Home » Blog » 7 Rekomendasi Makanan untuk Diet Pemula Lezat dan Sehat

7 Rekomendasi Makanan untuk Diet Pemula Lezat dan Sehat

makanan untuk diet pemula

Tujuan diet sehat tidak sekadar menurunkan berat badan secara instan tapi harus tetap menjaga asupan gizi makanan. Diet ekstrim justru kurang baik karena bisa membuat tubuh lemas hingga menurunkan imunitas.

Khususnya bagi Sahabat sehat yang baru akan memulai diet pilihlah makanan yang sehat dan lezat agar diet terasa menyenangkan.

Apa saja rekomendasi makanan untuk diet pemula? Mari simak di artikel ini!

Buah

Buah adalah makanan untuk diet pemula yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Buah sangat baik dalam menjaga kesehatan organ tubuh dan menjaga imunitas. Buah-buahan sangat kaya serat dan membantu melancarkan proses metabolisme dan menjaga sistem pencernaan sehingga diet lebih optimal. Pilih buah yang kaya serat dan vitamin seperti pisang, apel, alpukat, stroberi dan lain-lain. 

Sayuran

Sayuran adalah sumber serat, protein dan karbohidrat yang rendah lemak. Sebaiknya sayuran selalu ada dalam menu diet sehat. Kandungan protein dalam sayuran membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Bayam, brokoli, seledri dan hampir semua jenis sayuran cocok untuk diet. Kombinasikan beberapa pilihan sayuran favorit Sahabat sehat ke dalam menu diet supaya tidak mudah bosan.  

Sumber Makanan Hewani

Makanan untuk diet pemula sebaiknya dikombinasikan antara nutrisi dari sumber makanan nabati dan hewani. Untuk memilih sumber makanan hewani harus lebih cermat ya, Sahabat sehat. Pilihlah daging-dagingan yang rendah lemak. Jenis daging yang aman dikonsumsi sebagai makanan untuk diet pemula di antaranya tuna, salmon, daging ayam bagian dada dan daging sapi tanpa lemak.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan untuk diet pemula yang lezat dan bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti camilan. Jenis kacang-kacangan yang sehat dan kaya vitamin di antaranya adalah almond, pistachio dan kacang kedelai. Kacang-kacangan bisa diolah sebagai topping smoothie atau salad. Kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang atau dioven. 

Yogurt

Sahabat sehat dapat menjaga tubuh tetap segar selama diet dengan memasukkan yogurt ke dalam menu diet harian. Yogurt adalah minuman olahan dari susu sapi fermentasi yang rendah lemak dan rendah gula. Yogurt plain atau yogurt greek adalah pilihan yogurt paling cocok sebagai makanan untuk diet karena paling rendah kalori.  

Dark Chocolate

Bagi pecinta cokelat, diet tetap bisa menyenangkan dengan mengonsumsi dark chocolate. Dari semua varian cokelat, dark chocolate atau cokelat hitam paling rendah kalori. Sahabat sehat bisa mencampurnya ke dalam segelas smoothie untuk sarapan agar lebih semangat menjalani aktivitas. 

Cottage Cheese

Diet tetap bisa konsumsi keju asalkan memilih keju yang tinggi protein dan rendah kalori. Jenis cottage cheese cukup aman dikonsumsi saat diet. Cottage cheese cocok dijadikan olesan roti gandum, menambah cita rasa salad buah atau campuran sandwich. 

Sahabat sehat sekarang tidak perlu lagi khawatir dan bingung memilih menu makanan untuk diet pemula yang sehat dan lezat. Sahabat sehat tetap bisa makan lezat selama diet yang penting selalu memperhatikan asupan kalori dan nutrisi makanannya. Sekarang, tidak lagi sulit mencari menu makanan sehat dan lezat untuk diet. 

Ayo temukan beragam pilihan menu makanan untuk diet pemula yang menyehatkan di Sesa.id! Tersedia pilihan aneka makanan tradisional seperti gado-gado atau makanan internasional seperti bolognaise pasta yang siap disantap!

 

Photo by Foodie Factor from Pexels