fbpx
Skip to content
Home » Blog » Dampak Makan Ikan Salmon untuk Ibu Hamil Ternyata Sehat

Dampak Makan Ikan Salmon untuk Ibu Hamil Ternyata Sehat

Ikan salmon untuk ibu hamil ternyata mempunyai banyak manfaat yang bisa diperoleh. Maka dari itu, apakah Sahabat Sehat tahu apa saja manfaat dari makanan tersebut?

Dalam tulisan artikel ini, kami akan membahas mengenai topik tersebut. Tujuannya adalah agar Sahabat Sehat bisa memahami bahwa jenis ikan ini adalah jenis yang cocok bagi ibu hamil.

Kami akan membahas apa saja kandungan yang ada dalam ikan ini dan apa dampaknya bagi ibu hamil. Kami juga akan memberitahukan apa saja olahannya yang biasanya sering dijumpai.

DAPATKAN IKAN SALMON DAN IKAN SEGAR LAINNYA DI SESA.ID

Kandungan dan Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya dengan manfaat dan nutrisi. Namun apa sajakah kandungan serta manfaat yang dapat Sahabat Sehat dapatkan dari memakan makanan ini?

  1. Baik untuk Jantung

Manfaat pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Mengapa? Ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya dan bermanfaat bagi menjaga jantung tetap sehat.

Selain itu, omega 3 juga dapat membantu dalam hal mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh. Pencegahan peradangan ini dapat mencegah penyakit jantung.

  1. Bermanfaat untuk Rambut

Manfaat ikan salmon untuk ibu hamil dan orang lainnya yang selanjutnya adalah bagi kesehatan rambut. Asam lemak omega 3 dapat membantu peningkatan pertumbuhan rambut.

Selain itu, omega 3 juga dapat membuat rambut semakin berkilau. Jadi bagi Sahabat Sehat yang sedang ingin merawat rambut, mungkin bisa coba untuk mengonsumsi masakan olahan dari daging tersebut.

  1. Berpengaruh terhadap Kesehatan Tulang

Vitamin D dapat berperan dengan sangat penting dalam kesehatan tulang. Selain itu, tentunya vitamin ini dapat ditemukan di dalam salmon. Untuk itu, Sahabat Sehat direkomendasikan untuk mengonsumsinya.

Selain vitamin D, ikan ini juga mempunyai kandungan kalsitonin yang berfungsi untuk menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatannya. Sehingga dapat membantu dalam pencegahan osteoporosis serta osteoarthritis.

Daging Salmon Skinless

Ikan Salmon

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Apakah Sahabat Sehat masih ingat dengan kandungan dalam asam lemak omega 3? Ternyata nutrisi ini mempunyai manfaat lainnya bagi tubuh, yaitu untuk menjaga kesehatan mata.

Nutrisi ini dapat bermanfaat dalam pencegahan mata kering, mata lelah, serta penyakit degenerasi makula. Bagi Sahabat Sehat yang sedang mencari makanan untuk menjaga kesehatan mata, mungkin ini bisa menjadi pilihan tepat.

  1. Berperan dalam Perkembangan Otak

Manfaat ikan salmon untuk ibu hamil dan orang lainnya yang terakhir akan kami bahas adalah terkait dengan perkembangan otak. Hewan laut ini dapat meningkatkan daya ingat serta fungsi otak.

Asam lemak omega 3 EFA, vitamin A, vitamin D, serta selenium yang ada di dalamnya mampu mencegah kerusakan sistem saraf. Tidak hanya itu, nutrisi tersebut juga dapat bekerja sebagai antidepresan serta bermanfaat untuk menenangkan otak.

BACA JUGA: Manfaat Udang untuk Ibu Hamil yang Bisa Diperoleh

Inilah Dampak Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Setelah mempelajari manfaat dari ikan tersebut di atas, pada poin selanjutkan kita akan membahas mengenai dampaknya. Yaitu dampak ikan salmon jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sahabat Sehat bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

  1. Berperan dalam Perkembangan Sistem Saraf dan Otak Janin

Poin pertama dari ikan salmon untuk ibu hamil berhubungan dengan kesehatan otak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asam lemak omega 3 memang bermanfaat baik untuk otak.

Karena hal itulah, disarankan bagi para perempuan mengandung untuk mengonsumsi salmon. Dengan rutin mengonsumsi ikan ini, sistem saraf serta otak janin dapat berkembang dengan lebih baik.

makanan yang mengandung kolagen Salmon Premium Fillet Fresh

Ikan Salmon Premium

  1. Mencegah Preeklamsia

Salah satu hal yang perlu ibu hamil waspadai adalah terjadinya komplikasi pada kehamilan, contohnya preeklamsia. Kondisi ini dapat berakibat fatal baik bagi ibu maupun bagi janin.

Asam lemak omega 3 pada salmon dapat menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi. Sehingga kondisi preeklamsia juga dapat dicegah untuk terjadi. Untuk itu, mengonsumsi ikan salmon menjadi rekomendasi paling tepat.

  1. Mencegah Kelahiran Bayi Prematur

Dampak baik ikan salmon untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat mencegah kelahiran bayi prematur. Dengan mengonsumsi gizi baik selama masa kehamilan, risiko terjadinya kelahiran bayi prematur dapat diperkecil.

Asam lemak dapat mempengaruhi perihal persalinan ini. Jadi, para perempuan yang sedang mengandung sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi dengan asam lemak seperti salmon.

  1. Ikan Salmon untuk Ibu Hamil Bisa Menurunkan Depresi

Setelah melahirkan, perempuan bisa mengalami sebuah depresi yang dinamai postpartum depression. Jika ini terjadi, baik diri sendiri maupun anaknya bisa jadi tidak terawat.

Maka dari itu, perempuan yang sedang mengandung dianjurkan untuk mengikuti pola makan sehat. Asam lemak omega 3 pada ikan salmon dapat memperbaiki suasana hati sehingga terhindar dari depresi.

BACA JUGA: Cara Memasak Ikan Salmon Agar Tidak Amis dengan Suhu Tinggi

Masakan yang Menggunakan Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa manfaat dari ikan salmon bagi ibu hamil. Kaya akan nutrisi, bukan? Sekarang kami akan memberikan beberapa referensi mengenai masakan dengan olahan ikan salmon.

Dengan referensi ini, Sahabat Sehat mungkin bisa mempunyai ide untuk membuat olahan dari daging tersebut. Salmon dapat dimasak dengan menggunakan saus teriyaki atau saus lemon.

Bagi Sahabat Sehat yang suka pedas, mungkin bisa memasaknya dengan menggunakan sambal kecombrang. Atau jika ingin masakan berkuah, mungkin bisa juga coba lodeh, sup, ataupun tahu. Salmon juga bisa digoreng.

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang sering Sahabat Sehat jumpai atau bahkan mungkin sering diolah. Setelah membaca penjelasan kami di atas, jangan ragu lagi mengenai dampak ikan salmon untuk ibu hamil.

  • https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-salmon-yang-bisa-diperoleh-bagi-kesehatan
  • https://www.alodokter.com/sederet-manfaat-ikan-salmon-untuk-ibu-hamil#:~:text=Mendukung%20perkembangan%20sistem%20saraf%20dan,saraf%20dan%20otak%20janin%2C%20lho.
  • https://www.briliofood.net/resep/10-resep-kreasi-ikan-salmon-sehat-enak-dan-bisa-untuk-mpasi-2008252.html