Home » Blog » 5 Manfaat Lemon yang Wajib Kamu Tahu untuk Tubuh

5 Manfaat Lemon yang Wajib Kamu Tahu untuk Tubuh

manfaat lemon untuk kesehatan

Di alam ada banyak sekali bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu bahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh ini adalah lemon. Hal apa saja manfaat lemon untuk kesehatan

Manfaat lemon untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu hal yang paling banyak mendapatkan perhatian dari manfaat buah lemon adalah manfaat meningkatkan imunitas yang dimilikinya. Buah lima adalah buah yang memiliki kandungan vitamin c sangat tinggi. Kandungan vitamin c sangat penting dalam menjaga imunitas. 

Jika dilihat dari kandungannya, 1 buah lemon umumnya memiliki kandungan vitamin c sebanyak 31 gram. Dengan kandungan sebanyak ini, vitamin c di dalam lemon dapat memenuhi kebutuhan harian manusia dewasa. Inilah yang menyebabkan ada sangat banyak sekali manfaat lemon untuk kesehatan tubuh yang bisa dirasakan dengan konsumsi lemon secara teratur.

Manfaat lemon untuk kesehatan jantung

Vitamin c bukan satu-satunya kandungan menarik dari buah lemon. Serat yang ada di dalam buah lemon juga spesial. Hal ini disebabkan karena kandungan serat lemon sangat tinggi dan mengandung pektin. Kandungan serat tinggi di dalam lemon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Seperti yang kita tahu kok malah kadar kolesterol merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab utama masalah kesehatan jantung bukan? Kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah seperti stroke, arteriosklerosis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat lemon untuk mencegah anemia 

Manfaat lemon untuk kesehatan yang selanjutnya akan kami bahas adalah mengenai kemampuannya untuk mencegah penyakit anemia. Mungkin kamu akan berpikir apakah lemon memiliki kandungan zinc atau zat besi sehingga dapat menurunkan potensi penyakit anemia. Jawabannya adalah tidak sama sekali! 

Ya lemon bukan merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan zat besi untuk membantu mencegah anemia. Meski buah lemon tidak termasuk sebagai buah-buahan yang memiliki kandungan zat besi tinggi, buah ini dapat membantu penyerapan zat besi sehingga penyakit anemia dapat diminimalisir.

Membantu mengontrol berat badan

Dengan kandungan-kandungan yang ada di dalamnya memang ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan konsumsi lemon secara. Salah satunya adalah untuk mengurangi berat badan. Berat badan yang berlebih bisa menjadi salah satu penyebab penyakit yang sangat luas. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Selain manfaat lemon untuk kesehatan jantung, konsumsi lemon dan air lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan penyebab utama dari penyakit jantung yaitu obesitas. Dengan konsumsi lemon dan air lemon kurma kamu akan mendapatkan pektin yang berasal dari serat lemon.

Kandungan pektin ini merupakan salah satu kandungan yang sangat penting dalam hal mengontrol berat badan. Bagaimana bisa? Hal ini disebabkan karena kandungan pektin yang mengembang di dalam saluran pencernaan akan membantu kamu bisa kenyang lebih lama. Pernyataan ini merupakan sebuah pernyataan yang diambil dari fakta hasil penelitian dengan menggunakan tikus percobaan.

Mencegah batu ginjal

Manfaat terakhir dari buah lemon adalah untuk mencegah batu ginjal. Perlu kamu tahu bahwa buah lemon memiliki kandungan asam sitrat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat lemon untuk kesehatan yang akan kamu dapatkan dari asam sitrat ini adalah pencegahan terhadap pembentukan endapan di ginjal yang sering disebut dengan batu ginjal.

 

Pada dasarnya konsumsi buah-buahan dan sayuran yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Hal inilah yang terjadi pada lemon di mana ada sangat banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari buah ini.

Referensi : Webmd