fbpx
Skip to content
Home » Blog » 5 Manfaat Ayam Organik untuk Kesehatan Keluarga

5 Manfaat Ayam Organik untuk Kesehatan Keluarga

manfaat ayam organik

 

Manfaat ayam organik – Pasti istilah ayam organik tidak asing di telinga Sahabat Sehat. Namun, apa sih sebenarnya ayam organik itu?

Saat ini, telah banyak beredar ayam organik di pasaran. Biasanya, penjualan ayam organik menyasar kalangan menengah ke atas. Harganya pun bisa dua kali lipat dari ayam biasa.

Mengapa ayam organik lebih mahal?

Karena ayam organik tidak disuntik dengan hormone dan antibiotik sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari bahkan sangat baik untuk pertumbuhan anak. Mari mempelajari lebih lengkap mengapa Sahabat sehat sebaiknya membeli ayam ini dan apa manfaat ayam organik untuk kesehatan keluarga.

Mengenal Ayam Organik

Ayam organik adalah ayam yang diternakkan secara alami, tanpa sentuhan bahan kimia. Biasanya pakan yang digunakan adalah beras organik. Ayam ini biasanya berasal dari peternakan free-range chicken. Perlakuan terhadap ayamnya pun organik.

Saat dipotong, ayam organik dipotong tanpa bahan kimia sedikitpun, ayam organik dipotong pada usia 60 hari dengan bobot sekitar 900 – 1000 gram, Bentuk ayam nya pun lebih bagus dari ayam biasa. Bobot Ayam Organik juga lebih berat dibandingkan dengan ayam biasa.

Keunggulan ayam organik adalah banyaknya kandungan protein yang bisa menyehatkan tubuh. Selain itu, ayam organik juga tidak mudah busuk saat mentah karena tidak terpapar pestisida baik pada bulu maupun dagingnya. Lebih jauh lagi, kemungkinan ayam organik mengandung E.Coli sangat kecil.

SESA merupakan salah satu pioneer organic free-range chicken di Indonesia dan telah memperoleh sertifikat Organik Indonesia serta sertifikat Halal dan Surat Sehat dari Dinas Peternakan.

 

Baca juga: Cek Harga Ayam Organik di SESA Hari ini.

 

Manfaat Konsumsi Ayam Organik

Ayam organik ini mempunyai rasa daging yang lebih gurih dan lezat jika dibandingkan dengan ayam biasa. Organic free-range chicken dari SESA diternak secara bebas dan tidak dikandang sehingga lebih sering terpapar sinar matahari. Berikut beberapa manfaat lain mengonsumsi ayam organik:

1. Kaya akan Protein

Daging ayam terutama bagian dadanya, merupakan salah satu sumber protein yang paling baik. Daging ayam organik juga mengandung lebih banyak Omega-3. Seperti yang kita tahu, protein merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain itu, ayam organik memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan postur tubuh ayam organik akan lebih kecil dibandingkan ayam potong namun dagingnya lebih padat dan berisi. Dengan daging yang lebih sedikit membuat proses pemotongan ayam organik akan lebih mudah.

 2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Selain sebagai sumber protein, manfaat ayam organik lainnya yaitu sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Ia mengandung vitamin B yang berperan penting untuk membentuk sel darah merah.

Daging ayam juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Lalu, vitamin A yang ada di dalamnya pun menyehatkan untuk penglihatan dan berperan penting dalam sistem imun. Tak hanya itu, umumnya organic free-range chicken  mengandung lebih banyak vitamin E.

3. Menurunkan Berat Badan

Protein yang banyak terkandung dalam daging ayam, terutama bagian dada, baik untuk Sahabat sehat yang sedang diet. Sebab, protein akan membuat Sahabat sehat merasa kenyang tanpa harus banyak makan, sekaligus mengurangi rasa ngidam terhadap makanan lain yang tidak sehat.

4. Mengandung Senyawa Antikanker

Daging ayam termasuk sebagai salah satu “daging putih” bersama dengan ikan. Mengonsumsi daging putih, dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker. Sementara itu, risiko kanker akan naik apabila Sahabat sehat terlalu banyak mengonsumsi “daging merah” seperti daging sapi atau babi.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Daging ayam, bersama dengan kacang-kacangan dan sayur serta buah telah terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun tentu saja, manfaat ayam organik yang satu ini baru bisa didapatkan apabila Sahabat sehat mengolahnya secara sehat, bukan dengan digoreng atau dimasak dengan menggunakan banyak garam maupun natrium.

 

Setelah mengetahui manfaat mengonsumsi ayam organik dan keunggulan ayam organik dibandingan ayam biasa, tentu saja Sahabat sehat ingin mencoba bagaimana rasanya ayam organik. Bagaimana cara memasak ayam organik yang tepat?

Sebagai inspirasi silahkan tonton video cara memasak soto ayam sehat dengan Chef Eddy di bawah ini:

Ingin beli ayam organik yang terjamin kualitasnya? Kunjungi SESA.ID! Setiap periode tertentu SESA menawarkan diskon.  Cek info promo SESA, siapa tahu ayam organik sekarang sedang diskon.