fbpx
Skip to content
Home » Blog » Mengenal Apa Itu Scallop? Atau Kerang Simping

Mengenal Apa Itu Scallop? Atau Kerang Simping

Tahukah kamu pengertian dari apa itu scallop? Scallop atau yang disebut sebagai kerang simping merupakan kerang dengan daging warna putih bersih dan teksturnya halus. Selain simping, juga dikenal sebagai kerang kampak.

Kerang simping banyak mengandung protein dan rendah lemak, sehingga banyak disukai oleh pecinta seafood. Tetapi kerang jenis scallop ini jarang dijumpai di resto seafood pinggir jalan, karena harganya lumayan mahal.

Jadi jika ingin mencobanya, Sahabat Sehat bisa membeli scallop mentahan kemudian diolah sendiri. Pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang kerang simping dan cara memasaknya yang benar untuk disajikan sebagai hidangan lezat.

DAPATKAN BERBAGAI SEAFOOD SEGAR DAN FRESH DI SESA.ID

Apa Itu Scallop atau Kerang Simping ?

Setelah memahami apa itu scallop di atas, masih ada banyak kandungan nutrisi lainnya di dalamnya. Sumber protein laut ini mengandung 17 gram protein serta 90 kalori per 85 gram porsi.

Selain itu masih terdapat 5 gram karbohidrat, 0,5 gram lemak, 333 mg asam lemak omega-3, 18,5 mcg selenium, dan 362 mg fosfor. Kandungan ini membuatnya cocok dijadikan sebagai menu diet sehat.

Scallop Daging Beku

Scallop Daging Beku

Adanya magnesium dan kalsium membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Cara mengonsumsinya juga harus diimbangi dengan makanan yang mengandung karbohidrat serta sayur sebagai sumber serat.

BACA JUGA: Ciri Ciri Daging Ayam Segar dan yang Aman Dikonsumsi

Untuk membuktikan apa itu scallop yang bergizi atau tidak, kamu harus membelinya di toko seafood bersih. Perawatan dan pengolahan yang benar membuat kandungan nutrisinya tidak terbuang.

Sebab dalam dagingnya mengandung vitamin B12, zinc, juga asam lemak omega-3 yang bisa menjaga sistem saraf dari penyakit seperti Alzheimer. Bahkan selenium di dalamnya mampu meminimalisir terserang segala jenis kanker.

Sahabat Sehat bisa mengolah scallop menjadi hidangan lezat dan menyehatkan. Namun sebelum diolah, perhatikan langkah – langkah berikut:

  1. Letakkan scallop di piring kemudian tutup menggunakan tisu makanan yang basah.
  2. Jika berencana akan dimasak esok hari, pastikan sudah memindahkannya dari freezer ke kulkas bagian bawah sejak semalam sebelumnya.
  3. Berdasarkan penjelasan pengertian apa itu scallop sebelumnya, maka sebaiknya Sahabat Sehat tidak mencucinya langsung di bawah air sekaligus. Hal ini dikarenakan ika mencairkan esnya langsung bisa menghilangkan tekstur maupun kesegaran kerang simping.

Cara Memasak Scallop atau Kerang Simping dengan Benar

Agar kandungan dalam scallop tidak hilang, Sahabat Sehat dapat mengikuti cara memasak dan mengolah yang benar seperti penjelasan berikut.

  1. Pilih Scallop yang Segar

Saat membeli kerang simping di pasaran, terdapat 2 jenis scallop berbeda. Pertama adalah scallop basah, yaitu yang ditempatkan dalam wadah berisi air. Kedua, scallop kering, yaitu yang sudah dipisah dari cangkangnya.

Daging tersebut sudah diletakkan dalam plastik kedap udara. Setelah memahami jenis – jenis apa itu scallop, selanjutnya pastikan untuk membeli yang bagian cangkangnya tidak rusak.

Scallop Telur Beku

Scallop Telur Beku

Sedangkan jika membeli scallop kering, pastikan warna dagingnya putih bersih disertai ada bagian kecil berwarna oranye. Saat disentuh, dagingnya terasa lembut dan keluar sedikit air, baunya amis layaknya seafood mentah lainnya.

  1. Bersihkan dari Kotoran dan Selaput

Langkah selanjutnya adalah membersihkannya dari kotoran, pasir, selaput, maupun bagian lainnya yang tidak perlu dimakan. Cukup merendamnya ke dalam air kemudian digoyangkan untuk mengeluarkan pasirnya.

Selanjutnya, buka cangkang kemudian sisakan dagingnya saja. Pastikan untuk membilas dan menghilangkan kotoran pada kerang dengan benar supaya kandungan garamnya yang banyak bisa sedikit menghilang.

BACA JUGA: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Cek Faktanya Disini

Apabila ingin dimasak bersama cangkangnya, pastikan menggosok cangkangnya menggunakan sikat sampai bersih. Setelah memahami apa itu scallop, cara memilih, hingga cara membersihkannya, selanjutnya dapat menuju tahap memasaknya.

  1. Pilihan Cara Mengolah Scallop

Memasak scallop bisa dilakukan dengan cara ditumis, dipanggang, atau direbus. Cara mengolah dengan menumis ataupun memanggang kerang simping dapat mematangkan bagian luar dagingnya saja.

Jadi tekstur lembut bagian daging dalamnya tetap terjaga. Sementara cara mengolah dengan direbus akan menjadikan daging scallop matang sempurna dari luar maupun dalam tapi tetap kenyal juga berisi.

  1. Gunakan Bumbu Rempah

Setelah memilih cara pengolahan scallop, selanjutnya adalah memilih bumbu rempahnya. Berdasarkan pembahasan mengenai apa itu scallop sebelumnya, dapat disimpulkan kerang ini merupakan sejenis moluska yang hidup di air asin yaitu laut.

Hal ini membuat dagingnya terasa sangat asin jika tidak dibersihkan dengan benar. Tingginya kandungan kadar garamnya di dalamnya dapat diatasi melalui cara membatasi jumlah penggunaan garam saat dimasak.

Sahabat Sehat dapat menggunakan rempah – rempah sebagai solusi alternatifnya. Misalnya menambahkan bawang putih, bawang merah, lada, hingga kemiri.

BACA JUGA: Kandungan Gizi Ikan Salmon

  1. Disajikan dengan Sayur atau Kacang – Kacangan

Agar hidangan scallop semakin sehat bergizi, Sahabat Sehat bisa menambahkan makanan berkarbohidrat dan sayur sebagai sumber serat. Misalnya brokoli, jamur, wortel, paprika, atau sayuran sehat lainnya yang mudah ditemukan.

Pada dasarnya, scallop mengandung banyak nutrisi layaknya kerang lain jika diolah dengan benar. Setelah memahami pengertian dari apa itu scallop dan cara mengolahnya yang benar maka bisa menghasilkan hidangan bergizi.

  • https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-sehat-memasak-scallop/
  • https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-scallop-atau-kerang-simping-seafood-yang-bernutrisi-tinggi
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/nutrisi-kerang-scallop-adalah/
  • https://doktersehat.com/gaya-hidup/gizi-dan-nutrisi/scallop/