Home » Blog » Cara Menggunakan Blender Kapsul dan 3 Tips Perawatannya

Cara Menggunakan Blender Kapsul dan 3 Tips Perawatannya

cara menggunakan blender kapsul

Teknologi selalu menyuguhkan berbagai kemudahan, tak terkecuali kemudahan mendapatkan nutrisi dan vitamin. Dalam dunia memasak tentunya kita mengenal blender atau alat pelumat makanan, kehadirannya sangat dibutuhkan untuk mempermudah mengolah bahan makanan.

Seiring berjalannya waktu, inovasi teknologi juga terjadi pada blender. Yup, kini hadir blender kapsul yang serbaguna dan mudah digunakan kapanpun dan dimanapun. Sudahkah Sahabat sehat tahu cara menggunakan blender kapsul yang benar? Yuk, simak ulasannya! Ada tips perawatannya juga, loh!

Mengenal Blender Kapsul

Blender kapsul merupakan turunan dari blender itu sendiri, perbedaan hanya pada inovasinya yang lebih praktis dan simple. Pisau blender ini terbuat dari material stainless dengan ketajaman baik dan anti karat sehingga memudahkan memotong buah, sayur dan daging sekalipun. Keunggulannya sering digunakan sebagai penghalus bumbu masakan.

Selain bentuk yang sederhana, blender kapsul memiliki empat mata pisau yang tajam, sehingga proses penggilingan lebih cepat dibandingkan blender biasa.

Cara Menggunakan Blender Kapsul

Berikut penggunaan blender kapsul yang tepat agar hasil penggilingan maksimal tanpa merusak komponen blender kesayangan.

  1. Siapkan bahan yang akan dihaluskan (cuci bersih terlebih dahulu)
  2. Siapkan blender kapsul, pisahkan motor (mesin) dengan storage cup (wadah blender)
  3. Pasang mata pisau (jika belum otomatis terpasang pada mesin)
  4. Masukkan bahan makanan ke dalam wadah blender
  5. Tutup bagian atas wadah dengan seal cover hingga rapat
  6. Pasang motor atau mesin blender di atas seal cover
  7. Hubungkan pada saluran listrik, kemudian tekan tombol bagian atas mesin hingga pisau bergerak
  8. Tekan hingga mencapai kelembutan yang diinginkan

3 Perawatan Blender Kapsul Yang Tepat

Setelah membeli blender kapsul, tentunya semua orang ingin barang elektronik tersebut memiliki umur pakai yang panjang dan awet. Ternyata perlu beberapa perawatan yang wajib dilakukan, berikut tipsnya!

1. Membersihkan Setelah Menggunakan

Hal ini harus dilakukan bahkan pada semua jenis barang elektronik maupun manual lainnya, tujuannya agar kondisi peralatan tetap bersih dan tidak memicu bersarangnya bakteri penyebab penyakit. Blender kapsul terdiri dari beberapa komponen, tapi yang perlu dibersihkan hanya wadah, mata pisau dan seal saja ya.. Untuk mesin, cukup bersihkan dari noda menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit air.

Bila Sahabat sehat sering menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu seperti kunyit, menyebabkan tertinggalnya noda kuning dan membuat tampilan blender kusam. Cara mudah menghilangkannya, cukup taburkan tepung maizena secara merata dalam blender dan seal, tunggu 3 hingga 5 menit, kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Handal melumatkan banyak jenis makanan menyebabkan blender meninggalkan bau tidak sedap meskipun telah dicuci bersih sekalipun. Bau tidak sedap menandakan beberapa bakteri tak terlihat masih menempel pada blender. Solusinya, Sahabat sehat bisa gunakan perasan lemon atau jeruk nipis. Iris buah lemon atau jeruk nipis, tambahkan 5 hingga 8 sendok makan air ke dalam blender, lalu diamkan beberapa saat, kemudian blender dapat dicuci seperti biasa.

3. Penyimpanan Tepat

Selain membersihkan, perawatan selanjutnya adalah memperhatikan tempat menyimpan. Pastikan dulu blender kapsul telah benar-benar kering setelah dicuci. Pilih rak dapur yang kering dan tidak lembap untuk mencegah bersarangnya hewan-hewan seperti kecoak dan cicak. Lebih baik lagi bila dibalut dengan gabus khusus atau bubble wrap.

Kapsul blender menjadi pilihan tepat bagi yang menginginkan alat pelumat dengan kekuatan giling lebih tajam namun hemat listrik. Cocok banget nih untuk Sahabat sehat yang tinggal di kos atau apartemen, kan?? Tunggu apalagi, yuk cari produknya di SESA.ID!

 

Referensi : BestList

Gambar dari Nutribullet

Tags: