol adalah serat yang dilengkapi mineral dan vitamin. Kol dikenal sebagai sayuran rendah kalori. Terbukti di dalamnya satu porsi kol 100 gram hanya mengandung sekitar 25 kalori.

  1. Bayam

Sayuran merupakan jenis makanan yang tergolong memiliki kalori rendah. Salah satu sayuran berkalori rendah adalah bayam. Sayuran yang banyak diolah menjadi sup sayur ini juga terkenal akan vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung meliputi vitamin K, Vitamin A, serta folat. Satu porsi bayam seberat 30 gram mengandung hanya sekitar 7 kalori.

  1. Oatmeal

Oatmeal umumnya dikonsumsi sebagai sarapan pagi. Tapi tahukah kamu jika memakan oatmeal tiap hari ternyata punya banyak manfaat kesehatan. Oatmeal tinggi akan serat, sehingga bisa memberikan efek kenyang lebih jika dikonsumsi. Hal tersebut tentu membuat kita hanya mendapatkan sedikit kalori.

  1. Semangka

Semangka dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang tinggi. Karena hal tersebut semangka mampu membantu menghidrasi tubuh. Selain menyegarkan tenggorokan, semangka mengandung vitamin C yang tinggi serta berkalori rendah dimana cocok bagi orang yang sedang menjalani diet. Tiap 100 gram semangja mengandung sekitar 28 kalori.

Semangka Merah

Semangka Merah

  1. Alpukat

Alpukat memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kandungan gizinya melimpah di antaranya terdiri dari bermacam-macam vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Bagi yang sedang menjalankan program diet, alpukat dipercaya bisa menurunkan berat badan serta menekan rasa lapar. Selain itu, mengonsumsi alpukat secara rutin dapat mengurangi jumlah kalori di dalam tubuh.

  1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk masalah pencernaan. Tidak hanya itu, buah manis berwarna oranye ini juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Pepaya juga reltif rendah kalori sehingga baik untuk diet. Satu buah papaya ukuran kecil sekitar 157 gram hanya mengadung 68 kalori.

  1. Selada

Selada mudah ditemui pada lalapan sebagai pelengkap makan utama. Selain kaya akan serat, selada juga merupakan sumber vitamin A,C, dan K. Di luar nutrisi baiknya, selada memiliki kandungan kalori yang tergolong rendah, satu porsi mangkuk selada hanya mengandung 12 kalori.

  1. Kacang Hijau

Makanan berjenis biji-bijian dikenal memiliki beragam vitamin. Di antaranya vitamin C, B, A, mineral sampai serat yang baik untuk pencernaan. Salah satu makanan biji-bijian yang memiliki kalori rendah adalah kacang hijau. Secangkir kacang hijau yang telah direbus hanya mengandung sekitar 44 kalori.

  1. Tahu

Tahu merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Di dalamnya pun mengandung cukup banyak air dan mineral. Tahu relatif memiliki kalori yang rendah sehingga cocok bagi yang sedang menjalankan program diet. Tahu sebaiknya dimasak dengan cara direbus, karena setiap satu porsi tahu hanya memuat 80 kalori.

Tahu Organik

Tahu Organik

  1. Blewah

Blewah kerap ditemukan dalam campuran es buah serta memberikan beragam manfaat, mulai dari sembelit dan mencegah diabetes. Buah segar ini memiliki kandungan air yang banyak dan tergolong berkalori rendah. Dalam takaran 100 gram buah blewah memuat kandungan sekitar 34 kalori, 0,9 gram serat, dam 0,8 gram protein.

  1. Anggur

Sama seperti halnya blewah, anggur juga memiliki kandungan air yang melimpah. Tidak hanya menyegarkan, buah berwarna ungu ini juga terhitung memiliki kalori rendah. Dalam 100 gram buah anggur, memuat kandungan sekitar 67 kalori. Untuk mengonsumsi anggur dianjurkan tidak dalam jumlah banyak, karena anggur memiliki kandungan gula.

  1. Arugula

  2. Jeruk bali

  3. Beet (Beet Root)

  4. Kubis Brussel

  5. Clementine

  6. Kale

  7. Paprika

  8. Bengkuan

  9. Adas

  10. Jamur putih

  11. Bawang

  12. Asparagus

Berikutlah daftar makanan yang rendah kalori cocok untuk sahabat sehat yang sedag dalam upaya menurunkan berat bada atau diet. Dapatkan makanan rendah kalori yang organic dan sehat di sesa.id. Belanja Sehat Sekarang!

https://www.healthline.com/nutrition/zero-calorie-foods