Home » Blog » 5 Langkah Mempersiapkan Buah Beku Untuk Sahur

5 Langkah Mempersiapkan Buah Beku Untuk Sahur

5 Langkah Mempersiapkan Buah Beku Untuk Sahur
Photo by Marta Dzedyshko from Pexels

 

Mempersiapkan Buah BekuFrozen fruit merupakan cara membekukan buah setelah panen, agar masa simpan buah dapat lebih lama. Namun karena proses pembekuan ini banyak orang yang menyangsikan kandungan nutrisi frozen fruit itu tidak lebih baik dari buah segar. 

Namun ternyata dilansir dari Innovative Food Science & Emerging Technologies, tidak terdapat perbedaan kandungan gizi yang signifikan dalam kandungan nutrisi dan gizi dari buah beku asal diolah dengan benar. Hal ini menjadikan buah beku layak menjadi teman menu sahur yang penuh gizi. 

Buah yang umum digunakan adalah buah pisang, aneka buah beri (strawberry, blueberry, raspberry), buah naga, sirsak, kiwi, avokad, apel, dan melon.

Jika persediaan buah terlalu lama disimpan, bisa jadi malah busuk sebelum diolah. Tak hanya dijadikan es krim, buah beku juga cocok diolah menjadi smoothies. Olahan ini bisa menjadi teman makan sahur, Sahabat Sehat.

Yuk simak langkah-langkah mempersiapkan buah beku untuk sahur berikut ini:

Cuci Bersih Buah Segar

Langkah pertama dalam mempersiapkan buah beku adalah dengan mencuci buah yang akan dibekukan dengan air matang sampai benar-benar bersih. Pastikan anda memilih buah yang benar-benar segar. Jika ada bagian buah yang busuk, sebaiknya dibuang saja karena sudah tidak layak makan.

Gunakan sabun cuci buah dan sayur dengan bahan alami, seperti Sodasan untuk membersihkan pestisidan dan lilin yang menempel.

Kupas dan Potong Buah 

Setelah bersih, kupas dan potong buah sesuai selera. Sahabat Sehat bisa memotong buah menjadi ukuran yang lebih kecil dengan ukuran yang sama rata.

Hindari memotong buah secara asal karena akan menyebabkan buah beku secara tidak rata. Untuk buah berukuran kecil seperti blueberry, Sahabat Sehat bisa langsung membekukannya begitu saja.

Masukkan ke Dalam Wadah atau Zipper Bag

Siapkan wadah yang sebelumnya sudah dialasi dengan kertas roti, lalu simpan buah-buahan yang sudah dipotong tadi. Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa memasukkan buah-buah yang sudah dipotong ke dalam zipper bag setelah dicuci bersih.

Beri sedikit jarak antar buah agar nanti buah tersebut tidak saling menempel. Lalu masukkan buah-buah tersebut dalam freezer selama kurang lebih empat jam, atau sampai buah sudah benar-benar beku dan keras.

Hindari mencampur beberapa jenis buah dalam satu wadah plastik agar rasa dan aroma buah tidak berubah. Isi kantong plastik secukupnya saja, jangan sampai terlalu penuh.

Jangan lupa untuk menuliskan tanggal membekukan pada kemasan plastik. Hal ini bertujuan agar anda tahu kapan masa kadaluarsa buah. Setelah itu, masukkan kembali ke dalam freezer.

Olah Buah Beku Sesuai Selera

Buah yang sudah dikeluarkan dari freezer harus segera digunakan atau diolah menjadi smoothies maupun jus.

Pasalnya, setelah keluar dari freezer buah akan langsung mengalami perubahan kandungan zat gizi. Tambahkan madu atau yoghurt plain ke dalam campuran smoothies-mu agar lebih kaya nutrisi dan gizi.

Kadang kala, aktivitas yang padat dan apalagi saat ini bulan puasa, bisa membuat kita jadi sulit meluangkan waktu untuk membuat jus dan smoothies untuk langsung diminum. Banyak orang yang kemudian memilih untuk mengolah jus dan smoothies dalam jumlah banyak untuk kemudian diminum secara bertahap. 

 

Namun, Sahabat Sehat harus berhati-hati terhadap proses oksidasi yang mungkin terjadi. Proses oksidasi adalah interaksi antara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda.

Proses ini dapat menurunkan jumlah gizi yang terkandung dalam jus atau smoothies yang Sahabat Sehat buat. Nah, bagaimana? Tertarik untuk membuat smoothies untuk jadi menu sahur bernutrisimu? Jangan lupa penuhi kebutuhan #SehatSekarang -mu hanya di sesa.id!