fbpx
Skip to content
Home » Blog » Cara Memasak Kerang Sederhana dengan Mudah dan Lezat

Cara Memasak Kerang Sederhana dengan Mudah dan Lezat

Cara memasak kerang sederhana

Apakah Sahabat Sehat sedang mencari cara memasak kerang sederhana yang lezat dan nikmat? Sahabat Sehat tidak perlu khawatir karena kerang menjadi salah satu bahan makanan yang sebenarnya cukup mudah diolah untuk menjadi makanan yang sangat lezat.

Sekarang juga kaya akan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, ketika Sahabat Sehat mengonsumsi kerang tentunya ini sangat baik untuk tubuh. Apalagi jika Sahabat Sehat mengolahnya dengan cara yang benar.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh Sahabat Sehat ketika membeli kerang yaitu kebersihan dan kualitasnya. Dengan begitu nantinya Sahabat Sehat bukan hanya mendapatkan manfaat dari mengonsumsi kerang, akan tetapi cita rasanya juga akan lebih nikmat.

DAPATKAN KERANG DAN SEAFOOD SEGAR LAINNYA DI SESA.ID

Manfaat Mengonsumsi Kerang yang Perlu Sahabat Sehat Ketahui

Sebelum membahas mengenai cara memasak kerang sederhana, penting bagi Sahabat Sehat untuk mengetahui berbagai macam manfaat mengonsumsi kerang. Kerang adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Karena ada banyak sekali nutrisi yang terdapat pada kerang seperti misalnya protein dan asam lemak omega-3. Salah satu manfaat mengonsumsi kerang yaitu bisa menjaga kesehatan pada jantung.

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada kerang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar trigliserida. Oleh karena itu, mengonsumsi satu porsi kerang, ini bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah atau mengatasi berbagai macam masalah pada jantung.

Akan tetapi Sahabat Sehat tetap harus mengonsumsi nya dalam batas wajar jangan sampai berlebihan. Manfaat mengonsumsi pada cara memasak kerang sederhana kerang yang kedua yaitu untuk mengatasi anemia.

Kerang merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat besi, sehingga bisa meningkatkan hemoglobin. Sebagai informasi saja, hemoglobin merupakan sebuah protein khusus yang memiliki fungsi untuk membawa oksigen di dalam darah ke seluruh tubuh.

BACA JUGA: Inilah Jenis Jenis Udang yang Populer dan Banyak Dijual

Oleh karena itu hemoglobin ini memiliki fungsi yang cukup penting yaitu menjamin organ-organ tubuh menerima Oksigen yang cukup. Penuhi kebutuhan ini dengan memakan kerang yang bisa diolah secara sederhana saja.

Ternyata kerang juga bisa membantu menjaga fungsi sistem saraf. Karena dalam kerang Ini mengandung vitamin B12 yang memiliki peran penting untuk membantu sistem saraf agar bisa berfungsi dengan normal.

Kerang Hijau Beku

Kerang Hijau

Cara Memasak Kerang Sederhana, Kerang Bumbu Merah

Ketika Sahabat Sehat kekurangan vitamin B12 ini akan sangat berisiko untuk mengalami masalah pada sistem saraf. Ketika terjadi masalah pada sistem saraf ini bisa membuat penurunan fungsi otak. Maka dari itu, ketahui cara memasak kerang.

Cara pertama yang bisa Sahabat Sehat coba yaitu memasak kerang bumbu merah. Caranya sangat mudah dan ini merupakan masakan yang sangat cocok untuk para pecinta pedas. Berikut langkah-langkah cara memasak kerang sederhana.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Scallop? Atau Kerang Simping

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya juga tidak terlalu banyak. Jadi Sahabat Sehat mungkin sudah memilikinya di dapur. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat kerang bumbu merah pedas.

  • 350 gram kerang
  • Jahe diparut secukupnya
  • Garam, gula, dan merica
  • Kecap manis
  • Sdm saus tomat
  • Minyak goreng untuk menumis
  • 6 cabai merah besar
  • 3 bawang putih
  • Cabai rawit
  1. Membersihkan kerang kemudian merebusnya

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu membersihkan kerang kemudian merebusnya dengan air mendidih. Pastikan Sahabat Sehat membersihkan kerang sampai bersih. Ini sangat penting supaya tidak ada kotoran yang menempel.

Jika sudah silahkan langsung saja tiriskan kerang, kemudian setelahnya Sahabat Sehat bisa membuang air sisa yang sebelumnya digunakan untuk merebus.

  1. Tumis bumbu sampai harum

Cara memasak kerang sederhana selanjutnya yaitu menumis bumbu sampai harum. Panaskan wajan dan minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu yang sebelumnya telah disiapkan seperti jahe, saus tomat, kecap manis, bawang putih, cabe rawit dan kerang yang sudah direbus.

Setelah itu, tambahkan beberapa bumbu tambahan seperti garam, gula dan merica. Aduk bahan-bahan sampai dengan merata dan matang.

  1. Selesai

Ketika sudah matang jangan lupa untuk mencicipinya terlebih dahulu, sedikit saja sudah cukup. Jika dirasa masih ada yang kurang Sahabat Sehat bisa menambahkan bumbu supaya rasanya menjadi lebih sedap.

Kerang adalah salah satu bahan makanan yang sebenarnya sangat nikmat dengan cara dimasak seperti apapun. Semoga saja sekarang Sahabat Sehat sudah tidak kebingungan lagi ketika akan memasak kerang setelah membaca cara memasak kerang sederhana di atas.

Https://www.merdeka.com/trending/cara-memasak-kerang-yang-lezat-dan-mudah-dibuat-di-rumah-kln.html

Https://www.halodoc.com/artikel/intip-kandungan-nutrisi-kerang-dan-manfaatnya