Home » Blog » Kenali 5 Ciri-ciri Bumbu Sehat, Untuk Masakan Bergizi dan Lezat

Kenali 5 Ciri-ciri Bumbu Sehat, Untuk Masakan Bergizi dan Lezat

ciri ciri bumbu sehat

Bumbu dapur menjadi kebutuhan sehari-hari yang wajib terdapat di dapur. Bumbu tersebut bisa hadir dalam bentuk aslinya, ataupun dalam bentuk olahan yang sudah siap dipakai. Bumbu juga memegang peranan penting dalam kelezatan dan kandungan suatu hidangan.

Semakin sehat bumbu dapur yang kita punya, semakin bergizi juga makanan yang dimakan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan bumbu tersebut, Sahabat Sehat harus memperhatikan kondisi dan komposisinya terlebih dahulu.

Berikut 6 Ciri-ciri bumbu sehat yang harus diketahui.

Kondisi Fresh

Ciri-ciri bumbu sehat yang pertama adalah kondisi fisik yang masih fresh. Tentunya, ciri ini berlaku untuk bumbu dalam bentuk aslinya, seperti bawang putih, bawang merah dan bawang daun.

Kondisi fresh bisa dilihat dari warna serta tekstur bumbu tersebut. Jika warnanya masih sesuai dengan aslinya, atau tidak menguning, bumbu tersebut bisa dikategorikan bumbu yang sehat. Teksturnya pun harus masih keras, tidak keriput dan mengecil.

Tak Usah Pakai Bagian Busuk

Jika Sahabat Sehat menemukan bagian yang sudah busuk, jangan langsung membuang bumbu tersebut. Potong saja bagian busuknya dan pergunakan bagian yang masih bagus.

Namun, Sahabat Sehat harus hati-hati, karena biasanya bagian busuk menyebar ke bagian yang masih fresh. Jadi, lebih baik bumbu tersebut dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, untuk memastikan tidak ada lagi bagian busuk yang terpakai.

Tidak Berubah Aroma

Ciri-ciri bumbu sehat yang lainnya adalah aromanya tidak berubah. Biasanya aroma bumbu yang masih sehat lebih strong. Sedangkan bumbu yang sudah tak sehat memiliki aroma basi yang menyengat.

Untuk bumbu dapur dalam kemasan, penting juga untuk memperhatikan teksturnya. Jika bumbu berbentuk bubuk sudah cukup lengket dan menyatu satu sama lain, sebaiknya tak usah digunakan, ya.

Perhatikan Expired Date

Expired date menjadi hal lain yang harus Sahabat Sehat perhatikan. Jika sudah melewati batas tanggal kadaluarsa atau bahkan mendekati, sebaiknya tidak menggunakannya.

Mengkonsumsi bumbu yang sudah expired tentunya akan membahayakan tubuh, walaupun dalam jumlah yang sedikit. Hal ini juga berlaku jika Sahabat Sehat ingin membeli bumbu dapur dalam bentuk asli di supermarket. Biasanya, akan tercantum tanggal kadaluwarsa dalam kemasannya.

Sedikit Bahan Pengawet

Bumbu dapur dalam kemasan memang pasti menggunakan bahan pengawet. Namun, Sahabat Sehat tentunya bisa memilih produk dengan kandungan bahan pengawet yang tidak terlalu banyak.

Kandungan dalam bahan pengawet dapat merusak organ tubuh, seperti hati, jantung dan lambung jika digunakan dalam jumlah yang banyak.. Maka, ciri-ciri bumbu sehat tentunya bumbu yang tak menggunakan terlalu banyak bahan pengawet

 

Itulah ciri-ciri bumbu sehat yang wajib Sahabat Sehat ketahui. Dengan penggunaan bumbu yang sehat, tentunya makanan yang dihasilkan pun akan sehat. Asupan makanan yang sehat mempengaruhi kinerja organ tubuh dan fisik secara keseluruhan.

Jika Sahabat Sehat ragu untuk membeli bumbu sehat yang terjamin kualitasnya, SESA bisa menjadi pilihan terbaik. Segala macam bumbu baik yang organik mau pun dalam kemasan tersedia dalam kualitas terbaik. Tak hanya itu, Sahabat Sehat juga kini tak perlu repot pergi ke pasar atau supermarket, karena SESA akan mengantarkannya langsung ke rumah.

Referensi: Sehatq

Photo by Karolina Grabowska from Pexels