Home » Blog » 14 Manfaat Beras Merah untuk Bayi dan Tips Memilihnya

14 Manfaat Beras Merah untuk Bayi dan Tips Memilihnya

manfaat beras merah untuk bayi

Banyak orang sudah mengerti bahwa manfaat beras merah untuk bayi tidak boleh dianggap sebelah mata. Namun jarang orang mengerti sebenarnya apa manfaatnya secara spesifik ketika dikonsumsi.

Oleh karena itu kami disini akan memberikan beberapa informasi penting seputar bahan makanan sehat satu ini. Sehingga Sahabat Sehat sebagai pembaca bisa menambah pengetahuan dan mampu mengimplementasikannya.

Kemudian ternyata banyak juga orang yang masih sering salah dalam memilih sehingga manfaatnya kurang maksimal. Kami juga akan menjelaskan trik memilih sehingga ini bisa dijadikan sebagai aspek pertimbangan.

Demi pertumbuhan buah hati secara optimal jangan sampai menganggap remeh aspek seperti ini. Semakin jeli Sahabat Sehat dalam memilih maka hasil yang nantinya diperoleh juga akan sangat memuaskan.

DAPATKAN BERAS MERAH ORGANIK DI SESA.ID

Manfaat Beras Merah untuk Bayi

Berikut ini akan kami jelaskan secara total apa saja manfaat yang bisa diperoleh buah hati dengan mengkonsumsi beras merah. Jadi Sahabat Sehat sebagai orang tua bisa menimbang apakah manfaatnya besar atau tidak.

Berah Merah Organik

Beras Merah Organik SESA

1. Mendukung perkembangan otak

Kandungan multivitamin pada bahan ini dapat menjadi salah satu suplai paling bagus untuk mendukung perkembangan otak. Dimana anak usia dini sangat membutuhkannya dalam jumlah besar.

BACA JUGA: Manfaat Makan Beras Mentah dan Efek Sampingnya

2. Meningkatkan regenerasi sel mata

Apabila regenerasi sel mata pada usia dini sudah bagus maka buah hati akan jauh dari risiko menggunakan kacamata. Tentu saja ini akan sangat berguna karena waktu hidupnya masih sangat panjang.

3. Menjaga kesehatan mulut

Enzim yang terkandung dalam bahan ini juga dapat digunakan untuk mendukung kesehatan mulut. Pada saat usia seperti ini memang saluran pencernaan paling awal perlu kita perhatikan.

4. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat beras merah untuk bayi paling penting untuk perkembangan usia dini adalah menyehatkan jantung. Apabila kita dukung dengan suplai yang baik tentu saja ini akan mudah didapatkan.

5. Menjaga metabolisme tubuh

Jika kita menggunakan beras merah sebagai asupan utama maka metabolisme dalam tubuh anak akan optimal. Ini akan sangat baik karena mereka masih perlu aktif setiap hari.

Beras Merah Organik menu makanan sehat

Beras Merah Organik Z Go

6. Menyehatkan usus

Sekali lagi saluran pencernaan akan lebih sehat apabila konsumsi yang digunakan juga bagus. Beras merah memberikan salah satu manfaat terbesarnya pada usia dini yaitu dalam aspek pencernaan.

7. Melancarkan buang air besar

Kandungan serat yang kaya dalam bahan satu ini dapat melancarkan buang air besar. Jadi buah hati akan jauh dari potensi gangguan sembelit yang tentu saja cukup mengganggu keseharian mereka.

8. Mengoptimalkan pertumbuhan tulang

Pertumbuhan tulang pada usia dini memang perlu kita perhatikan secara seksama. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan beras merah karena ini kaya akan kalsium dan fosfor.

BACA JUGA: Cermati 3 Beda Beras Organik dan Non-Organik Sebelum Membeli 

9. Mengoptimalkan regenerasi sel kulit

Memang ketika usia dini luka eksternal sangat mudah diperoleh oleh buah hati kita. Agar bekasnya tidak permanen kita perlu memberikan asupan yang tepat agar itu bisa hilang secara cepat.

