fbpx
Skip to content
Home » Blog » Manfaat Udang untuk Ibu Hamil yang Bisa Diperoleh

Manfaat Udang untuk Ibu Hamil yang Bisa Diperoleh

Kira-kira apa saja manfaat udang untuk ibu hamil yang bisa didapatkan saat mengandung janin? Tahukah Sahabat Sehat jika ternyata udang mempunyai nutrisi yang baik untuk ibu hamil?

Jika Sahabat Sehat ingin mengetahui apa saja khasiatnya tersebut, simak penjelasan kami pada tulisan ini. Kami akan membahas mengenai apa saja yang diperlukan ibu hamil sehingga dapat dipenuhi oleh kandungan dari udang.

Selain itu, di tulisan kami ini, Sahabat Sehat juga akan mendapatkan ide atau wawasan mengenai masakan dengan menggunakan udang. Jadi perhatikan baik-baik penjelasan kami di bawah ini.

DAPATKAN UDANG DAN MAKANAN SEAFOOD LAINNYA DI SESA.ID

Apa yang Diperlukan dan Manfaat Udang untuk Ibu Hamil?

Agar baik ibu maupun janin dalam kandungan memiliki kesehatan baik, nutrisinya juga harus tercukupi. Apa saja nutrisi tersebut yang mungkin juga bisa didapatkan dari udang untuk ibu hamil?

  1. Protein

Nutrisi pertama yang harus tercukupi pada ibu hamil adalah protein. Protein berperan sangat penting dalam perbaikan jaringan, sel, maupun otot yang mengalami kerusakan.

Protein juga dapat berperan untuk meningkatkan suplai darah di dalam tubuh ibu hamil. Ketika mengandung, manusia membutuhkan produksi darah dengan jumlah lebih banyak dari biasanya.

Protein juga mampu mendukung proses berkembangnya janin, terutama pada perkembangan otak. Maka dari itu, nutrisi ini begitu penting bagi perempuan yang sedang mengandung.

  1. Zat Besi

Nutrisi kedua adalah zat besi dan nutrisi ini bisa Sahabat Sehat dapatkan dari udang. Zat besi merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk menambah pasokan darah yaitu dengan membuat sel darah merah.

Dikarenakan sedang mengandung, kebutuhan darah dalam tubuh akan bertambah sangat banyak. Sehingga zat besi juga sangat dibutuhkan dalam masa kehamilan ini. Dengan mengonsumsi zat besi dengan cukup bisa mencegah ibu dari anemia.

Kebutuhan nutrisi ini akan semakin bertambah seiring berkembangnya usia kehamilan. Itulah sebabnya manfaat udang untuk ibu hamil cukup berperan dalam masa kehamilan.

Udang Vaname Fresh

Udang Vaname Fresh

  1. Asam Folat

Selanjutnya ada asam folat. Asam folat dapat berperan dalam pencegahan risiko cacat lahir pada bayi. Selain itu, nutrisi ini juga berperan untuk mencegah keguguran serta kelahiran prematur.

  1. Omega 3

Omega 3 adalah jenis asam lemak yang diperlukan dalam perkembangan otak, sistem saraf, serta penglihatan dari bayi. Selain itu, nutrisi ini juga dibutuhkan untuk mencegah risiko kelahiran prematur.

Manfaat udang untuk ibu hamil dapat Sahabat Sehat ketahui dari nutrisi yang satu ini. Itu disebabkan karena udang mempunyai kandungan omega 3 di dalamnya, maka dari itu udang dikatakan sehat.

  1. Vitamin

Meskipun masih ada banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil, kami akan membahas satu poin lagi, yaitu vitamin. Vitamin yang dibutuhkan ketika seorang perempuan mengandung biasanya adalah vitamin C dan vitamin D.

Vitamin C berperan sebagai nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan sel darah merah. Sedangkan vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium sehingga membantu pertumbuhan tulang serta gigi dari janin.

BACA JUGA: 10 Khasiat & Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Mampu Atasi Alergi

Inilah Manfaat Udang untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan ketika seseorang mengandung, berikut akan kami jelaskan poin selanjutnya. Yaitu poin mengenai apa saja manfaatnya.

Udang Kupas Java Sea

Udang Kupas

  1. Kaya akan Nutrisi

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak nutrisi untuk ibu hamil yang dapat ditemukan pada udang. Misalnya omega 3, di mana nutrisi ini bisa mengurangi risiko kelahiran prematur serta bermanfaat untuk perkembangan janin.

Selain omega 3, udang juga mempunyai zat besi yang bermanfaat dalam produksi sel darah merah sehingga ibu tercegah dari anemia. Tidak hanya itu, Sahabat Sehat juga dapat menemukan protein serta vitamin yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil.

  1. Manfaat Udang untuk Ibu Hamil Mengatasi Rambut Rontok

Terkadang sering dijumpai perempuan yang sedang mengandung serta menyusui mengalami kerontokan rambut. Solusi dari masalah tersebut dapat diatasi dengan udang.

Udang memiliki kandungan mineral zinc untuk membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, rambut Sahabat Sehat bisa menjadi lebih kuat serta sehat.

  1. Rendah Kalori

Bagi para perempuan mengandung yang tidak ingin mengalami peningkatan berat badan, mungkin bisa coba untuk mengonsumsi udang. Selain banyak nutrisi di dalamnya, makanan laut ini juga mempunyai kalori rendah.

BACA JUGA: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Cek Faktanya Disini

Masakan Udang yang Umum ditemui

Lalu, apakah sekarang Sahabat Sehat sudah mengetahui apa saja manfaatnya? Jika sudah, sekarang kami juga akan memberitahukan beberapa referensi masakan untuk mengolah udang.

Hewan laut ini sebenarnya bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Dimulai dari masakan menggunakan saus tiram, digoreng dengan tepung atau oatmeal, bahkan bisa juga dibakar dengan saus merah.

Sahabat Sehat juga bisa menemukan masakan udang yang dicampur dengan telur asin ataupun saus padang. Apapun masakannya, jangan lupa untuk mengonsumsi secukupnya dan pilihlah sesuai dengan preferensi Sahabat Sehat.

Ketika dalam kondisi hamil, makanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat bermanfaat bagi tubuh ibu hamil. Sahabat Sehat sekarang sudah mengerti tentang manfaat udang untuk ibu hamil.

  • https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/nutrisi-zat-gizi-ibu-hamil/
  • https://www.prenagen.com/id/manfaat-udang-bagi-kesehatan#:~:text=Manfaat%20udang%20untuk%20ibu%20hamil,mengurangi%20risiko%20bayi%20lahir%20prematur.
  • https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/resep-udang-paling-enak?page=all