fbpx
Skip to content
Home » Blog » Cara Memasak Shirataki tanpa Merusak Nutrisinya

Cara Memasak Shirataki tanpa Merusak Nutrisinya

Cara Memasak Shirataki

Cara memasak Shirataki sebenarnya mudah, namun tetap perlu diperhatikan supaya tidak menghilangkan nutrisi penting di dalamnya. Apalagi harganya lebih mahal dibanding beras atau mie biasa di pasaran.

Shirataki adalah jenis bahan makanan yang terkenal dari Jepang. Bentuknya ada 2 macam di pasaran yaitu mie dan yang sudah dipotong-potong menyerupai ukuran dan bentuk beras.

Salah satu kelebihan bahan makanan ini adalah rendah kalori. Tidak heran jika banyak dicari oleh para pelaku program diet sehat guna menurunkan berat badan. Poin pentingnya ada pada cara pengolahan yang tepat.

BELANJA SHIRATAKI DI SUPERMARKET SEHAT SESA.ID

Cara Memasak Shirataki tanpa Merusak Nutrisinya

Selain rendah kalori, Shirataki juga membantu perut merasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan keinginan ngemil. Pengolahannya harus tepat supaya nutrisi didalamnya tidak rusak, berikut beberapa metodenya.

  1. Direbus

Cara memasak Shirataki paling mudah dengan cara direbus menggunakan air selama 20 menit sampai benar-benar matang. Ciri saat sudah matang adalah warna berubah jadi putih bersih dan mengembang ukurannya sampai 4-5 kali lipat.

Organic Konjac Couscous Shirataki

Organic Konjac Couscous Shirataki

  1. Menggunakan penanak nasi

Karena sifatnya cepat lembek, maka perlu dicampur dengan beras biasa. Cuci beras dan Shirataki secara terpisah sampai bersih, tiriskan kemudian campurkan dalam panci penanak lalu tambahkan air, masak sampai matang kurang lebih 30 menit.

BACA JUGA: Keunggulan Beras Organik untuk Bayi

  1. Menggunakan panci penanak

Caranya cuci bersih beras putih biasa sebanyak 160 gram, rendam Shirataki kering selama 30 menit lalu tiriskan. Campur keduanya dengan air bersih sebanyak 300-350 ml. Masak pada panci atau wajan seperti membuat aron.

Setelah menjadi nasi aron, kukus selama 15 menit sampai benar-benar tanak. Cara memasak Shirataki ini mampu menjaga nutrisi di dalamnya sehingga tidak rusak serta rasanya jadi lebih enak karena ada campuran nasi biasa.

  1. Memasak dengan campuran lain

Cara awalnya sama dengan menggunakan penanak elektrik maupun panci. Setelah masak dan tanak, campurkan dengan kuah sup biarkan sampai dingin supaya cita rasa soup meresap.

Bisa juga dicampur dengan bumbu dijadikan nasi goreng. Jika khawatir terhadap kandungan kalori, menggorengnya bisa dengan cara disangrai saja atau memanfaatkan minyak zaitun.

Konjac Rice Shirataki

Konjac Rice Shirataki

Cara Memasak Shirataki dalam Bentuk Mie

Selain dalam bentuk bulir beras ada juga dalam bentuk mie. Biasanya dalam kemasan disertai dengan sedikit air untuk menjaga kelembaban dengan aroma yang sedikit asing. Ini disebut juga dengan Shirataki basah.

BACA JUGA: 20 Olahan Tempe dan Tahu Kekinian yang Sehat dan Lezat

Memasaknya perlu direndam terlebih dulu selama 2 sampai 3 menit menggunakan air bersih. Tujuannya supaya bahan kimia yang merupakan hasil dari proses pembuatannya dari pabrik dapat diminimalisir.

Setelah beberapa saat segera angkat dan tiriskan. Langkah selanjutnya rendam mie sampai tercelup semuanya dengan air baru. Kemudian rebus mie 2 sampai 3 menit menggunakan air panas mendidih.

Tingkat suhu perlu diperhatikan dalam cara memasak Shirataki mie ini. Jika terlalu panas dan lama akan menghasilkan tekstur alot yang tentu saja kurang nikmat saat disantap.

Setelah mie jadi sesuai dengan tingkat kekenyalan yang diinginkan, segera angkat dan dinginkan dalam wadah. Selanjutnya Sahabat Sehat bisa menyiapkan sayuran sebagai teman menyantapnya.

Bisa dipadukan dengan apa saja, sebab mie ini rasanya tawar jadi tidak akan merusak citarasa. Contoh dipadukan dengan tomyam, soup iga, kari kambing, kari ayam, rawon dan sebagainya.

Jadi dalam hal ini fungsinya adalah sebagai sumber karbohidrat, namun lebih rendah kalori dan tidak berasa. Sahabat Sehat bisa tetap makan enak sesuai makanan kesukaan dan kenyang lebih lama.

Konjac Spaghetti Shirataki

Konjac Spaghetti Shirataki

Berikut Cara Memasak dengan Memanggang

Selain direbus, digoreng ada juga metode memasak dengan cara dipanggang. Tapi bukan benar-benar dipanggang di atas bara api melainkan tetap diolah dulu sebelumnya atau bisa menggunakan bentuk basahnya.

Untuk cara memasak Shirataki ini usahakan menggunakan pan anti lengket supaya hasilnya maksimal. Sahabat Sehat hanya perlu sedikit minyak atau bisa diganti margarin, butter dan sejenisnya.

Mie yang sudah jadi, sisihkan terlebih dahulu. Kemudian siapkan bumbu dasarnya berupa bawang putih dan bawang Bombay cincang, daging cincang, bubuk penyedap, keju, bubuk oregano.

Panaskan wok pan atau panci anti lengket yang ada, beri sedikit margarin, aduk sampai meleleh lalu masukkan bawang putih dan Bombay. Tunggu sampai harum segera masukkan daging cincang, boleh ayam, sapi, sosis, tuna kaleng, udang dan sebagainya.

Tambahkan air kaldu sampai semua tercelup sempurna, tambah sedikit susu segar, masukkan mie. Lanjutkan dengan memasukkan bumbu penyedap, sedikit parutan keju untuk menambahkan rasa gurih.

Untuk penambahan saus, sambal dan gula tidak disarankan apabila Sahabat Sehat sedang menjalani diet. Namun jika menginginkannya bisa ditakar sendiri sesuai selera asal tidak berlebihan.

Daging cincang bisa diganti dengan sayuran seperti wortel, kentang, jagung manis, brokoli, daun kale, bayam dan sebagainya. Jadi bisa disesuaikan dengan selera juga metode diet yang sedang dijalani.

Cukup sederhana cara pengolahan bahan makanan satu ini karena rasanya yang fleksibel. Bisa masuk ke semua citarasa makanan lain, jadi Sahabat Sehat bisa berkreasi sendiri seperti apa cara memasak Shirataki lainnya.

 https://id.wikihow.com/Memasak-Mi-Shirataki

Gambar: Sesa.id