10. Mengoptimalkan pertumbuhan gigi

Pertumbuhan gigi susu dapat ditopang dengan asupan kalsium dan vitamin k yang tinggi oleh manfaat beras merah untuk bayi. Jadi ini akan membuat pertumbuhan gigi semakin bagus dan ketahanannya optimal.

11. Memperkuat otot mata

Kandungan vitamin a yang tinggi pada beras merah ini juga bagus untuk menjaga kondisi otot mata. Apabila otot mata dalam pertumbuhan prima maka gangguan penglihatan juga dapat kita mitigasi.

12. Menyeimbangkan berat badan

Banyak orang menyukai apabila buah hati mereka memiliki berat badan tinggi. Padahal ini akan kontraproduktif, justru bobot seimbang adalah salah satu kunci anak sehat.

13. Meningkatkan imun tubuh

Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam beras merah ini memberikan boosting pada imunitas tubuh. Jadi buah hati bisa terjaga kesehatannya dan tetap aktif sepanjang hari.

14. Mengoptimalkan pembakaran lemak

Kandungan glukosa dan lemak yang rendah pada beras merah akan memacu pembakaran lemak dalam tubuh lebih tinggi. Jadi buah hati akan memiliki postur tubuh yang ideal.

Masih ada banyak lagi manfaat beras merah untuk bayi secara spesifik yang bisa diperoleh dari konsumsi rutin. Jadi nantinya kita bisa menggunakan bahan ini sebagai asupan utama agar kesehatan anak kita semakin optimal.

Cara Memilih Beras Merah untuk Konsumsi Bayi

Banyak orang masih bingung ketika hendak memilih beras merah karena sekarang rata-rata semuanya kemasan. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips agar Sahabat Sehat tidak salah dalam menentukan pilihan.

1. Organik

Banyak produk kemasan yang menjual beras merah organik, ini merupakan pilihan terbaik untuk keluarga. Jangan gunakan produk yang tidak organik karena potensi adanya zat berbahaya juga tinggi.

Apalagi ketika kita menggunakan non organik maka harus dicuci lebih lama dan ini berpotensi menghilangkan kandungan berharga. Jadi lebih baik menggunakan yang organik agar bisa mendapatkan manfaat secara utuh.

2. Kemasan tight seal

Selalu pilih kemasan yang kedap udara karena ini digunakan untuk menjaga kemurnian dari beras merah itu sendiri. Apabila dikemas menggunakan plastik biasa akan banyak potensi masuknya udara.

Adanya udara yang masuk tersebut juga berpotensi membuat kontaminasi dari luar. Ini akan cukup buruk dan membuat kualitas beras merah tersebut terdegradasi sehingga tidak ada bedanya dengan beras biasa.

3. Memiliki standar BPOM

Selalu pastikan bahwa merk beras merah kemasan yang hendak Sahabat Sehat beli telah memiliki standar BPOM. Ini artinya produk tersebut sudah lolos uji dan dipastikan memiliki kualitas bagus.

Akan cukup mengkhawatirkan apabila Sahabat Sehat menggunakan produk tanpa BPOM karena kandungan di dalamnya tidak jelas. Jadi lebih baik berhati-hati dengan memastikan adanya BPOM pada kemasan.

Agar lebih aman dalam memilih beras merah untuk si kecil Sahabat Sehat bisa menggunakan sesa.id sebagai tempat membeli. Bisa juga dengan cara memasang dari Playstore dan Appstore secara gratis.

Dengan mengetahui berbagai aspek penting mulai dari manfaat sampai cara memilih tadi tentu sekarang Sahabat Sehat menjadi lebih tahu. Bahwa manfaat beras merah untuk bayi sangat bagus dan perlu kita jadikan asupan utama.

 

  1. https://hellosehat.com/parenting/bayi/gizi-bayi/manfaat-beras-merah-untuk-bayi/
  2. https://hamil.co.id/bayi/makanan-bayi/manfaat-beras-merah-untuk-bayi
  3. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-beras-merah-untuk-bayi-cara-memasak

 

Sumber Gambar:

sesa.id