Home » Blog » 4 Jenis Penggorengan Sedikit Minyak untuk Hidup Sehat dan Hemat

4 Jenis Penggorengan Sedikit Minyak untuk Hidup Sehat dan Hemat

penggorengan sedikit minyak

Proses menggoreng pada makanan menjadi teknik paling sering digunakan untuk memasak. Selain tampilan lebih menarik, rasa yang dihasilkan terasa lebih gurih dan renyah. 

Minyak goreng yang sering digunakan ketika memasak nyatanya dapat menjadi pemicu gangguan kesehatan seperti kolesterol dan obesitas. Mengapa demikian? karena minyak goreng umumnya terbuat dari biji kelapa sawit yang telah melewati berbagai macam metode ekstraksi dan pemanasan, sehingga mengandung banyak lemak jenuh. 

Wajan Anti Lengket Berbahaya?

Memilih penggorengan atau lebih umumnya wajan, tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi sebagian ibu-ibu yang hobi memasak dan peduli kesehatan keluarga. Sebab, dalam beberapa waktu belakangan sebuah studi mengemukakan bahwa penggorengan dengan zat kimia PFOA (perfluorooctonoic acid) dan polimer sintesis PTFE (polytetrafluoroethylene) dengan klaim anti lengket, tenyata berbahaya bagi tubuh bahkan bersifat karsinogen. 

Studi tentang PFOA

Sebuah penelitian memang dilakukan cukup lama untuk validasi sekaligus verifikasi kebenarannya, terungkap bahwa PFOA (perfluorooctonoic acid) diyakini sebagai pemicu karsinogen, pengganggu hormone bahkan toksisitas reproduksi terutama pada kondisi suhu yang ekstrim dan panas ketika memasak. 

Bahkan, uapnya saja cukup beracun bagi tubuh manusia serta meningkatkan resiko penyakit tiroid. 

Apa Saja Macam Penggorengan Sedikit Minyak?

Sahabat sehat tidak perlu khawatir, kini hadir solusi aman makanan tetap sedap dan renyah menggunakan penggorengan sedikit minyak, pastikan memilih jenis penggorengan yang tepat! Berikut ulasannya:

1. Marble

Lapisan penggorengan satu ini menjadi primadona, karena klaim menggunakan sedikit minyak namun tidak lengket, dan terpenting bebas dari zat kimia pemicu karsinogen. Lapisan marble yang aman bahkan disematkan sebagai pelapis grill pan dan panci. Sejak kemunculannya, marble telah banyak dimodifikasi dengan warna dan model beragam. 

Lapisan marble tidak mudah tergores walaupun sahabat sehat menggunakan sodet dari bahan metal sekalipun.

2. Cast Iron 

Bahan penggorengan cast iron memiliki kelebihan mampu mempertahankan suhu panas dalam waktu yang lama. Sayangnya cast iron jarang digunakan di dapur rumahan karena material yang berat dan harga cenderung mahal. 

Cast iron tidak boleh dicuci dengan sabun, gunakan kitchen towel atau handuk lembut untuk membersihkannya, kemudian bilas dengan air mengalir. Masa penggunaan penggorengan jenis ini bahkan dapat digunakan berpuluh tahun bila tepat perawatannya.

3. Hard Anodized

Tekstur halus dengan warna yang solid dan eye-catching membuat material penggorengan ini banyak menarik minat ibu-ibu. Material ini anti lengket, mudah menghantarkan panas dengan harga cukup terjangkau. 

4. Ceramic

Penggorengan sedikit minyak yakni ceramic, hadir dalam berbagai warna yang akan memikat para mama muda untuk segera mengkoleksinya. Ceramic berbahan logam dengan lapisan keramik atau tanah liat yang dapat bertahan pada suhu tinggi. 

Membersihkan penggorengan ceramic cukup menggunakan spons lembut dan air mengalir.

Resep Butter Garlic Mushroom dengan Penggorengan Sedikit Minyak

Cuman 20 menit. Sahabat Sehat coba ini, menu vegan mushroom dengan bumbu butter, bawang putih dan sedikit rempah-rempah. Cocok untuk lauk makan siang hari ini.

Penggorengan Sedikit Minyak dari Greenpan

Sahabat sehat yang cerdas, pastikan investasi kesehatan dengan alat penggorengan yang tepat dan aman. Jika sedang mencari alat penggorengan sedikit minyak, anti lengket dan bebas bahan kimia, maka panci set GreenPan bisa jadi solusinya.

Kenapa Greenpan?

Ini alasan kenapa Sahabat Sehat perlu menggunakan GreenPan untuk memasak dengan aman dan sehat :

  1. Bahan Greenpan tidak megandung PTFE & PFOA , terbuat dari material pasir alami
  2. Tidak menghasilkan gas beracun ketika dipanaskan berlebihan
  3. Greenpan menggunakan lapisan ceramic anti lengket Thermolon, sehingga bisa menghantarkan panas secara merata dengan teknologi induksi magneto
  4. Bisa digunakan di oven, kompor gas dan kompor induksi

Belanja GreenPan di SESA.ID aja!

 

Memilih penggorengan terbaik untuk kesehatan keluarga sangat perlu dilakukan oleh setiap orang, kualitas tidak hanya berdasarkan hasil masakan. Lebih dari itu, kesehatan keluarga ialah yang utama, dengan memhami jenis material penggorengan yang tepat secara tidak langsung akan mengurangi penggunaan minyak goreng. 

Referensi : Kompas 

Kredit gambar : Greenpan