Home » Blog » Bolehkah Ibu Hamil Minum Yogurt? Simak 5 Poin Penjelasannya!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yogurt? Simak 5 Poin Penjelasannya!

bolehkah ibu hamil minum yogurt

Bolehkah ibu hamil minum yogurt?  Itulah, salah satu pertanyaan yang sering dipikirkan oleh ibu hamil. Ketika dalam masa kehamilan, pilihan makanan pun menjadi sesuatu yang harus ditentukan dengan cermat. Sebab, pilihan makanan yang tepat, tidak hanya berguna untuk kesehatan ibu hamil tapi juga untuk perkembangan janin. 

Ibu hamil sering kali khawatir tentang pilihan makanannya. Terkadang, ada makanan yang sangat disukai, justru dilarang ketika hamil. Jadi, bolehkah ibu hamil minum yogurt? Jawabannya adalah boleh. Yogurt adalah makanan yang menyehatkan untuk ibu hamil dan janinnya.  

Selengkapnya, mari simak 5 poin penjelasan untuk menjawab, “bolehkah ibu hamil minum yogurt?” berikut ini!

 

1. Mengetahui Manfaat Yogurt Saat Hamil

Ibu hamil tak perlu lagi khawatir dan ragu untuk mengonsumsi yogurt. Sebab, yogurt sangat kaya nutrisi dan manfaat kesehatan.  Berikut ini, beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil dan janin:

  • Yogurt sebagai sumber kalsium, untuk membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.
  • Yogurt sebagai sumber probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ibu hamil lebih mudah terkena gangguan pencernaan, karena adanya tekanan rahim di area organ pencernaan.
  • Yogurt sebagai sumber protein. Asupan protein yang cukup diperlukan dalam menjaga stamina tubuh ibu hamil.
  • Yogurt sebagai sumber asupan vitamin D, untuk menjaga sistem imunitas tubuh ibu hamil tetap prima. 
  • Yogurt sebagai sumber omega 3 yang berfungsi dalam menjaga kesehatan organ tubuh ibu hamil dan membantu perkembangan organ tubuh janin.
  • Rasa yogurt yang asam segar bisa mengatasi mual dan kembung, khususnya pada awal masa kehamilan.   

2. Jenis Yogurt yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, asupan nutrisi ibu hamil perlu lebih diperhatikan. Pilihan yogurt terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil, yaitu yang tinggi nutrisi dan bebas dari zat tambahan. Ibu hamil dianjurkan memilih yogurt yang diolah secara alami, dengan kandungan protein dan vitamin yang cukup.

3. Kenali Jenis Yogurt yang Perlu Dihindari Ibu Hamil 

Ibu hamil perlu lebih rajin mengecek bagian label kemasan makanan. Perhatikan komposisi dan nutrisi setiap makanan yang dikonsumsi, termasuk yogurt. Yogurt yang diolah dengan tambahan pengental, perasa atau pewarna, lebih baik dihindari. Hindari juga, yogurt yang mengandung lemak trans dan kandungan kalori yang tinggi. 

4. Cara mengonsumsi Yogurt yang Tepat untuk Ibu Hamil

Takaran yogurt yang pas selama masa kehamilan tidak lebih dari 600 gram per hari. Porsi tersebut, bisa dikonsumsi beberapa kali, tidak sekaligus. Yogurt tawar atau greek yogurt sering kali menjadi pilihan yogurt bagi ibu hamil, karena kaya nutrisi dan bebas dari zat tambahan berlebih. 

Supaya tidak bosan, dalam mengonsumsi yogurt ibu hamil boleh menambahkan bahan makanan sehat lain. Seperti, madu, granola, oat dan buah-buahan yang aman dikonsumsi saat hamil. 

5. Kapan Ibu Hamil Boleh Konsumsi Yogurt

Tidak ada anjuran spesifik untuk waktu yang tepat untuk mengonsumsi yogurt saat hamil. Ibu hamil bisa mengonsumsi yogurt kapan saja, asalkan tidak berlebihan. Yogurt paling cocok dijadikan sebagai camilan sehat yang kaya protein, karena ibu hamil lebih mudah merasa lapar. 

Setelah membaca 5 poin penjelasan di atas, kini Ibu hamil tidak perlu lagi bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum yogurt? Sahabat sehat yang sedang mengandung, bisa mengonsumsi yogurt tanpa khawatir. Poin pentingnya, ada pada pilihan yogurt yang tepat untuk ibu hamil. Temukan jenis yogurt yang cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di SESA.ID.

Referensi: Detik Health
Photo by Karolina Grabowska from Pexels