fbpx
Skip to content
Home » Blog » 20 Buah Mengandung Vitamin D

20 Buah Mengandung Vitamin D

buah mengandung vitamin D

Apakah Sahabat Sehat mengetahui apa saja buah mengandung vitamin D yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh? Pada dasarnya vitamin D mengandung antibiotik yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh Sahabat Sehat, agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain meningkatkan sistem imun, vitamin D juga dapat memperkuat tulang dan gigi untuk anak kecil. Baik itu dari suplemen, buah atau sayur, vitamin D mudah dicari di mana saja.

Sahabat Sehat bisa menggunakan beberapa buah di bawah ini untuk menyuplai vitamin D dalam tubuh. 20 buah yang ada memiliki kandungan vitamin D berdasarkan kadarnya masing-masing.

DAPATKAN BUAH SEGAR MENGANDUNG VITAMIN D DI SESA.ID

Beberapa Buah Mengandung Vitamin D

Buah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut 20 buah yang kandungan nutrisinya banyak untuk melengkapi vitamin D di dalam tubuh Sahabat Sehat.

  1. Jeruk

Buah pertama adalah jeruk yang dikenal dengan kandungan vitamin C tinggi. Namun jeruk juga memiliki Vitamin D dengan khasiat jeruk yang dapat memperkuat tulang, menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah dan memperkuat metabolisme tubuh.

  1. Kiwi

Buah mengandung vitamin D kedua adalah kiwi yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Jadi tidak hanya vitamin D, kiwi juga memiliki vitamin C, vitamin A, vitamin E dan vitamin K. Kandungan lain seperti kalium, asam folat dan kalsium juga tersedia di buah Kiwi.

kiwi gold jpg

Kiwi Gold

  1. Jambu Biji

Ketiga ada jambu biji yang bisa melancarkan pencernaan, melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena antioksidannya. Kandungan vitamin D cukup tinggi sehingga afeknya sangat baik bagi tubuh Sahabat Sehat.

  1. Alpukat

Pada dasarnya alpukat adalah buah yang sangat sehat. Alpukat memiliki nutrisi yang cukup untuk menggantikan vitamin D di dalam tubuh sahabat. Meski kadarnya kecil, alpukat masih memiliki vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang baik bagi kesehatan.

  1. Leci

Selanjutnya ada Leci sebagai salah satu buah mengandung vitamin D terbanyak. Manfaat leci yaitu meningkatkan sistem imun, mencegah penyakit kanker dan menyehatkan jantung. Karena kandungan vitamin D tinggi, buah ini juga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

  1. Apel

Karena memiliki kadar serat yang tinggi di bagian kulit dan kadar vitamin C di dagingnya. Apel jadi salah satu buah dengan nutrisi terkaya yang Sahabat Sehat butuhkan. Buah apel ini dapat menjadi suplai vitamin D karena memiliki tingkat antioksidan tinggi.

  1. Cranberry

Sahabat Sehat tetap bisa menemukannya buah ini. Cranberry memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Cranberry cocok dikonsumsi karena dapat membantu meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan gigi dan tambah imun.

  1. Anggur

Lalu ada buah mengandung vitamin D anggur yang memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi. Vitamin D anggur dapat melancarkan pencernaan dan kaya akan antioksidan. Bahkan anggur juga dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan dan melindungi sistem saraf.

  1. Blueberry

Selain Cranberry, Blueberry juga memiliki kadar nutrisi yang sangat tinggi. Diketahui sedikit vitamin D terdapat di dalam buah tersebut. Namun, Blueberry tetap bisa Sahabat Sehat konsumsi karena dapat menjadi suplai antioksidan yang baik bagi tubuh.

  1. Mangga

Buah Mangga memiliki kandungan serat, magnesium, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan vitamin D. Khasiat buah mangga dapat melancarkan pencernaan, menurunkan risiko anemia dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mangga Harum Manis

Mangga Harum Manis

  1. Jeruk Bali

Buah mengandung vitamin D yang bisa Sahabat Sehat konsumsi lainnya bernama jeruk bali. Selain vitamin C dan potasium, jeruk bali dinilai memiliki sedikit kadar vitamin D di dalamnya.

  1. Jeruk Keprok

Tentu saja jeruk menjadi salah satu buah yang memiliki beraneka ragam jenis. Sahabat Sehat bisa konsumsi jeruk Keprok untuk dapatkan nutrisi serupa dengan antioksidan di dalamnya. Vitamin D tidak begitu banyak tapi cukup untuk suplai tubuh.

  1. Pisang

Pisang adalah buah lokal yang dapat ditemukan di Indonesia. Sahabat Sehat dapat konsumsi pisang karena mengandung banyak magnesium di dalamnya. Magnesium pisang dinilai dapat menciptakan vitamin D secara alami di dalam tubuh layaknya sinar matahari.

  1. Persik

Pada dasarnya persik bisa jadi salah satu buah mengandung vitamin D karena magnesiumnya tinggi. Magnesium 1 buah persik sebesar 15,7 gram dan itu sudah cukup untuk menciptakan vitamin D alami dalam tubuh.

  1. Blackberry

Salah satu jenis buah beri yang memiliki kandungan antioksidan tinggi ialah buah Blackberry. Selain antioksidan tinggi, buah ini juga kadar magnesiumnya tinggi. Bagus untuk menyuplai vitamin D di dalam tubuh Sahabat Sehat.

  1. Semangka

Vitamin D, Kalsium dan Magnesium adalah nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Buah semangka menjadi salah satu buah dengan kandungan kalsium terbanyak. Sahabat Sehat bisa menyuplai nutrisi kalsium untuk perkuat tulang dan menjaga kesehatannya.

  1. Buah Labu

Untuk labu, buahnya mengandung magnesium dan kalsium yang cukup untuk membantu isi vitamin D. Buah mengandung vitamin D Labu bisa sahabat konsumsi secara langsung atau jadi bahan olahan.

BACA JUGA:

  1. Goji Berry

Buah dengan nutrisi yang tinggi lainnya bernama Goji Berry. Sahabat dapat menggunakannya untuk mengganti peran vitamin D karena memiliki banyak antioksidan di dalamnya.

  1. Mulberry

Berbeda dengan Goji Berry, Mulberry lebih dikenal dengan kandungan zat besi yang banyak. Bagus untuk memperkuat tulang dan gigi, sebagai suplai vitamin D.

  1. Buah Jambang

Buah terakhir yang memiliki kadar vitamin D tinggi adalah Jambang sejenis jambu-jambuan. Buah ini mirip seperti anggur dengan warna ungu namun lebih oval. Buah mengandung vitamin D ini dapat menjaga kesehatan tulang, gigi dan menurunkan kadar gula Sahabat Sehat.

  • https://www.friso.co.id/panduan/7-buah-yang-mengandung-vitamin-d-untuk-si-kecil
  • https://www.nutritionadvance.com/foods-high-in-vitamin-d/
  • https://omegaquant.com/fruit-sources-of-vitamin-d/
  • https://www.wellcurve.in/blog/vitamin-d-rich-foods-fruits-vegetables/
  • https://bobo.grid.id/read/081881275/buah-mirip-anggur-ini-ternyata-punya-banyak-manfaat-untuk-tubuh?page=all#:~:text=Buah%20mirip%20anggur%20ini%20bukan,nunang%2C%20dan%20masih%20banyak%20lagi.