Home » Blog » Ini 5 Buah Buat Diet yang Segar dan Kaya Vitamin

Ini 5 Buah Buat Diet yang Segar dan Kaya Vitamin

buah buat diet

Buah-buahan termasuk makana favorit saat diet. Selain rasanya segar, buah juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang menyehatkan. Diet sehat dengan mengonsumsi buah akan terasa lebih menyenangkan. Sahabat sehat bisa memilih buah buat diet berdasarkan kebutuhan kalori dan vitamin. Namun, pada dasarnya semua buah cocok dikonsumsi saat diet karena rendah kalori. 

Apa saja buah buat diet yang menyehatkan? Berikut ini adalah rekomendasi buah segar beserta kandungan vitaminnya yang baik dikonsumsi selama program diet.  

Apel

Apel adalah buah yang kaya vitamin, bahkan dalam kulit apel pun terkandung vitamin A dan C. Selain vitamin, apel juga kaya kandungan air, serat, karbohidrat dan kalsium. Menjadikan apel sebagai buat buat diet mampu memberi rasa kenyang lebih lama dan meningkatkan daya tahan tubuh.   

Plum

Buah plum termasuk buah buat diet yang cukup populer.  Satu buah plum segar mengandung antioksidan, serat, zat besi, magensium. Selain itu, buah plum kaya akan vitamin A, B kompleks, C dan K. Salah satu manfaat buah plum yaitu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit dan membantu proses pembuangan zat sisa dan racun dalam tubuh. 

Alpukat

Alpukat termasuk superdfood karena membawa begitu banyak nutrisi dan vitamin yang menyehatkan. Alpukat bisa diolah dalam berbagai menu diet yang lezat. Sahabat sehat bisa membuat salad buah, smoothie, sandwich atau memakan langsung alpukat dengan madu rasanya lezat. Alpukat kaya vitamin K, C, E, B6, folat, zat besi, serat dan karbohidrat.

Pisang

Buah buat diet selanjutnya yang punya cita rasa manis dan mengenyangkan adalah pisang. Dalam satu buah pisang terdapat kandungan protein cukup tinggi sehingga mampu memberi rasa kenyang. Pisang adalah buah yang rendah lemak namun kaya serat dan vitamin. Vitamin A termasuk kandungan nutrisi tertinggi dalam pisang.  

Grapefruit

Grapefruit atau disebut juga jeruk bali merah belakangan ini cukup populer sebagai buah buat diet. Grapefruit kaya akan protein. Dalam 200 gram grafefruit terdapat 1,3 gram protein. Protein adalah nutrisi penting saat diet karena bisa memberi rasa kenyang dan membantu pembentukan tenaga. Selain itu, grafefruit juga kaya vitamin A dan C yang penting dalam pembentukan daya taha tubuh. 

Pepaya

Buah buat diet selanjutnya adalah pepaya. Buah pepaya terkenal dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan proses metabolisme. Dua hal tersebut sangat penting dalam program diet sehat. Pepaya sangat kaya serat, asam folat, kalsium, vitamin A, B, C dan E. 

Lemon 

Lemon adalah buah untuk diet favorit dengan rasa asam manis yang menyegarkan. Buah lemon biasanya dijadikan campuran dalam olahan jus, smoothie, salad hingga teh.

Selain itu, Sahabat sehat juga bisa mendapatkan manfaat lemon dengan meminum air hangat dicampur potongan lemon. Lemon kaya antioksidan, serat, kalsium, vitamin A, B6 dan C.

Hal penting yang perlu Sahabat sehat ingat adalah buah untuk diet saja tidak cukup. Sahabat sehat perlu asupan bahan makanan lain untuk melengkapi nutrisi dalam program diet sehat yang optimal.

Minumlah air putih yang cukup, atur pola makan dengan porsi dan kalori seimbang dan jangan lupa rutin olahraga. Sahabat sehat, temukan menu makanan sehat yang komplit dan beragam di sini!

 

Photo by Trang Doan from Pexels