Home » Blog » Cara Memasak Telur Puyuh Tidak Boleh Sembarangan! Simak Caranya di Sini

Cara Memasak Telur Puyuh Tidak Boleh Sembarangan! Simak Caranya di Sini

cara memasak telur puyuh

cara memasak telur puyuh – Telur puyuh menjadi salah satu hidangan yang sering diincar oleh masyarakat saat jamuan makan. Ya, telur puyuh bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Tapi, untuk menghasilkan masakan lezat ada cara memasak telur puyuh yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

Harus Memilih Telur Puyuh yang Benar-benar Berkualitas Baik

Dalam membuat hidangan telur puyuh yang pertama, Anda harus pandai menyortir telur yang baik kualitasnya. Ya, jangan sembarang memasukkan telur ke dalam panci karena jika ada yang busuk satu akan membuat kualitas telur lainnya menjadi kurang maksimal.

Kan telurnya di dalam cangkang, bagaimana cara mengeceknya? Mudah, Anda bisa menenggelamkannya ke dalam mangkuk atau baskom yang berisi air. Jika berhasil tenggelam ke dasar maka kualitas telur masih bagus.

Namun, jika telurnya mengambang maka sudah bisa dipastikan bahwa kualitas telurnya sudah buruk atau bahkan busuk. Nah masak yang tenggelam saja dan buang yang mengambang agar tidak mempengaruhi telur yang lain.

Tidak Perlu Menunggu Air Mendidih

Cara memasak telur puyuh yang benar selanjutnya adalah tidak perlu menunggu air untuk mendidih melainkan bisa masukkan langsung ke dalam panci. Ya, telur akan otomatis matang ketika suhu air mulai naik dan juga mendidih. Berbeda dengan memasak sayuran yang mudah layu jika dimasukkan sebelum air mendidih ya…

Masak Kurang Lebih 5 Menit

Untuk merebusnya juga tidak boleh terlalu lama tapi juga tidak boleh terlalu sebentar. Idealnya Anda cukup merebus telur puyuh 5 menit saja bahkan bisa kurang sesuai dengan jumlah telur dan airnya. Jika Anda akan langsung mengonsumsi telur setelah direbus maka pastikan matang sempurna.

Tapi, jika Anda masih ingin memasaknya misalnya dibuat gulai, balado, atau lainnya bisa setengah matang. Ya, karena nanti telur akan mengalami pemanasan kembali sehingga tidak akan terlalu matang.

Jangan Diaduk agar Tidak Pecah

Pada saat merebus telur puyuh usahakan jaga tangan Anda untuk tidak mengaduk-aduknya. Hal ini akan membuat cangkang telur menjadi pecah. Anda tahu sendiri bahwa cangkang telur puyuh sangat tipis jika dibandingkan cangkang telur ayam atau bebek.

Biarkan telur tetap berada di dalam panci dan biarkan terbalik secara sendirinya. Sebab, air yang mendidih akan membuat telur naik turus sesuai dengan pergerakan airnya. Apalagi jika telur yang Anda rebus jumlahnya sedikit dengan air yang banyak maka sama sekali tidak memerlukan pengadukan.

Tiriskan dan Langsung Masukkan ke Dalam Air Dingin

Setelah matang langsung masukkan telur ke dalam air dingin atau air es. Hal ini akan membuat suhu pada telur menjadi lebih cepat turun sehingga kematangannya tidak terlalu berlebihan. Penggunaan air dingin atau es juga mempermudah Anda mengupas cangkang telur dari telurnya.

Masak Telur Sesuai Selera

Setelah telur berhasil matang maka selanjutnya bisa dimasak  sesuai selera. Banyak sekali olahan telur puyuh yang bisa Anda buat seperti balado, bakwan, telur puyuh kecap, dan lain sebagainya.

Sesuaikan dengan selera Anda dan juga anggota keluarga. Masukkan telur puyuh belakangan karena sudah matang. Tetapi jika ingin lebih meresap masak lebih lama.

Begitulah beberapa cara memasak telur puyuh yang baik dan benar agar kualitasnya tetap terjaga untuk dikonsumsi oleh keluarga. Setelah itu Anda bisa memasaknya dengan menggunakan bumbu-bumbu sesuai selera. Untuk konsumsinya sebaiknya tidak berlebihan karena telur puyuh mengandung kolesterol tinggi.

Referensi: Mommyasia, Fimela
Photo by Klaus Nielsen from Pexels