fbpx
Skip to content
Home » Blog » Cara Membuat Serabi Tepung Beras

Cara Membuat Serabi Tepung Beras

cara membuat serabi tepung beras

Cara membuat serabi tepung beras sudah banyak dibagikan para konten kreator melalui platform resep masakan online. Ada banyak versi yang bisa dicontoh untuk membuatnya. Sahabat Sehat juga bisa memodifikasi sendiri dari resep yang ada tersebut.

Serabi merupakan salah satu jajanan tradisional yang sejak dulu masih dilestarikan. Banyak dijumpai di pasar tradisional, pusat jajanan, bahkan di beberapa kota ada outlet khusus menjual kue ini. Karena merupakan jajanan legendaris banyak yang memburunya.

Saat ini bahkan dimodifikasi dengan berbagai varian rasa serta topping. Penjualannya berpindah, tidak lagi di pasar tradisional tetapi masuk ke kafe modern. Dengan nama dan cita rasa sama, serabi dijual lebih mahal karena daya tariknya sebagai kue legendaris.

Cita rasa varian original adalah manis, gurih bertekstur lembut. Bahan dasarnya dari tepung besar, santan ditambah berbagai toping diatasnya. Cara membuatnya mudah, Sahabat Sehat bisa melakukannya di rumah.

BELANJA KEBUTUHAN BERAS ORGANIK DI SUPERMARKET SEHAT SESA.ID

Cara Membuat Serabi Tepung Beras

Salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum membuat serabi adalah peralatan memasaknya. Jika Sahabat Sehat berkunjung ke Solo, akan mudah menemui produsen kue legendaris ini. Keunikan tampak dari peralatan memasak yang berupa wajan kecil dari bahan anti lengket.

Wajan kecil ini ditempatkan di atas tungku arang. Jadi kebanyakan memasaknya masih menggunakan cara tradisional. Salah satu yang menjadikan cita rasa khas adalah dari pengasapan, sehingga aromanya lebih keluar.

Di era modern ini cara membuat serabi tepung beras jadi semakin simple. Sahabat Sehat tidak perlu repot menyiapkan tungku, arang, dan wajan kecil dalam jumlah banyak. Bisa menggunakan cetakan anti lengket yang banyak dijual di pasaran.

Sebelum memulai, siapkan bahan utama serta topping. Kemudian jangan lupa juga daun pisang yang sudah dibersihkan sebagai tempat menampung saat masih panas. Mengapa daun pisang, sebab menambah aroma harum, untuk caranya seperti berikut ini.

BACA JUGA: Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

  1. Siapkan bahan

  • Siapkan tepung beras putih sebanyak 200 gram.
  • Santan kelapa 500 ml yang dibuat dari ½ butir kelapa. Untuk lebih praktisnya bisa juga menggunakan santan cair instan atau sesuai selera.
  • Garam halus sebanyak ¼ sendok teh.
  • Gula pasir halus sesuai selera.
  • Pewarna makanan, ini bisa di skip jika ingin warna putih alami saja.

Setelah bahan siap semua cara membuat serabi tepung beras selanjutnya adalah menyiapkan bahan kuah. Kuah ini disebut kuah kinca, memiliki cita rasa manis, sedikit kental, berwarna cokelat.

Bahan kuah terdiri dari gula merah sebanyak 120 gram, santan kelapa kental, daun pandan, garam halus dan gula pasir. Campur semuanya dalam wadah panci kemudian masak sampai mendidih.

Tips membuat kuah, sebaiknya diaduk secara perlahan secara terus menerus sebab terdapat santan di dalamnya. Tujuannya supaya santan tidak pecah, jadi tampilannya bagus. Cara membuat serabi tepung beras bisa dilakukan setelah kuah kinca selesai.

  1. Cara membuat serabi tepung beras

Pertama, buat dahulu adonannya. Siapkan baskom atau wadah bersih yang bisa menampung banyak. Campur bahan berupa tepung, gula dan garam lalu aduk perlahan sampai tercampur rata.

Masukkan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk supaya tidak menggumpal. Tambahkan terus santan sampai mencapai kekentalan tertentu supaya mudah diambil menggunakan sendok.

Lanjut, masukkan perasan air daun suji sebagai pewarna alami. Aduk perlahan sampai semua tercampur rata. Untuk warna ini bisa tidak pakai, nanti hasilnya berwarna putih.

Panaskan pan, wajan, cetakan atau apa saja yang akan Sahabat Sehat gunakan untuk membuatnya. Kemudian tuangkan adonan satu sendok ke dalam cetakan, segera tutup kemudian tunggu sampai matang, antara 2 sampai 3 menit.

Teruskan proses mulai menuangkan adonan sampai selesai. Cara membuat serabi tepung beras selesai, hasilnya bisa ditampung dulu di atas wadah beralaskan daun pisang.

BACA JUGA: Keunggulan Beras Organik untuk Bayi

  1. Toping

Untuk toping ini sebenarnya merupakan hasil modifikasi modern. Ada banyak bahan bisa digunakan seperti nangka, meses, chocochip, pisang, duren dan sebagainya. Pemberiannya saat adonan sudah setengah matang.

Cara membuat serabi tepung beras versi modern bukan hanya menambahkan toping, tapi dibuat juga adonan warna-warni. Tidak heran jika serabi yang ditemui bukan hanya putih dan hijau tapi ada merah, ungu, biru, pink, kuning, cokelat dan sebagainya.

  1. Penyajian

Langkah selanjutnya adalah penyajian. Siapkan wadah berupa piring atau mangkok yang agak datar. Ambil satu buah serabi kemudian siram dengan kuah kinca, Sahabat Sehat sudah bisa langsung menikmatinya saat sudah hangat atau dingin.

Jika ingin dibuat sebagai barang dagangan kuah bisa dipindah dalam kantong plastik. Kemudian bersamaan dengan serabi dimasukkan dalam kotak mika. Tampilannya lebih bagus, lebih aman dan menjual.

Ada banyak versi serabi yang bahan dasarnya sama tapi pembuatan dan penyajian sedikit berbeda. Cara membuat serabi tepung beras di atas bisa jadikan referensi pembuatan Sahabat Sehat.

Sumber Referensi: www.resepkuerenyah.com

Tags: