Home » Blog » Inilah 17 Cara Mengolah Buah Bit dan Tips Memilih Buah yang Segar

Inilah 17 Cara Mengolah Buah Bit dan Tips Memilih Buah yang Segar

cara mengolah buah bit

Banyak cara mengolah buah bit menjadi hidangan yang menggugah selera, selain itu bit mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Jangan sampai pembaca terlewat info berikut ini, karena banyak sekali pembahasan menarik yang bisa didapatkan.

Memiliki warna ungu pekat baik di dalam maupun kulit luar buah, kaya akan air sehingga sering diolah menjadi jus. Biasanya buah ini juga dijadikan sebagai bahan masakan, mengandung berbagai vitamin, zat besi dan antioksidan yang dipercaya menyehatkan tubuh.

Buah ini memang tidak terlalu populer di Indonesia, namun Sahabat Sehat akan langsung mengenalinya jika melihat warna dan bentuknya. Bagi Sahabat Sehat yang bingung ingin mengolah bit menjadi makanan atau minuman seperti apa, maka kami memberi beberapa tips dalam mengolahnya.

DAPATKAN SAYUR DAN BUAH ORGANIK DI SESA.ID

17 Cara Mengolah Buah Bit dan Tips Memilih Bit Masih dalam Keadaan Fresh

Namun dalam memilih buat bit yang masih fresh, ada beberapa cara yang perlu diketahui. Jangan sampai pembaca salah dalam memilih bit, sehingga kandungan nutrisi dan zat lainnya sudah hilang, berikut cara mengolah dan memilih bahan yang keadaannya masih segar.

Beet Organik

Beet Organik

1. Panggang

Sahabat Sehat bisa memanggang bit, dan menyajikannya bersama daging, sayuran atau menu makanan lain. Untuk memanggangnya, kemas buah ke dalam alumunium foil dan masukkan ke dalam oven atau panggangan selama 40 sampai 60 menit.

BACA JUGA: 12+ Khasiat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Tips Mengolahnya

Untuk memastikan bahan ini dalam keadaan segar, Sahabat Sehat bisa memilih buah dengan warna merah marun, jangan memilih yang berwarna terlalu gelap atau terlalu terang. Pastikan juga kulit buah memiliki permukaan yang mulus, tanpa ada lubang atau cacat.

2. Dihidangkan sebagai Salad

Jika ingin menghidangkannya langsung tanpa dimasak, maka Sahabat Sehat bisa menyajikannya dengan salad. Tentu kandungan di dalam buah akan terjaga dengan baik, selain itu mengonsumsi buah dalam keadaan fresh akan lebih menyehatkan bagi tubuh.

3. Es Krim

Karena tekstur buah ini cukup lunak, Sahabat Sehat hanya perlu menyiapkan bahan seperti susu cair, gula pasir, tepung maizena, bit yang sudah diblender, daun pandan, SP (pengemulsi).

Tanpa menggunakan mesin khusus, pembaca bisa menggunakan freezer agar teksturnya tetap beku. Namun untuk membuat adonan menjadi es krim, karena proses pengadukan dengan kecepatan tinggi hingga adonan bisa menyatu.

4. Kari Buah

Siapa sangka jika buah bisa dijadikan sebagai kari, mungkin pada awalnya Sahabat Sehat tidak terbiasa dengan warna yang dihasilkan. Sebab biasanya kari berwarna kuning, namun karena warna ungu pekat bahan ini, membuat kari menjadi berwarna ungu.

Untuk memilih buah segar, pastikan batangnya kokoh dan tidak layu. Selain itu sebaiknya pilih bit yang memiliki rambut akar sedikit, tandanya buah tersebut masih muda dan segar.

5. Jus

Cara mengolah buah bit berikutnya dijadikan sebagai jus, tentu saja cara ini paling ampuh jika Sahabat Sehat bingung ingin mengolahnya menjadi apa. Campurkan bahan ini dengan jenis buah atau sayur lainnya, lalu gunakan blender agar kedua bahan tersebut dapat halus merata.

6. Smoothies

Jika Sahabat Sehat ingin sesuatu yang berbeda, maka bisa menjadikan bahan ini sebagai smoothies. Kurang lebih cara penyajiannya sama, hanya saja dalam menghaluskan bahan ini, pembaca tidak perlu menggunakan air, agar tekstur dari smoothies tidak cair dan menjadi kental.

