Home » Blog » 3 Cara Masak Ayam Sehat Selain Digoreng

3 Cara Masak Ayam Sehat Selain Digoreng

cara masak ayam sehat selain digoreng

Cara masak ayam sehat selain digoreng – Salah satu cara yang paling umum dalam memasak ialah dengan menggoreng. Namun sahabat sehat mungkin sudah tahu bahwa makanan yang digoreng dapat memicu berbagai masalah kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung lemak dan kalori yang lebih tinggi.

Untuk itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara masak ayam sehat selain digoreng sebagai alternatif bagi sahabat sehat yang ingin menerapkan pola hidup lebih sehat. Sebab makanan merupakan salah satu hal yang diperhatikan dalam menjalani pola hidup sehat.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng  juga sangat cocok bagi sahabat sehat yang sedang bertekad untuk mengurangi asupan kalori harian,

Fakta Mengenai Makanan yang Digoreng

Tahukah sahabat sehat, bahwa makanan yang digoreng bersamaan dalam jumlah yang banyak dapat membuat suhu minyak menurun. Sedangkan, menurunnya suhu minyak akan berpengaruh terhadap waktu menggoreng makanan tersebut (makanan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk matang).

Selanjutnya, makanan yang digoreng dengan waktu yang lama akan menyerap lebih banyak minyak. Hal itu membuat kalori dan lemak yang terkandung dalam makanan jadi lebih tinggi. Jika sudah begitu, sahabat sehat mungkin sudah bisa menebak berbagai risiko kesehatan yang akan diterima, yakni sakit jantung, obesitas, stroke, dan masih banyak lagi.

Cara Masak Ayam Sehat Selain Digoreng

Terdapat berbagai alternatif cara masak ayam sehat selain digoreng yang bisa sahabat sehat coba di rumah. Langsung saja simak penjabaran berikut ini:

Ayam Panggang

Teknik memanggang dapat menjadi alternatif untuk memasak ayam dengan sedikit minyak. Ayam yang dipanggang juga tetap memiliki kelezatan yang tak kalah dengan ayam yang digoreng. Memanggang juga merupakan cara klasik yang bisa sahabat sehat coba.

Salah satu tips yang bisa Anda terapkan dalam memanggang ayam ialah dalam hal pengaturan panas panggangan maupun oven. Sahabat sehat bisa mencoba di suhu sekitar 220 hingga 230 derajat Celicius. Untuk Anda yang ingin makan ayam panggang yang sehat, disarankan untuk tidak menggunakan alumunium foil, sebab hal itu dapat berisiko bagi kesehatan

Ayam Saus Kecap atau Saus Asam Manis

Bahan yang dibutuhkan untuk memasak dengan cara ini cukup sederhana, yakni sahabat sehat hanya membutuhkan saus tomat dan juga kecap. Selebihnya, Anda bisa menambahkan sayur-sayuran ke dalam olahannya. Selain itu, sahabat sehat juga bisa menambahkan tahu maupun tempe.

Dengan begitu, tidak hanya mengurangi konsumsi minyak, sahabat sehat juga akan mendapatkan asupan gizi yang lebih bervariasi.

Ayam Bumbu Pesmol

Bila umumnya teknik memasak ini digunakan untuk membuat hidangan ikan, sebetulnya ayam juga bisa dihidangkan dengan bumbu pesmol. Secara sederhana, bumbu pesmol ialah olahan lauk berwarna kuning.

Bumbu pesmol juga merupakan makanan khas Betawi dan Sunda. Sahabat sehat bisa menggunakan bahan-bahan seperti lada, garam, jeruk nipis, dan kunyit saja sebagai bumbu utama. Cara ini pastinya akan membantu Anda untuk mengurangi asupan kalori, terlebih jika Anda sedang menjalani program diet.

 

Cara masak ayam sehat tanpa digoreng dapat Anda pelajari pada penjabaran di atas. Yang jelas, apapun masakannya perlu menggunakan bahan-bahan masak dengan kualitas yang baik dan segar. Anda bisa mengunjungi halaman ini untuk mulai mencari bahan-bahannya. Semoga sahabat sehat dapat menemukan alternatif cara memasak yang diinginkan ya!

 

Photo by Tim Douglas from Pexels

Referensi: Country Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.