fbpx
Skip to content
Home » Blog » Inilah Cara Memasak Beras Merah dengan Benar

Inilah Cara Memasak Beras Merah dengan Benar

cara memasak beras merah

Cara memasak beras merah dapat dilakukan dengan mudah dan simple. Sebagai salah satu makanan pokok di Indonesia, red rice mempunyai banyak kandungan yang baik untuk tubuh Sahabat Sehat.

Mengonsumsi beras merah lebih menyehatkan dibandingkan dengan beras pada umumnya. Hal tersebut disebabkan oleh proses penggilingan yang belum sepenuhnya. Perlu diketahui bahwa nasi merah memiliki rasa yang lebih hambar dan cenderung keras.

Kaya akan antioksidan tinggi, serat, serta vitamin B kompleks, membuat sebagian orang yang ingin diet sangat dianjurkan untuk mengonsumsi red rice. Sahabat Sehat juga harus mengetahuinya dengan baik dan benar.

DAPATKAN BERAS ORGANIK DAN BERAS MERAH DI SESA.ID

Cara Memasak Beras Merah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Cara memasak menggunakan rice cooker, sebenarnya sama dengan memasak nasi biasa. Namun pada beras merah, Sahabat Sehat perlu merendamnya selama 30 menit yang bertujuan agar hasilnya lebih pulen dan lembut. Kemudian tambahkan ½ sendok garam agar supaya gurih.

Perlu diketahui bersama cara memasak beras merah untuk Sahabat Sehat yang ingin melakukan diet. Tidak perlu direndam 30 menit, dan tidak perlu ditambahkan garam, karena dapat mengubah nutrisi yang sudah ada didalamnya.

Jangan lupa untuk memperhatikan masaknya, mulai dari mencuci beras, hingga menaruhnya ke dalam rice cooker. Sahabat Sehat juga bisa mencampurkan beras merah dan beras putih saat memasaknya. Hal ini bisa mengubah rasa menjadi lebih enak dan lebih sehat.

Cara memasak beras merah bisa Sahabat Sehat terapkan agar lebih memahaminya. Perlu diketahui bersama bahwa red rice mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa dijadikan pertimbangan saat akan mengonsumsinya.

  1. Melancarkan Pencernaan

Hal yang sudah di ketahui adalah bahwa red rice mengandung serat serta karbohidrat yang sangat kompleks. Sehingga kandungan tersebut dalam melancarkan pencernaan serta menjaga bakteri baik yang ada di usus.

  1. Mengontrol Berat Badan

Makanan yang satu ini mengandung banyak protein, serat, sera karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi biasa. Sehingga jika mengonsumsinya, Sahabat Sehat akan mudah kenyang. Maka dari itu, makanan ini menjadi rekomendasi memenuhi program diet.

Tidak heran bahwa red rice dijadikan pengganti nasi biasa untuk menyempurnakan program diet menurut para penelitian. Jika digunakan untuk program diet, Sahabat Sehat perlu untuk memperhatikan cara memasak beras merah dengan baik.

Berah Merah Organik

Beras Merah Organik SESA

  1. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Perlu diketahui bersama, kandungan antioksidan seperti fenolat dan flavonoid akan berperan dalam melindungi sel tubuh dari stress oksidatif yang akan memicu penyakit kanker. Hal ini harus menjadi perhatian.

  1. Cara Memasak Beras Merah untuk Mengontrol Kadar Gula Rendah

Red rice memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsinya dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsinya secara rutin, hal ini juga akan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

BACA JUGA: 14 Manfaat Beras Merah untuk Bayi dan Tips Memilihnya

Nutrisi dan Cara Memasak Beras Merah

Bukan hanya memahami mengenainya dengan baik dan mudah, para Sahabat Sehat juga harus mengetahui nutrisi yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan lauk saat akan menyantap makanan.

Perlu diketahui bersama, dalam satu porsi sekitar 200 gram, mengandung 230-250 kalori serta berbagai nutrisi penting didalamnya. Perlu menjadi catatan, hal tersebut hanya mengenai nasi merahnya saja, belum ditambah dengan nutrisi yang berasal dari lauk.

Nutrisi yang terkandung dalam nasi merah adalah 45-50 gram karbohidrat, 3-3,5 gram serat, 1,6-2 gram lemak, 160 miligram kalium, 5 gram protein, 80 miligram magnesium, 2 miligram natrium, 1,1 miligram zat besi serta 150-200 miligram fosfor.

Selain itu, makanan ini juga mengantung kalsium, vitamin B, asam pantotenat, mangan, zinc dan masih banyak lagi. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan agar mengubah nasi putih menjadi nasi merah untuk dikonsumsi sehari-hari.

Beras Merah Organik menu makanan sehat

Beras Merah Organik Z Go

Terdapat tutorialnya agar tidak hambar, Sahabat Sehat juga bisa menyesuaikan lauknya agar makanan lebih terasa nikmat. Itulah mengapa artikel ini hadir untuk memberikan Sahabat Sehat pengetahuan lebih.

BACA JUGA: Berikut 7 Ciri Ciri Beras Organik, Baca Selengkapnya!

Rekomendasi dan Cara Memasak Beras Merah

Sesa beras merak organic bisa menjadi pilihan untuk sahabat sehat yang ingin mencoba mengonsumsinya, terdapat beberapa merk rekomendasi yang bisa dicoba. Seperti lingkar organic merah, beras merah kupas sorghum, germinated organic red rice bionic farm.

Sahabat Sehat bisa mengecek rekomendasi produk tersebut melalui aplikasi Sesa.id yang sudah bisa didownload melalui Play Store dengan gratis tanpa dipungut biaya. Nasi merah juga sudah sering menjadi alternative makanan pokok pengganti nasi putih

Perlu diketahui bersama, selain manfaat dan kandungan yang ada di dalamnya, terdapat beberapa alasan mengapa makanan ini wajib untuk dikonsumsi. Indeks glikemik yang lebih rendah mampu mengontrol beberapa penyakit seperti gula darah.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah jurnal yang di publikasikan oleh international journal of food science and nutrition pada tahun 2006 lalu. Kandungan serat dan polifenol serta phytic acid yang tinggi membuat makanan ini memiliki indeks glikemik yang rendah.

Dengan memahami manfaat dan nutrisinya pada artikel yang telah kami sampaikan, Sahabat Sehat menjadi semakin mengerti lebih banyak lagi. Cara memasak beras merah dapat dengan mudah dilakukan oleh semua orang.

  • https://m.merdeka.com/jabar/5-cara-memasak-beras-merah-agar-pulen-dan-enak-di-lidah-kln.html?page=2
  • https://www.alodokter.com/tak-hanya-untuk-diet-ini-ragam-manfaat-beras-merah-bagi-kesehatan
  • https://sesa.id/beras-kacang-biji-bijian-dan-grains.html?p=4
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/beras-merah-lebih-sehat-nasi-putih/