Sahabat Sehat bisa menambah buah-buahan yang rasanya lebih kuat, seperti pisang, jeruk, mangga atau stroberi untuk menambah warna pada smoothies bowl.

7. Direbus

Sahabat Sehat juga bisa merebus bit dengan direbus, pertama kupas terlebih dahulu kulitnya dan rebus selama 30 menit ke dalam air mendidih. Nantinya bisa menyajikan bit rebus bersama buah atau sayur lain, dan memakannya secara langsung dengan tekstur yang lebih lunak.

buah dan sayur sesa

8. Teh

Bosan dengan jus bit, maka bisa membuatnya sebagai teh. Rebus 1 liter air, dan masukkan bit yang sudah dikupas dan diparut halus. Kemudian tambahkan madu juga lemon peras, biarkan air sampai mendidih dan matikan api lalu diamkan selama 20 menit agar semua bahan terendam.

9. Pasta

Manfaatkan bit untuk membuat pasta yang diinginkan, caranya hanya perlu merebus bit kurang lebih 40 menit. Atau bisa mencampurkan bit yang sudah dihaluskan ke dalam tepung, lalu dibuat menjadi pasta, atau mencampurkannya dengan pasta yang sudah jadi dan tinggal dimasak.

10. Hummus

Cara mengolah buah bit berikutnya menjadikannya sebagai hummus, dibutuhkan olive oil, jinten putih, garam, sari lemon, tahini dan kulit lemon. Pertama panggang bahan ini, dengan dibungkus ke dalam alumunium foil lalu haluskan secara manual atau dengan food processor.

11. Nasi Casserole

Hampir sama seperti membuat nasi goreng, hanya saja ada tambahan bahan lain seperti bit dan susu atau yoghurt. Pembaca bisa memasak bahan ini dengan dikukus, agar teksturnya lebih empuk, lalu dicampur bersama nasi dan bahan lainnya.

BACA JUGA: Cara Memilih Buah Naga yang Manis, Matang, dan Segar

12. Sup

Cukup campurkan bahan ini dengan air, lalu tambahkan beberapa garam, gula dan penyedap rasa, agar rasa yang dihasilkan bisa sesuai dengan selera.

13. Pie

Sama seperti saat membuat apple pie atau banana pie, hanya saja Sahabat Sehat mengganti isiannya dengan bit. Karena rasa buah ini sudah manis, Sahabat Sehat bisa menambahkan rasa asam dari perasan lemon atau kulit lemon di dalam isiannya.

14. Cake

Sahabat Sehat juga bisa berkreasi dengan membuat cake atau bolu, menambahkan bit ke dalam adonan bisa menjadi pewarna alami yang menyehatkan. Selain itu karena buah ini tinggi akan kadar air, jangan sampai adonan yang pembaca buat terlalu encer.

15.  Acar

Cara mengolah buah bit juga bisa diubah menjadi acar, gunakan cuka sehingga rasa tanah pada bit bisa hilang dan berubah menjadi rasa asam manis yang khas.

16. Dikukus

Sahabat Sehat juga bisa mengukus bahan ini untuk disajikan dengan makanan apapun, karena buah ini bisa dibuat sebagai salad, maka tidak masalah jika Sahabat Sehat menjadikannya sebagai hidangan pendamping, untuk dimakan bersama steak atau ayam panggang sekalipun.

17. Keripik

Iris halus bit lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi air garam, diamkan selama 30 menit dan tiriskan airnya. Kemudian masukkan ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius, tuang minyak zaitun diatasnya dan berikan sedikit lada dan garam, maka keripik siap disajikan.

Ingin mencari berbagai produk fresh dan mudah didapat, maka kunjungi aplikasi Sesa.id yang tersedia di Playstore dan Appstore yang sudah terpercaya dan terjamin kualitas produknya.

Itu dia berbagai tips mengolah buah bit yang bervariasi. Berbagai cara mengolah buah bit telah kami berikan, agar Sahabat Sehat bisa berkreasi dengan buah ini, serta mengetahui cara memilih bit dengan kualitas terbaik.