Home » Blog » Aneka Resep dan Olahan Kacang Merah untuk MPASI yang Sehat

Aneka Resep dan Olahan Kacang Merah untuk MPASI yang Sehat

Mengolah kacang merah untuk MPASI, bisa menjadi inspirasi menu untuk disajikan kepada anak. Biasanya para orang tua khususnya ibu, sudah mulai bingung dengan menu makanan pengganti ASI yang harus dimasak setiap hari, agar si kecil tidak mudah bosan dan sulit makan.

Makanan pengganti ASI biasanya akan diberikan, apabila anak sudah menginjak usia 6 bulan ke atas. Orang tua sudah mulai memberikan makanan selain susu, agar si kecil juga belajar berbagai rasa, agar nantinya ia juga akan terbiasa saat sudah bisa mengonsumsi makanan secara utuh.

Jika di awal-awal masa MPASI baru dimulai, biasanya kita akan merasa bersemangat dan ingin mencoba berbagai menu untuk diberikan kepada si kecil. Namun lama kelamaan, adakalanya ibu sudah mulai bosan dan malas memikirkan menu apa yang bisa dijadikan inspirasi bagi anak.

DAPATKAN ANEKA KACANG ORGANIK DI SESA.ID

Resep Menu Kacang Merah untuk MPASI yang Bisa Menjadi Inspirasi

Sahabat Sehat sudah tidak asing lagi dengan kacang merah bukan, jenis kacang-kacangan ini bertekstur lembut dan mudah ditelan. Sehingga bahan makanan satu ini, kami rasa sangat cocok apabila dijadikan sebagai menu MPASI, serta bisa dicampurkan dengan berbagai bahan lain.

1. Dicampur dengan Kangkung

Salah satu menu dapat diolah dari kacang merah untuk MPASI yaitu, mencampurnya dengan sayuran kangkung. Sebetulnya Sahabat Sehat bisa mengganti kangkung dengan jenis sayuran hijau lain, seperti bayam, sawi, kale ataupun berbagai jenis sayuran lainnya.

BACA JUGA: 20 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah beras sekitar 10 gr, daun salam, kacang merah, kangkung, daging cincang dan ASI 2 sendok makan. Pertama Sahabat Sehat perlu merebus beras, daun salam, daging ke dalam air sebanyak 600 mm, dan tunggu hingga menjadi bubur.

Kacang Merah Organik

Kacang Merah Organik

 

Sebelum diangkat, masak sebentar kangkung hingga tekstur lebih empuk, namun jangan terlalu layu. Setelah itu sisihkan daun salam dari bubur, blender bubur bersama kangkung, lalu tambah 2 sendok makan ASI dan aduk hingga merata.

2. Diolah bersama Hati Ayam

Selain memasukkan daging cincang pada MPASI, hati ayam dan kacang merah bisa menjadi menu inspirasi bagi si kecil. Terlebih lagi hati ayam mengandung kalori, omega, karbohidrat dan protein yang baik, selain itu proses pengolahannya cukup mudah dan membutuhkan bahan yang simpel.

Pertama Sahabat Sehat perlu menyiapkan hati ayam telah dicincang, untuk menghilangkan aroma amis, bisa merendamnya di perasan jeruk nipis lalu bilas kembali dengan air bersih. Kemudian siapkan brokoli atau jenis sayuran lain, kacang merah, nasi putih, minyak ayam serta air.

Minyak ayam bisa didapatkan dari kulit ayam yang digoreng tanpa minyak, nantinya minyak akan keluar sendiri dan bisa Sahabat Sehat manfaatkan untuk menumis. Masukkan nasi dan kacang secara bersamaan, lalu rebus bersama air hingga menjadi bubur.

Di dalam bubur tersebut, masukkan minyak ayam, hati ayam cincang dan daun salam. Sahabat Sehat juga bisa menambahkan kaldu sapi, jika tekstur bubur sudah mengental, maka tambahkan brokoli (hanya bagian bunganya saja) dan saring, agar teksturnya menjadi halus.

3. Campuran Pisang dan Kacang Merah

Menu kacang merah untuk MPASI lainnya adalah mencampurnya dengan pisang, rasa manis dari pisang bisa membuat si kecil bertambah nafsu makannya. Untuk melengkapi gizi dan nutrisinya, Sahabat Sehat bisa mencampurnya dengan ikan lele serta buah bengkoang.

