fbpx
Skip to content
Home » Blog » 20 Olahan Tempe dan Tahu Kekinian yang Sehat dan Lezat

20 Olahan Tempe dan Tahu Kekinian yang Sehat dan Lezat

olahan tempe dan tahu kekinian

Ada banyak olahan tempe dan tahu kekinian yang bisa Sahabat Sehat ikuti. Keduanya adalah bahan makanan ini berasal dari kacang kedelai. Di dalamnya terkandung protein juga serat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sebagai lauk, tahu tempe paling banyak diolah dengan cara digoreng. Tanpa bumbu macam-macam rasanya sudah enak. Kini ada banyak resep bisa Sahabat Sehat ikuti untuk membuatnya menjadi makanan enak.

BELANJA TAHU DAN TEMPE ORGANIK DI SESA.ID

20 Olahan Tempe dan Tahu Kekinian

Masyarakat semakin kreatif memadukan berbagai resep menjadi satu sajian menggugah lidah. Hasil inovasi serta kreativitas ini jadi solusi saat bosan menyantap kedua bahan makanan tersebut. Apa saja? berikut daftarnya.

  1. Tahu pop corn

Popcorn biasa dibuat dari jagung. Tetapi bahan dasarnya bisa diganti menggunakan olahan kacang kedelai satu ini. Caranya dengan dihancurkan terlebih dahulu, ditambah bumbu penyedap dan tepung kemudian digoreng.

Tahu Organik

Tahu Organik

  1. Tahu walik

Olahan tempe dan tahu kekinian berikutnya adalah dengan cara digoreng namun dibalik. Bukan hanya dibalik, tetapi juga diisi dengan adonan tepung tapioka dicampur dengan ayam atau udang cincang lalu digoreng.

BACA JUGA: Ketahui Resep Sayur Tahu Santan Ala Warteg Lezat dan Mudah Membuatnya

  1. Tahu crispy

Resep ini masih sama cara memasaknya yaitu dengan cara digoreng, namun tidak dibalik. Yang digunakan adalah jenis tahu putih tanpa kulit, potong-potong, kemudian balur dengan tepung crispy baru digoreng.

tahu crispy

  1. Sop tahu caisim

Sop, adalah sayur banyak kuah dengan bumbu utama bawang putih, bawang merah, jahe, merica. Bawang merah bisa di skip atau sesuai selera. Biasanya isian sop adalah sayuran, namun Sahabat Sehat bisa juga menambahkan tahu di dalamnya.

Tofu Natural Non GMO

Tofu Natural Non GMO

  1. Bestik

Ini merupakan salah satu resep andalan kota Solo, Jawa Tengah. Cara mengolahnya dengan dihancurkan terlebih dahulu, tambah daging ayam cincang, tepung tapioka, rebus lalu kukus. Lanjut dengan buat kuah bestik yang kuat bumbu kecap juga rempahnya.

BACA JUGA: 15 Ide Olahan Udang untuk Anak yang Mudah, Lezat dan Bergizi Yuk Coba

  1. Tahu bakso

Resep olahan tempe dan tahu kekinian satu ini cukup digemari. Cara buatnya mudah, cukup isi dengan adonan bakso. Biasanya dipakai daging sapi campuran daging ayam cincang, kukus, kemudian goreng. Namun dikukus saja juga enak.

  1. Perkedel

Cara buatnya sama dengan perkedel kentang. Pertama hancurkan, kemudian tambah telur dan bumbu bawang putih uleg, merica, garam. Bentuk bulat atau sesuai selera, gulingkan pada kocokan telur kemudian goreng.

  1. Tahu petis

Ini merupakan menu khas Semarang. Cukup digoreng, dibelah, bagian tengahnya disisipi dengan petis yang terbuat dari udang.

 

  1. Tahu susu

Ini merupakan olahan tempe dan tahu kekinian paling hits saat ini. Saat digoreng, dalamnya meleleh namun luarnya garing crunchy.

  1. Tahu bulat

Seperti namanya, bentuknya bulat. Biasa disajikan dengan saus asam manis dan cabai rawit hijau.

  1. Stik tempe keju

Cara buatnya, tempe dihancurkan, tambahkan bumbu penyedap serta parutan keju. Bentuk seperti stik atau korek api lalu digoreng. Ini jadi cemilan anak kekinian yang aman juga sehat.

Tempe Organik

Tempe Organik

  1. Steak

Membuat steak low budget bisa memanfaatkan bahan makanan dari kacang kedelai satu ini. Caranya, kukus, hancurkan, tambahkan telur dan bumbu penyedap, balur dengan tepung panir atau terigu biasa baru digoreng dan disajikan menggunakan saus barbeque.

  1. Tumis

Olahan tempe dan tahu kekinian satu ini sudah ada sejak dahulu, namun dikembangkan lagi terutama penggunaan bumbu. Saat ini tumis sering ditambahkan saus tiram, minyak wijen, kecap manis sehingga rasanya lebih oriental bukan lagi Asia.

  1. Lodeh

Tempe bisa juga dibuat atau ditambahkan pada sayur bersantan encer. Lodeh adalah sayur bersantan, isinya sayuran, di sini Sahabat Sehat bisa menambahkan tempe yang sudah digoreng dan dipotong kotak sebagai pelengkap.

  1. Perkedel

Pembuatannya sama seperti perkedel dari bahan makanan lain. Dikukus atau goreng tanpa bumbu, campur telur baru dibumbui, tambahkan tepung, bentuk sesuai selera, balurkan pada telur kocok, kemudian digoreng.

  1. Bola-bola

Tidak usah membeli Takoyaki yang mahal, Sahabat Sehat bisa membuatnya sendiri namun dari bahan berbeda. Salah satunya tempe, pada dasarnya sama seperti digoreng namun dibentuk bulat dan dicampur dengan sayuran seperti wortel dan brokoli cincang.

gamabr Bola bola tempe

  1. Combro

Combro adalah olahan tempe dan tahu kekinian sebagai isian, pembungkusnya dari singkong atau ubi. Bahan isian dibuat cincang dengan citarasa sedikit pedas.

  1. Mendoan

Mendoan adalah cara memasak tempe balut tepung kemudian digoreng setengah matang. Tepung yang digunakan dicampur dengan bumbu dan irisan daun bawang.

Tempe sumber probiotik

Tempe Organik

  1. Kering

Olahan tempe dan tahu kekinian selanjutnya adalah kering. Caranya dengan memotong tipis, lalu goreng garing, masukkan pada bumbu yang dimasak. Bumbu disini berupa irisan bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, gula merah dan rempah lainnya yang digoreng.

  1. Bacem

Cara membuatnya adalah dengan menyangrai bumbu dari bawang merah, bawang putih, ketumbar dan miri. Tambahkan air, kemudian bahan makanan dimasukkan, tambahkan garam, penyedap rasa, gula merah dan kecap manis.

Masih banyak jenis resep yang bisa Sahabat Sehat ikuti. Sehingga kebutuhan lauk tinggi protein setiap hari bisa terpenuhi dari olahan tempe dan tahu kekinian.

superapp.id/blog/resep/olahan-tahu/

superapp.id/blog/resep/olahan-tempe/

Sumber gambar:

id.pinterest.com

sesa.id

https://menumasakan.net/