Home » Blog » Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Buah Naga untuk Diet!

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Buah Naga untuk Diet!

buah naga untuk diet

Apakah Sahabat Sehat tahu bahwa tidak semua buah baik untuk program penurunan berat badan? Salah satu buah yang bisa dijadikan andalan menu diet adalah buah naga. Tidak hanya menurunkan berat badan, mari simak manfaat buah naga untuk diet lainnya!

Sudah bukan rahasia lagi jika buah naga sangat baik untuk dikonsumsi Sahabat Sehat yang sedang menjalani program diet. Buah berwarna merah segar ini mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang menunjang kesehatan tubuh. Menurut data dari Health Benefits, 1 buah naga mengandung 63,18% karbohidrat, 10,7% kalsium, 10,22% vitamin C, dan 7,14% protein.

Selain itu, buah naga juga sangat rendah kalori dan kolesterol. Bagi Sahabat Sehat yang sedang berusaha keras menurunkan bobot tubuh, yuk simak manfaat buah naga untuk diet berikut ini: 

Mencukupi Kebutuhan Serat Harian

Serat merupakan karbohidrat yang tidak bisa dicerna dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan potensial. Dalam satu porsi buah naga, terkandung 7 gr serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian Sahabat Sehat.

Kandungan serat ini akan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, Sahabat Sehat juga akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. Akibatnya, Sahabat Sehat dapat menahan diri agar tidak makan berulang kali.

Tidak hanya mensimulasikan efek kenyang yang lebih lama, serat juga akan menstabilkan kadar gula darah dan meminimalisir produksi insulin. Beberapa peneliti juga mengungkapkan fakta menarik tentang serat, yakni dapat melindungi dan menjaga kesehatan jantung, serta mengelola diabetes tipe 2.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah naga memang mengandung kalori yang sangat rendah. Selain itu, buah berwarna merah ini juga sangat kaya akan mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur dalam masa penurunan berat badan, kebutuhan nutrisi harian Sahabat Sehat akan terpenuhi dengan baik. Selain nutrisi, buah naga juga mengandung karotenoid, betacyanin, karbohidrat, protein, zat besi, vitamin C, magnesium, dan polifenol.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Selama menjalani program penurunan berat badan, usus seringkali terserang penyakit akibat pola makan yang tak beraturan. Apalagi, usus menjadi rumah bagi 100 triliun mikroorganisme dan 400 bakteri.

Manfaat buah naga untuk diet kali ini berpotensi untuk meningkatkan kesehatan usus dan keseimbangan bakteri baik yang ada. Buah naga mengandung serat khusus bernama prebiotik yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Ketika Sahabat Sehat mengonsumsi buah naga, pertumbuhan bifidobacteria dan bakteri asam laktat akan meningkat. Selain itu, Sahabat Sehat juga dapat terhindar dari infeksi saluran pencernaan atau diare.

Meningkatkan Sistem Imun

Saat menjalani diet, Sahabat Sehat pasti sering merasa lemas, lesu, dan kurang bersemangat. Terlebih, jika diet yang dijalani bersifat ekstrem. Pasalnya, kemampuan tubuh dalam melawan infeksi sangat ditentukan oleh kualitas makanan yang masuk ke mulut.

Jika dibiarkan, Sahabat Sehat dapat rentan terserang penyakit. Namun, jangan khawatir! Jika Sahabat Sehat memasukkan buah naga dalam menu diet sehari-hari, maka imunitas tubuh akan diperkuat. 

Buah naga mengandung karotenoid dan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel darah putih agar tidak rusak. Sel darah putih sendiri memiliki peran vital dalam menghancurkan bakteri dan kuman penyakit. 

 

Setelah melihat berbagai manfaat buah naga untuk diet, apakah Sahabat Sehat tertarik untuk memasukkannya dalam menu diet? Jika iya, Sahabat Sehat perlu memilih buah naga terbaik yang berkualitas tinggi. 

Tak perlu mahal, Sahabat Sehat bisa mendapatkannya di Sesa.id. Buah naga merah 0,95 – 1 kg dari Sesa sudah terbukti bebas dari bahan kimia, tekstur dagingnya juicy, rasanya manis, dan mengandung banyak nutrisi.

 

Referensi: Health Benefits Times

Photo by Lovefood Art from Pexels