Home » Blog » 3 Solusi Panci Penggorengan Aman Untuk Para Orang Tua 

3 Solusi Panci Penggorengan Aman Untuk Para Orang Tua

Panci Penggorengan

Semakin berkembangnya teknologi, kini tercipta peralatan masak yang semakin multifungsi dan tentunya aman bagi kesehatan. Mengulik kembali bahwa banyak faktor yang membuat masakan menjadi kehilangan vitamin yang diperlukan tubuh, salah satunya proses memasak.

Memasak dengan teknik yang salah akan menimbulkan bahaya kesehatan. Temperatur terlalu tinggi, penggunaan minyak goreng berlebih dan berulang, hingga material alat masak yang terikis dan bercampur dengan makanan, menjadi pemicu gangguan kesehatan.

Apakah Panci Bisa Untuk Menggoreng?

Jawabannya tentu bisa, panci penggorengan berbahan khusus justru memberikan banyak manfaat dibandingkan wajan berbahan teflon yang mudah terkikis saat proses menggoreng. Panci tersebut diklaim terbuat dari bahan dengan retensi suhu yang baik, sehingga dapat menjaga suhu tetap optimal dan konduktifitas suhu stabil, dengan begitu panas minyak menjadi lebih rata.

Mengulas Panci Penggorengan

Selain wajan, saat ini panci dapat digunakan sebagai alat untuk menggoreng. Bahkan, beberapa produk memiliki fitur anti lengket yang mana dapat menghemat penggunaan minyak goreng. Panci penggorengan umumnya memiliki material bahan yang tidak jauh berbeda dengan wajan, yakni material besi hingga enamel.

Tips Membeli Panci Penggorengan

Kegunaan dan manfaat yang besar tentunya membuat banyak orang tertarik untuk memiliki panci satu ini. Ada beberapa tips yang bisa sahabat sehat terapkan untuk mendapatkan panci pengorengan yang tepat harga dan tepat guna.

1. Sesuaikan Kebutuhan

Pilihlah panci sesuai kebutuhan keluarga sahabat sehat. Jumlah keluarga menentukan seberapa banyak masakan yang harus dibuat setiap harinya, jika anggota keluarga sahabat sehat lebih dari 4 orang, maka panci dengan dimensi 22 hingga 30 cm menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, bila sahabat sehat hanya tinggal sendiri atau jumlah anggota keluarga kurang dari empat orang, maka cocok dengan panci berdiameter 16 cm.

Tapi, tidak menutup kemungkinan sahabat sehat membutuhkan panci dengan diameter kecil meskipun telah memiliki ukuran yang lebih besar. Alasannya karena memasak lebih efisien dan penggunaan minyak bisa lebih ditekan. Pastikan pula diameter panci dengan tatakan kompor, semakin kecil diameter dari ukuran tatakan, akan menyebabkan penggorengan mudah terbakar.

2. Pelajari Material Panci

Mempelajari material panci sebelum membeli merupakan tindakan paling tepat, sebab dengan mengerti dan memahami material, sahabat sehat menjauhkan keluarga dari produk berbahaya yang sedang marak beredar di pasaran.

Pilih panci yang kokoh, tidak mengandung bahan perbahaya seperti PFOA (perfluorooctanoate) dan PFOS (perfluorooctane sulfonate). Sebuah studi memaparkan bahaya yang dtimbulkan dari dua zat kimia tersebut, yakni resiko gangguan tiroid hingga kanker.

Jika sahabat sehat sedang ingin mengurangi penggunaan minyak, pilih panci penggorengan dengan bahan dasar ceramic atau marble karena fungsi penghantaran panas yang baik tanpa penggunaan minyak berlebih.

3. Desain Panci

Pentingnya mengenal spesifikasi dan desain panci untuk mempermudah sahabat sehat ketika memasak. Pilih panci dengan fitur seperti gagang panci nyaman digenggam dan tidak menghantarkan panas. Bobot serta ukuran ideal sehingga mudah saat disimpan maupun digunakan. Disertai tutup panci untuk proses masak yang efisien dan nyaman.

Kondisi pandemi rupanya tak menjadi penghalang untuk mendapatkan peralatan masak yang aman bagi keluarga. Seperti panci penggorengan merk GreenPan telah tersertifikasi berbahan non-toksik dan anti-lengket dengan harga terjangkau.

GreenPan aman dan sehat karena tidak megandung PTFE & PFOA, terbuat dari material pasir alami, dan tidak menghasilkan gas beracun ketika dipanaskan berlebihan. Sahabat sehat bisa percayakan membeli panci GreenPan aman dan nyaman di SESA.id

Referensi : Grid

Gambar dari: Greenpan