Home » Blog » Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Cek Faktanya Disini

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Cek Faktanya Disini

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang

Ada anggapan di sekitar masyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh memakan udang. Sebagian dari mereka percaya jika udang bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. Lalu bolehkah ibu hamil makan udang? Temukan jawabannya di artikel berikut.

Mitos lainnya mengatakan bahwa ibu hamil yang doyan mengonsumsi udang juga bisa mengakibatkan bayinya terserang penyakit eksim. Tapi apakah hal tersebut benar?

Menurut American Pregnancy Association, udang merupakan salah satu makanan laut yang aman dikonsumsi ibu hamil karena kaya akan protein dan rendah lemak.

Selain itu, udang juga mengandung minyak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin serta mengurangi risiko melahirkan secara prematur. Beragam nutrisi penting seperti vitamin B2, vitamin D, zat besi, kalsium, dan magnesium juga diperlukan oleh janin.

DAPATKAN UDANG DAN SEAFOOD SEGAR DI SESA.ID

Manfaat Makan Udang Ketika Hamil

  1. Omega 3 Tinggi

Selain baik untuk perkembangan otak janin dan mengurangi risiko melahirkan secara prematur, dalam jurnal U.S. National Library of Medicine, menyebutkan bahwa asam docosahexaenoic (DHA) yang terkandung dalam asam lemak omega 3 sangat baik untuk sistem saraf dan mata janin.

  1. Kaya Akan Vitamin

Udang mengandung beragam nutrisi penting seperti vitamin D, B12, zat besi, yodium, kolin, sampai fosfor. Kesemua vitamin ini penting untuk meningkatkan imunitas, perkembangan otak, dan fungsi tiroid sehingga baik buat ibu hamil dan calon buah hatinya.

  1. Tinggi Protein

Udang merupakan salah satu makanan laut yang memiliki kadar tinggi protein. Makanan protein lazimnya mampu menstabilkan kadar gula darah dan menghindarkan diabetes. Oleh karenanya, unsur protein di dalam udang berperan baik buat Kesehatan para ibu hamil.

  1. Rendah Kalori

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil dituntut untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Karena rendah kalori, udang adalah makanan tepat yang dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa perlu mengonsumsi lemak yang tidak perlu.

  1. Memelihara jaringan tubuh

Udang kaya akan vitamin B2 yang berperan penting dalam pemeliharaan jaringan tubuh. Vitamin ini membantu produksi sel darah merah dan pelepasan energi dari protein. Fungsi vitamin B2 untuk ibu hamil adalah mendukung perkembangan tulang, otot, dan saraf bayi.

Kekurangan vitamin B2 selama masa kehamilan bisa meningkatkan risiko preeklamsia, yakni komplikasi kehamilan yang terjadi saat wanita mengalami tekanan darah tinggi.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat udang bagi ibu hamil ada pada kandungan zat besi. Zat besi berfungsi untuk mencegah anemia. Ketika ibu dalam masa kehamilannya, volume darah dalam tubuh kian meningkat, sehingga zat besi juga sangat dibutuhkan. Secara alami tubuh menggunakan zat besi untuk membuat lebih banyak darah dan menyimpan oksigen ke bayi.

Jika ibu hamil tidak memiliki zat besi yang cukup, mereka bisa mengalami anemia. Ibu hamil dengan anemia berpotensi mengalami kelahiran prematur. Kekurangan zat besi juga bisa mengakibatkan bayi mengalami malnutrisi serta depresi pasca persalinan.

Udang Vaname Fresh

Udang Vaname Fresh

Cara Mengolah Udang yang Benar

Jika dibandingkan dengan jenis makanan laut lainnya, kadar merkuri di dalam udang tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh siapa pun. Udang tidak memiliki bau amis menyengat seperti halnya ikan, hal ini tentu tepat jika dikonsumsi ibu hamil yang lazim merasakan mual saat memakan makanan laut.

Karena kaya akan kandungan yang bermanfaat, para bumil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 8-12 ons atau setara dengan 2-3 porsi udang setiap minggunya. Namun perlu juga diperhatikan, pastikan udang yang dikonsumsi sudah benar-benar matang. Ciri khas dari udang yang matang adalah ditandai dengan perubahan kulit berwarna oranye-putih ketika direbus atau digoreng.

Kendati demikian, para bumil harus tetap memperhatikan cara mengolah udang yang baik di antaranya:

  • Buang bagian kepala, ekor, cangkang, kaki, hingga saluran usus di sepanjang punggung udang
  • Pilih udang yang bersih dan segar. Hindari membeli udang yang sudah berwarna oranye tua, berlendir, dan memiliki bau yang tak sedap
  • Cuci udang sampai bersih dengan air mengalir
  • Masak udang hingga matang sepenuhnya

Udang Kupas Java Sea

Udang Kupas Java Sea

  1. Referensi:
  2. https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/udang-untuk-ibu-hamil/
  3. https://www.alodokter.com/amankah-jika-ibu-hamil-makan-udang
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4467565/
  5. https://www.popmama.com/pregnancy/first-trimester/fx-dimas-prasetyo/bolehkah-ibu-hamil-makan-udang-ketahui-proses-pengolahannya/
  6. – https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/is-it-safe/eating-shrimp-pregnancy/ – 

 

Sumber Gambar:

sesa.id

pexels.com