Home » Blog » Tips Membeli dan Menyimpan Bumbu Sehat untuk Makanan Semakin Lezat

Tips Membeli dan Menyimpan Bumbu Sehat untuk Makanan Semakin Lezat

bumbu sehat

Bumbu dapur sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang sangat penting. Tanpa bumbu dapur, makanan tak akan terasa lezat. Bumbu dapur juga memegang peranan penting dalam menentukan gizi dari hidangan.

Memilih bumbu sehat juga ada trik khususnya. Alih-alih mendapatkan bumbu dengan kualitas terjamin, Sahabat Sehat bisa jadi malah membahayakan keluarga karena bumbu yang tak sehat.

Berikut 3 tips membeli bumbu sehat

Pilih Bumbu dengan Kondisi Fresh

Ciri-ciri bumbu sehat yang utama tentunya kondisi fisik yang masih fresh. Ciri ini berlaku, jika Sahabat Sehat ingin membeli bumbu dalam bentuk aslinya, seperti bawang putih, bawang merah dan bawang daun.

Kondisi fresh bisa dilihat dari warna serta tekstur bumbu tersebut. Jika warnanya masih sesuai dengan aslinya, atau tidak menguning, bumbu tersebut bisa dikategorikan bumbu yang sehat. Teksturnya pun harus masih keras, tidak keriput dan mengecil.

Bumbu sehat yang fresh juga memiliki aroma yang masih segar. Sedangkan bumbu yang sudah tak sehat memiliki aroma basi yang menyengat.

Perhatikan Expired Date dan Kandungan Bahan Pengawet

Expired date menjadi hal lain yang harus Sahabat Sehat perhatikan. Jika sudah melewati batas tanggal kadaluarsa atau bahkan mendekati, sebaiknya tidak menggunakannya. Mengkonsumsi bumbu yang sudah expired tentunya akan membahayakan tubuh, walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Selain itu, Sahabat Sehat perlu melihat jumlah kandungan bahan pengawet bumbu dapur.

Kandungan dalam bahan pengawet dapat merusak organ tubuh, seperti hati, jantung dan lambung jika digunakan dalam jumlah yang banyak.. Maka, ciri-ciri bumbu sehat tentunya bumbu yang tak menggunakan terlalu banyak bahan pengawet.

Jangan Membeli dalam Jumlah Banyak

Tips membeli bumbu sehat selanjutnya adalah jangan membeli dalam jumlah yang banyak. Belilah secukupnya, sesuai kebutuhan. Hal ini untuk menghindari terbuangnya bumbu Ketika sudah membusuk atau tak layak pakai.

Selain itu, membeli dalam jumlah sedikit juga bisa dijadikan tester untuk melihat ketahanan dan kualitas bumbu tersebut. Hal ini sangat direkomendasikan Ketika Sahabat Sehat membeli bumbu tersebut untuk pertama kalinya.

Tips Menyimpan Bumbu Sehat

Setelah memilih dan membeli bumbu dapur terbaik, tantangan selanjutnya adalah menyimpannya. Tentunya cara penyimpanan bumbu dapur juga mempengaruhi kualitas bumbu tersebut. 

Tips pertama ketika menyimpan bumbu sehat adalah menaruhnya di wadah yang kering dan tertutup. Mengapa? Karena wadah yang lembab akan mempercepat tumbuhan bakteri. Cucilah wadah tersebut menggunakan sabun khusus kemudian biarkanlah mongering. 

Tips selanjutnya adalah simpan di tempat yang jauh dari sinar matahari. Paparan sinar matahari akan mempercepat proses pembusukan serta membuat bumbu dan rempah menjadi kering. Hal ini akan tetap terjadi walaupun Sahabat Sehat sudah menaruh bumbu tersebut di wadah kering dan tertutup.

Untuk menjaga kualitas bumbu sehat tentunya cara memilih, membeli hingga menyimpannya menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Selain mempengaruhi kualitas bumbu, masakan dan kesehatan keluarga pun bisa jadi taruhannya.

 

Bagi Sahabat Sehat yang masih bingung mencari bumbu sehat yang berkualitas, SESA bisa menjadi tempat terbaik untuk mendapatkannya. Selain stoknya yang lengkap, harganya pun bersahabat. Jangan lupa, dengan berbelanja bumbu dan rempah dapur di SESA, Sahabat Sehat tak perlu lagi meluangkan waktu untuk pergi ke pasar atau supermarket. Praktis, bukan?