Rebus kacang merah dan bengkoang ke dalam air sebanyak 300 ml, tunggu hingga tekstur mulai empuk. Kemudian kukus ikan lele serta ambil bagian dagingnya saja, ingat jangan sampai ada duri yang ikut ke dalam adonan, selanjutnya blender pisang bersama semua adonan lainnya.

Jika tekstur sudah lembut, maka sudah bisa dituang ke dalam mangkuk. Jika malas mengolah lele, kini Sahabat Sehat bisa membeli lele yang sudah bisa langsung diolah. Biasanya lele dikemas dalam bentuk frozen, sehingga akan lebih mudah menyajikannya dan bisa digunakan untuk beberapa MPASI.

Sebelum memberikannya kepada si kecil, sebagai orang tua Sahabat Sehat juga perlu mencicipinya, jika teksturnya masih terlalu kasar, maka lebih baik haluskan kembali.

4. Bubur Santan Kacang Merah

Berikutnya Sahabat Sehat juga bisa mengolah kacang merah sebagai bubur santan, namun menu ini hanya diperuntukkan bagi anak berusia 12 bulan ke atas. Cukup siapkan kacang merah, air, gula merah, santan, garam, gula tebu organik, maizena, daun pandan, serta larutan creamer.

Pertama kacang merah perlu Sahabat Sehat bersihkan dan rendam semalaman, lalu rebus air bersama gula merah, gula pasir dan garam. Di panci lain, siapkan air serta rebus kacang merah, jika air sudah menyusut maka masukkan larutan gula merah sebelumnya lalu aduk merata.

Kacang Tanah Organik

Kacang Tanah Organik

Masukkan larutan maizena ke dalam panci tersebut, lalu masak hingga tekstur bubur lembut. Untuk menyajikan kuah, memasukkan semua bahan, lalu aduk hingga mengental. Sahabat Sehat bisa menyajikannya dalam suhu hangat maupun dingin, pastikan rasa dan tekstur sudah sesuai.

BACA JUGA: 15 Khasiat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Janin

5. Salmon Kacang Merah

Menu kacang merah untuk MPASI selanjutnya yaitu, mencampurkan dengan ikan salmon. Jika di menu lain jenis kacang-kacangan ini, dicampur bersama sayuran atau ikan lele, maka anak juga bisa mendapat berbagai manfaat dari ikan salmon melalui MPASI.

Sahabat Sehat bisa membeli ikan salmon ukuran sedang, karena nantinya porsi MPASI tidak terlalu banyak dan bisa dijadikan beberapa porsi. Lalu siapkan tomat, nasi, mentega atau evoo, air, kacang merah, pastikan sudah mencuci semua bahan dengan bersih.

Kemudian rebus ikan salmon dan pisahkan dari tulang atau durinya, lalu rebus kacang merah, daun salam, serai selama 5 menit. Siapkan semua bahan lain untuk ditumis dengan mentega, lalu tambahkan air hingga mendidih, dan masukkan bahan hingga air menyusut.

Jika bubur sudah siap, maka Sahabat Sehat hanya perlu menyaringnya untuk menemukan tekstur yang pas. Kemudian tambahkan evoo pada bubur, agar ada kandungan lemak di dalam MPASI.

Untuk mendapatkan produk segar pada MPASI anak, sebaiknya dapatkan produk tersebut melalui Apps di Playstore dan Appstore Sesa.id yang bisa Sahabat Sehat pesan dengan mudah. Cukup mudah bukan, mengikuti resep kacang merah untuk MPASI yang bisa menjadi menu inspirasi.

  1. https://www.kompas.com/food/read/2022/02/17/140800275/3-cara-olah-kacang-merah-untuk-mpasi-makanan-bergizi-tinggi?page=all
  2. https://www.orami.co.id/magazine/resep-mpasi-kacang-merah#resep-bubur-hati-ayam-kacang-merah
  3. https://www.haibunda.com/moms-life/20200505154206-90-138726/3-resep-mpasi-kacang-merah-bergizi-untuk-si-kecil