Home » Blog » 5 Manfaat Telur Omega 3 Untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Telur Omega 3 Untuk Ibu Hamil

manfaat telur omega 3 untuk ibu hamil

manfaat telur omega 3 untuk ibu hamil – Masa kehamilan adalah masa pemenuhan nutrisi. Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan adalah omega 3.

Nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan selama hamil. Telur omega 3 menjadi makanan yang mudah ditemukan dan dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi omega 3. Inilah beberapa manfaat telur omega 3 untuk ibu hamil. 

Menstimulasi Perkembangan Otak di Janin 

Kandungan omega 3 di dalam telur sangat bermanfaat untuk perkembangan otak di dalam janin ibu hamil. Hal ini dikarenakan adanya kandungan DHA dan EPA di dalamnya. DHA berpengaruh sangat baik bagi kecerdasan anak.

Ketika sahabat sehat hamil dan mengkonsumsi telur omega 3 tersebut, secara langsung akan menutrisi otak si kecil sejak dalam kandungan.

Saat sahabat sehat hamil, makanan bernutrisi tinggi sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang janin. Perkembangan otak di janin yang baik pastinya akan membuat si kecil memiliki perkembangan syaraf yang baik pula. 

Mengurangi Adanya Resiko Kelahiran Prematur 

Kelahiran prematur merupakan suatu kelahiran yang terjadi lebih awal atau kelahiran sebelum waktunya. Biasanya kelahiran ini akan berlangsung di masa kehamilan kurang dari 9 bulan. Ketika bayi lahir secara prematur, maka akan ada resiko gangguan kesehatan karena organ-organ tubuh si bayi belum siap dan kuat. Telur omega 3 ini sangat baik untuk mengurangi resiko adanya kelahiran prematur.

Bahkan resiko ini berkurang sebanyak 42% sampai usia kandungan menginjak 9 bulan. Sahabat sehat disarankan untuk mengkonsumsi telur omega 3 saat berada di semester dua masa kehamilan. 

Membentuk Retina Mata 

Manfaat telur omega untuk ibu hamil lainnya adalah mampu membentuk retina mata dengan sangat baik saat di dalam kandungan. Omega 3 ini sangat penting untuk perkembangan otak pada bayi saat masih berada di dalam kandungan.

DHA di dalam omega 3 merupakan salah satu nutrisi penting yang menyumbang 40% asam lemak tak jenuh di dalam otak dan juga 60% di bagian retina mata. Oleh karena itu, ibu hamil yang mengkonsumsi omega 3 maka akan melahirkan bayi dengan penglihatan yang lebih baik. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi telur omega 3 ini untuk mendapatkan penglihatan mata yang baik bagi si kecil. 

Mengurangi Resiko dari Gangguan ADHD 

Apa itu ADHD? ADHD adalah attention deficit hyperactivity disorder yang merupakan gangguan perilaku pada si kecil. Gangguan ini biasanya ditandai dengan adanya tingkah laku si kecil yang impulsif dan juga hiperaktif.

Anak-anak yang memiliki gangguan ini ternyata memiliki kadar omega 3 di dalam darah jauh lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki kadar omega 3 lebih tinggi. Jadi, mengkonsumsi telur omega 3 diyakini mampu mengatasi dan mengurangi resiko gangguan ADHD. 

Mencegah Terjadinya Baby Blues dan Depresi 

Depresi merupakan suatu gangguan mental yang biasanya bisa terjadi dalam masa kehamilan. Gejala depresi adalah lesu, sedih, dan hilangnya minat pada kehidupan. Kecemasan juga bisa menjadi suatu gangguan depresi yang terjadi secara konstan dan terus menerus.

Bagi sahabat sehat yang lebih sering mengkonsumsi telur omega 3 secara teratur, memiliki resiko lebih rendah terjadinya depresi. Telur omega 3 ini berguna untuk mengatasi depresi dan baby blues selama masa kehamilan. Itulah tadi beberapa manfaat telur omega 3 untuk ibu hamil yang bisa diketahui sebelum mengkonsumsi telur omega 3 ini. 

Photo by Klaus Nielsen from Pexels