Home » Blog » Inilah 10 Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil dan Wajib Dikonsumsi

Inilah 10 Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil dan Wajib Dikonsumsi

buah yang bagus untuk ibu hamil

Bagi seorang ibu, memenuhi kebutuhan nutrisi makanan sehat merupakan hal penting saat periode kehamilan. Di masa ini, janin dalam kandungan sangat bergantung pada nutrisi yang diberikan oleh sang ibu. Salah satu sumber nutrisi penting bagi ibu hamil adalah buah, buah yang bagus untuk ibu hamil akan memberikan dampak yang bagus bagi calon bayi.

Pola makan yang sehat berperan penting dalam kesehatan ibu hamil. Salah satu asupan gizi yang bagus dikonsumsi adalah buah-buahan.Buah-buahan kaya akan vitamin serta mineral alami, yang turut menjaga ibu tetap sehat selama masa kehamilan.

Pemilihan buah yang tepat juga membantu mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Berikut adalah beberapa macam buah yang bagus buat ibu hamil serta sederet manfaatnya:

DAPATKAN BUAH SEGAR, FRESH DAN ORGANIK DI SESA.ID

Buah yang bagus buat ibu hamil

  1. Mangga

Buah mangga merupakan salah satu buah yang bagus dikonsumi oleh ibu hamil. Kandungan mangga kaya akan vitamin A dan C, sehingga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah adanya komplikasi pasca melahirkan. Mengonsumsi beberapa buah mangga juga memenuhi kebutuhan harian vitamin c para bumil.

Mangga Gedong

Mangga Gedong

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Pisang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, karena tinggi akan serat dan kalori sebagai energi bagi tubuh. Kandungan lainnya seperti zat besi juga bisa mencegah anemia saat hamil. Selain itu, kalium di dalam kandungan pisang turut membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

pisang

Pisang

  1. Jeruk

Buah jeruk menjaga kita tetap terhidrasi, karena hampir 90% kandungan di dalamnya adalah air berisikan vitamin C tinggi. Perlu diperhatikan bahwa dehidrasi saat hamil bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Jeruk juga termasuk kategori buah yang bagus untuk ibu hamil karena tingginya asam folat. Zat ini dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

Jeruk Sunkist

Jeruk sunkist

  1. Apel

Buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah Apel adalah salah satu sumber vitamin C dan memiliki serat cukup tinggi. Tak hanya itu, di dalam sebuah apel mengandung berbagai zat-zat bermanfaat seperti vitamin A, kalium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus.

Apel Red Del Washington buah yang bagus untuk ibu hamil

Apel Red Del Washington

  1. Alpukat

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah alpukat. Buah hijau ini terkenal akan vitamin C, vitamin B, serat, asam folat, magnesium hingga kalium. Berkat kandungannya yang mewah tersebut, alpukat dipercaya mampu meredakan rasa mual (morning sickness), serta membantu perkembangan sistem syaraf, otak, dan jaringan bayi

Alpukat Mentega

Alpukat Mentega

  1. Pir

Segala nutrisi penting seperti folat, kalium, dan serat bisa didapatkan dalam buah pir. Kalium di dalam pir berfungsi untuk Kesehatan jantung ibu dan janin, serta merangsang regenerasi sel. Sementara itu serat di dalamnya mampu mengatasi sembelit yang umum terjadi pada masa kehamilan.

Pear Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Pear

  1. Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu buah yang baik untuk ibu hamil karena memiliki segudang nutrisi meliputi vitamin C, vitamin A, vitamin E, karotenoid, polifenol, folat, dan isoflavonoid. Vitamin C dan vitamin A adalah antioksidan alami yang bisa menangkal radikal bebas ke dalam tubuh.

Radikal bebas bisa menghambat perkembangan janin di dalam perut ibu hamil. Mengonsumsi jambu biji saat hamil juga dapat melancarkan percernaan dan mengurangi sembelit.

  1. Semangka

Mengonsumsi semangka dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, karena kandungan di dalamnya merupakan air berisikan nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin A,C,dan B6.

Makan semangka ketika hamil dipercaya bisa membantu menghilangkan mual di pagi hari yang lazimnya terjadi pada ibu hamil. Selain itu, buah ini juga dipercaya bisa mencegah kram otot serta mengurangi bengkak di tangan dan kaki.

  1. Stroberi

Tak hanya menyegarkan, manfaat buah stroberi bagi tubuh tidaklah sedikit. Bermacam-macam kandungan nutrisi komplit ada di dalamnya. Mulai dari vitamin C, vitamin B6, serat, kalsium, magnesium, kalium, hingga folat.

Kandungan antioksidan dan zat besi berfungsi untuk menyehatkan saluran pencernaan, karena stroberi merupakan salah satu buah kaya akan serat prebiotik. Bagi ibu hamil, buah stroberi juga berkhasiat membantu pertumbuhan tulang calon buah hati di dalam kandungan.

  1. Buah Naga

Banyak yang tidak menyangka bahwa buah naga adalah buah yang bagus buat ibu hamil. Buah naga kaya akan vitamin dan mineral, di antaranya vitamin C dan zat besi. Buah unik ini dinilai bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Umumnya, ibu hamil berisiko tinggi mengalami anemia ketika persalinan.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757

https://www.halodoc.com/artikel/7-jenis-buah-yang-bagus-untuk-ibu-hamil

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3632923/buah-terbaik-untuk-ibu-hamil-apa-saja